Sektor Properti Masih Belum Menggeliat pada Kuartal II 2017

Ameidyo Daud Nasution
12 Juli 2017, 10:24
Properti gedung
Arief Kamaludin|KATADATA

Pasar properti kota besar belum juga menggeliat pada kuartal II 2017. Penjualan dan sewa apartemen dan perkantoran masih di bawah harapan. Kondisi ini tak hanya terjadi di Jakarta, namun juga Surabaya.

Senior Associate Director Colliers International Indonesia Ferry Salanto mengatakan, dirinya telah berbicara dengan sejumlah pengembang dan developer yang rata-rata mengeluhkan lesunya pasar properti. "Memang (kenyataan) di lapangan masih lesu," kata Ferry saat pemaparan di kantornya, Jakarta, Selasa (11/7).

Dari data Colliers, untuk pemesanan apartemen di Jakarta pada kuartal II tahun ini turun 1 persen dari kuartal sebelumnya. Sedangkan apabila dihitung secara year on year maka tingkat pemesanan unit apartemen juga turun 1 persen.

(Baca juga:  MRT Jakarta Ajukan Proposal sebagai Pengelola Utama Kawasan Stasiun)

"Yang menarik, walaupun penjualan belum terlalu bagus tapi developer belum mau turunkan harga," katanya.

Ferry menyampaikan kondisi yang lebih berat terjadi pada segmen perkantoran. Dia mengatakan tingkat keterisian perkantoran di wilayah Central Business District pada kuartal II ini hanya sekitar 83 persen atau stagnan apabila dibandingkan kuartal I lalu. Angka ini terus turun dari di atas 95 persen pada tahun 2012 lalu.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...