SMF Suntik Pinjaman Rp 1,5 Triliun ke BTN

Aria W. Yudhistira
28 Mei 2015, 09:45
btn-bank-tabungan-negara-2.jpg
PT Sarana Multigriya Finansial memberikan pinjaman Rp 1,5 triliun kepada BTN untuk membangun perumahan untuk kelompok masyarakat berpenghasilan rendah.

KATADATA ? PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) menyuntikkan dana Rp 1,5 triliun kepada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Dana tersebut akan dipakai untuk mendukung program sejuta rumah yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Direktur Utama SMF Raharjo Adisusanto mengatakan, penyaluran dana ke BTN tersebut merupakan pembiayaan sekunder untuk meningkatkan kapasitas pembiayaan perumahan bagi masyarakat menengah ke bawah.

Advertisement

?Pinjaman ini juga kami harapkan akan mempercepat pertumbuhan KPR,? kata Raharjo di Gedung Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jakarta, Rabu (27/5).

Penyaluran Rp 1,5 triliun ini akan menambah suntikan dana yang telah dikeluarkan sebesar Rp 2 triliun sebelumnya. Dengan demikian total KPR yang diberikan pada tahun ini akan mencapai Rp 3,5 triliun, ?Kami harap Rp 1,5 triliun dapat cair Juni ini,? lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Utama BTN Maryono mengatakan, pemberian pinjaman Rp 1,5 triliun ini diarahkan bagi masyarakat menengah ke bawah yang tidak mendapatkan KPR bersubsidi. Namun segmen tersebut tetap masuk dalam program sejuta rumah.

?Karena ini non-subsidi, maka juga ada beberapa lembaga pembiayaan yang membantu dengan bunga yang berbeda,? kata Maryono.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement