Kadin dan Uni Eropa Rintis Kerjasama Dagang dan Investasi

Miftah Ardhian
8 November 2016, 19:20
Kadin
Arief Kamaludin|KATADATA

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama Uni Eropa menggelar acara EU-lndonesia Business Dialogue (EIBD) 2016. Dialog ini merupakan salah satu upaya merintis kerjasama dagang Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) antara Indonesia dengan Uni Eropa.

Komisioner untuk Pertanian dan Pembangunan Daerah Uni Eropa Phil Hogan menuturkan, agenda dialog ini merupakan sarana bagi Uni Eropa dan Indonesia untuk membahas kebijakan-kebijakan, khususnya dalam bidang perdagangan dan investasi. Pembahasan itu dapat menjadi dasar dalam proses negosiasi perumusan CEPA.

Lewat dialog tersebut, Hogan menilai, para pembuat kebijakan dari Indonesia dan Uni Eropa dapat memperoleh wawasan atas perspektif dan kepentingan masing-masing. "Tujuan akhirnya menciptakan lingkungan perdagangan dan investasi yang mampu menggerakkan perdagangan Eropa dan Indonesia tumbuh bersama," katanya saat membuka acara dialog bertema "CEPA : Enhancing the EU lndonesia Partnership : A New Framework for Trade and Investment Relations" di Jakarta, Selasa (8/11).

(Baca: Pengadaan Barang Pemerintah Masuk Bahasan Kerjasama Dagang Uni Eropa)

Secara lebih spesifik, Hogan mengatakan, dialog ini akan berlangsung dengan konstruktif dan terbuka. Terdapat pula banyak perwakilan pengusaha di kedua sisi sehingga tujuan dialog untuk memberikan rekomendasi kepada pemerintah Indonesia dan Uni Eropa dapat tercapai.

Sementara itu, Chairman European Business Chamber of Commerce in Indonesia Ulf Backlund mengatakan, pihaknya merupakan mitra aktif dialog bagi pemerintah Indonesia untuk advokasi kebijakan. Dengan begitu, bisa menciptakan lingkungan yang harmonis bagi perusahaan Eropa yang ingin berinvestasi di Indonesia.

Karena itu, dialog ini penting karena bisa memberikan rekomendasi bagi pemerintah Indonesia untuk menyuarakan aspirasi pengusaha Eropa. "EIBD 2016 merupakan sarana untuk menampilkan upaya dan kontribusi kami bagi CEPA," ujar Backlund.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...