Microsoft dan Facebook Bangun Kabel Raksasa Kejar Kecepatan Super

Maria Yuniar Ardhiati
29 Mei 2016, 07:00
Microsoft
marketingland.com

Microsoft dan Facebook bekerjasama dalam suatu proyek yang tidak biasa. Keduanya berencana membangun kabel sepanjang 6.600 kilometer di bawah Samudera Atlantik. Kabel ini akan membentang dari Virginia, Amerika Serikat hingga Spanyol.

Dua raksasa teknologi itu setiap hari berurusan dengan data berkapasitas sangat besar. Foto-foto dari 1,6 miliar pengguna Facebook serta dokumen yang tersimpan pada layanan komutasi awan Microsoft hanya beberapa di antaranya. Mereka memilih untuk meningkatkan kapasitas bandwidth tanpa bergantung kepada perusahaan telekomunikasi.

Direktur akuisisi jaringan global Microsoft, Frank Rey menyatakan kerjasama ini untuk memberi pelayanan yang lebih baik kepada pengguna, terutama bagi mereka yang masih menghadapi koneksi lambat. Ia mengatakan raksasa teknologi ini akan berinvetasi dan melakukan pengembangan infrastruktur internet serta sistem komutasi awan miliknya.

“Ini menjadi suatu langkah penting untuk membangun infrastruktur internet generasi terbaru,” ujar Frank seperti dilansir CNN pada Kamis, 26 Mei 2016, yang mengambil dari informasi Microsoft. (Baca: Keuntungan Facebook Melejit Hingga Rp 74 Triliun).

Kabel raksasa bawah laut itu dinamai MAREA, yang artinya gelombang dalam bahasa Spanyol. Kabel ini akan menghasilkan kecepatan hingga 160 terabit per detik. Facebook dan Microsoft mengklaimnya sebagai kapasitas tercepat pada jalur Virginia-Spanyol.

Halaman:
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...