KPPU: Harga Daging Kini Termurah dalam 10 Tahun Terakhir Lebaran

Miftah Ardhian
19 Juni 2017, 12:20
Pasar Daging
Agung Samosir|KATADATA

Lonjakan harga daging sapi menjelang lebaran diprediksi tak akan terjadi tahun ini. Setidaknya, itulah yang dikatakan oleh Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Syarkawi Rauf.

Syarkawi menyebut, harga daging sapi saat ini masih normal di kisaran Rp 110 – 120 ribu per kilogram. Padahal, tahun lalu harga daging sapi menjelang Idul Fitri bisa mencapai Rp 170 ribu per kilogram.

Advertisement

“Kondisi harga jual ini merupakan yang termurah dalam 10 tahun terakhir sepanjang musim puasa dan lebaran,” kata Syarkawi dalam siaran persnya, Senin (19/6). 

(Baca juga:  Stok di Pasar Cipinang Berlebih, Harga Beras Turun Sumbang Deflasi)

Ia pun optimistis harga daging sapi akan tetap stabil hingga perayaan lebaran. Sebab, dari hasil kunjungan mendadaknya ke Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Karawaci akhir pekan lalu, diketahui pasokan sapi siap potong cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Syarkawi menjelaskan, pasokan sapi siap potong di RPH Karawaci normalnya mencapai 40 ekor per hari. Namun, dirinya mengklaim, hingga H-2 lebaran, pasikan sapi akan naik empat kali lipat hingga 160 ekor per hari.

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement