Nasabah Korban Mandiri Online Ungkap Transfer Dana Misterius

Martha Ruth Thertina
8 Mei 2017, 22:50
Bank online
Katadata | Arief Kamaludin

Layanan Mandiri Online kembali berfungsi normal sejak Sabtu (6/5) pekan lalu. Bank Mandiri mengklaim tidak ada dana nasabah yang raib meski sempat terjadi kekeliruan sistem pada layanan tersebut. Namun, beberapa nasabah justru menemukan dana di rekeningnya tertransfer ke sejumlah rekening lain di berbagai bank berbeda.

Transfer dana tanpa sepengetahuan pemilik rekening itu menimpa nasabah Bank Mandiri asal Yogyakarta, Marisanti Marlan. Ibu rumah tangga yang tengah menjalani studi pascasarjana ini menuturkan, meski tak pernah menggunakan layanan Mandiri Online, dananya terkuras lewat layanan tersebut.

“Jumat (5/5) pagi ketika melakukan pengecekan e-mail masuk, ada notifikasi dari Bank Mandiri, adanya transfer keluar dari rekening saya, tiga transaksi ke tiga rekening berbeda,” kata dia kepada Katadata, Senin (8/5).

(Baca juga: Dana Nasabah Hilang, Bank Mandiri Setop Layanan Mandiri Online)

Berdasarkan notifikasi via surat elektronik itu, transfer dana terjadi pada Jumat dini hari dalam rentang pukul 00.00 – 01.30 melalui fasilitas Mandiri Online. “Saya langsung cek saldo menggunakan Mandiri Mobile dan ternyata memang saldo saya sudah berkurang,” ujar Marisanti.

Ia memang pengguna layanan mobile banking dan internet banking Bank Mandiri. Layanan internet banking hanya diaktifkan untuk transaksi nonfinansial yaitu mutasi rekening dan cek saldo.

Adapun, Mandiri Online merupakan layanan anyar yang menggabungkan mobile banking dan internet banking. Soft launching layanan itu dilakukan pada 21 Maret lalu. Nasabah pengguna layanan mobile banking dan internet banking bisa langsung memanfaatkan fasilitas tersebut tanpa harus mendaftar lagi.

Marisanti mengaku, total dana dalam rekeningnya terkuras Rp 45 juta. Dananya mengalir ke rekening di Bank Negara Indonesia (BNI) sebesar Rp 10 juta, Bank CIMB Niaga Rp 25 juta, dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Rp 10 juta.

Mengetahui dananya ditransfer tanpa sepengetahuan dan otorisasinya, Marisanti langsung mengadu ke Kantor Cabang Bank Mandiri di Universitas Gadjah Mada (UGM). “Sudah melakukan laporan ke Bank Mandiri tetapi untuk hasilnya masih menunggu hasil investigasi dari bank,” ujarnya.

Hingga Senin (8/5) sore, dia mengaku belum mendapat pengembalian dana. “Barusan saja ini saya balik dari Bank Mandiri, dari pihak bank menyatakan masih dalam proses investigasi,” ujarnya. Marisanti juga sudah melapor ke polisi mengenai dugaan adanya pencurian dana.

Gara-gara kejadian tersebut, Marisanti mengaku kapok menggunakan layanan bank berbasiskan internet. “Jelas ada rasa khawatir bahkan kapok menggunakan layanan ini. Kepercayaan saya terhadap Bank Mandiri juga sudah hilang,” kata dia. Ia pun berharap dananya dan nasabah lain segera dikembalikan ke saldo semula.

(Baca juga: Bank Mandiri: 97 Nasabah Keliru Sistem Mandiri Online Sudah Ditangani)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...