Konsolidasi Retail Grup Lippo, Mantan CEO Matahari Pimpin Hypermart

Yura Syahrul
18 September 2017, 17:48
Hypermart
Katadata/Agung Samosir
Pembeli sedang memilih barang di pusat perbelanjaan Hypermart di Jakarta, 13 Maret 2013.

Sayap bisnis retail Grup Lippo tengah berbenah dengan melakukan konsolidasi internal. Langkah konsolidasi tersebut berupa rotasi di antara pimpinan anak-anak usaha di sektor retail.

Grup Lippo mendapuk William Travis Saucer sebagai Chief Executive Officer (CEO) PT Matahari Putra Prima Tbk. Ia mulai menjabat medio September ini hingga 12 bulan ke depan. Artinya, jabatan Saucer ini hanya bersifat sementara alias CEO interim hingga pemegang saham menemukan pimpinan baru untuk perusahaan pengelola retail modern besar atau hypermarket tersebut.

“Dewan Komisaris perusahaan memutuskan proses pencarian   segera dimulai, dipimpin oleh Presiden Komisaris, dengan misi mencari kandidat CEO yang permanen,” kata manajemen Matahari Putra Prima, Senin (18/9).

Menurut pihak manajemen, Saucer memiliki pengalaman dan pengetahuan mengenai pasar retail Indonesia dan internal perusahaan. Dengan begitu, dia dapat membimbing dan memimpin proses yang tepat untuk efisiensi dan pertumbuhan Matahari Putra Prima.

Saucer memang bukan orang baru di internal Grup Lippo. Ia telah bergabung dengan Grup Lippo sejak 2006, dan pernah memimpin perusahaan retail department store selaku Chief Executive PT Matahari Department Stores Tbk hingga tahun 2012.

Setahun kemudian, Saucer menjabat Komisaris Matahari Department Stores dan Komisaris Independen Matahari Putra Prima.

Sebelum ke Indonesia, Saucer berkarier di sejumlah perusahaan retail di Amerika Serikat. Ia memulai karier di JC Penney and Saks tahun 1973, dan telah menjabat beragam posisi kepemimpinan, termasuk sebagai CEO McRae’s pada 1998. Pengalamannya di bisnis retail Indonesia dan AS sudah lebih dari 37 tahun.

Halaman:
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...