BI Disarankan Pertahankan Suku Bunga

Aria W. Yudhistira
13 Juli 2015, 12:17
Katadata
KATADATA
Bank Indonesia disarankan untuk mempertahankan tingkat suku bunga acuan di level 7,5 persen.

KATADATA ? Ekonom berharap Bank Indonesia (BI) mempertahankan tingkat suku bunga acuan (BI Rate) yang akan diputuskan besok (14/7). Masih ada sejumlah persoalan yang bakal menghadang, baik dari domestik maupun luar negeri.

Dari dalam negeri, meskipun inflasi Juni menunjukkan perlambatan, yakni sebesar 0,54 persen atau lebih rendah dari prediksi. Tapi inflasi Juli diperkirakan masih akan tinggi. Apalagi, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sudah memprediksi bakal terjadi el nino antara Juni-November tahun ini.

Menurut ekonom PT Bank Central Asia (BCA) Tbk David Sumual, jika fenomena kenaikan suhu permukaan laut ini terjadi, maka akan berpengaruh kepada produksi pangan. Ini kemudian menyebabkan harga pangan naik dan berimplikasi terhadap inflasi.

?Dari sisi inflasi masih tinggi. Masih ada ketidakpastian inflasi, terutama pengaruh el nino pada harga komoditas termasuk minyak. Bahan bakar minyak (BBM) kan sudah lima bulan tidak naik. Dulu katanya, setiap satu bulan akan dikaji,? kata David ketika dihubungi Katadata, Senin (13/7).

(Baca: Fenomena El-Nino Ancam Inflasi)

Dari sisi eksternal, kejatuhan pasar modal di Cina yang mencapai 30 persen dalam sebulan terakhir turut mempengaruhi perekonomian Indonesia. Jika penurunan indeks itu menyebabkan kinerja sektor riil negeri panda merosot, maka berdampak terhadap permintaan ekspor Indonesia. Ini karena Cina merupakan mitra dagang terbesar Indonesia.

Selain itu, pertemuan antara Yunani dan Uni Eropa yang masih menemui jalan buntu, sehingga dana talangan (bailout) baru untuk membiayai utang jatuh tempo bulan ini pun belum bisa diberikan. Sementara, Yunani sudah kehabisan uang dan bank ditutup selama dua pekan terakhir. Proposal reformasi yang diajukan Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras pun dinilai tidak memadai.

(Baca: Inflasi Juni 0,54 Persen, Lebih Rendah dari Prediksi)

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...