BI Klaim Pengamanan Berlapis Rupiah Baru Terbaik di Dunia

Desy Setyowati
19 Desember 2016, 15:19
Uang baru
Arief Kamaludin (Katadata)

Bank Indonesia (BI) menerapkan pengamanan berlapis untuk 11 uang rupiah baru sehingga makin sulit dipalsukan. Teknologi pengamanan tersebut diklaim sebagai yang terbaik di dunia.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, uang rupiah baru dilengkapi sembilan hingga 12 pengamanan, sehingga masuk kategori terbaik di dunia. “Misalnya, uang Rp 100 ribu ini pengamanannya bisa sampai 12 tipe pengamanan. Itu mulai dari warnanya, ultraviolet, benang, dan yang lain,” ujar dia saat peluncuran uang baru di Gedung BI, Jakarta, Senin (19/12).

Advertisement

Dibanding uang pecahan Rp 100 ribu terbitan tahun 2014, ada tambahan sekitar tiga pengamanan. Pertamarainbow feature yang apabila dilihat dari sudut pandang tertentu akan muncul gambar tersembunyi multiwarna berupa angka nominal.

Kedua, colour shifting yang apabila dilihat dari sudut pandang yang berbeda akan terjadi perubahan warna secara kontras. Unsur ini memperkuat yang sebelumnya optical variable ink atau tinta berubah warna dan irisafe atau pigmen berubah warna dari merah tembaga menjadi hijau dan biru menjadi kuning keemasan.

Ketiga, latent image yakni bila melihat dari sudut tertentu akan muncul gambar tersembunyi berupa teks BI pada bagian depan dan angka nominal pada bagian belakang. Pengamanan ini menambah kuat fitur sebelumnya yaitu mikroteks berupa tulisan BI yang amat kecil.

Selain itu, ada dua unsur yang ditingkatkan teknologinya yakni kode tuna netra (blind code) dengan melakukan perubahan desain pada bentuk kode tuna netra berupa efek rabaan (tactile effect) untuk membantu membedakan antar-pecahan dengan lebih mudah.

Secara keseluruhan, sistem pengamanan pada uang rupiah baru yakni rectroverso atau gambar saling isi yang menggunakan logo BI; blind codesecurity thread (benang pengaman) atau garis miring melintang dari atas ke bawah yang akan memunculkan tulisan BI 100000 berulang-ulang apabila diterawangkan ke arah cahaya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement