Ikuti Snapchat, Instagram Hadirkan Livestreaming

Maria Yuniar Ardhiati
22 November 2016, 14:17
Instagram
Techcrunch.com

Aplikasi jejaring sosial milik Facebook, yaitu Instagram, meluncurkan sejumlah fitur barunya. Dua di antaranya adalah fitur berbagi foto dan video sementara, serta livestreaming.

“Sekarang kami menghadirkan video live melalui Instagram Stories, serta fitur baru, Instagram Direct,” kata Kepala Produk Instagram, Kevin Weil, seperti dikutip Forbes, Senin (21/11).  (Lihat: 10 Orang Indonesia Terpopuler di Instagram)

Advertisement

Para pengguna Instagram sekarang bisa mengirimkan pesan sementara kepada para pengguna lainnya atau sekelompok pengguna, melalui perangkat kamera pada aplikasi ini. Pengguna hanya perlu menggeser tampilan pada beranda ke arah kanan, untuk mengakses fitur tersebut.

Seperti dilansir CNN Money, pesan yang akan terhapus sendirinya dalam jangka waktu tertentu ini hanya bisa dikirimkan melalui layanan pesan pribadi (private messages) ke kotak masuk (inbox) penerima. Ada avatar berbentuk lingkaran di bagian atas kotak masuk pesan, sebagai pembeda dengan pesan-pesan lainnya.

Meski akan terhapus dari aplikasi, namun konten pesan tersebut tetap bisa dilihat oleh pengguna lain yang mengaksesnya terakhir kali. Instagram menerapkan kebijakan ini agar bisa melakukan penelusuran kelak jika menerima laporan adanya pelanggaran yang dimuat dalam pesan.

Sementara itu, para pengguna bisa berbagi video secara langsung (live), dalam waktu yang sama (real-time). Berbeda dari fitur yang dihadirkan Facebook, layanan streaming Instagram hanya bisa dinikmati saat seorang pengguna merekam videonya secara langsung.

Halaman:
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...
    Advertisement