Bulog Akan Cek Pasar Induk Cipinang Sebelum Operasi Pasar

Michael Reily
20 September 2017, 11:58
Beras pangan
Arief Kamaludin|KATADATA

Perum Bulog menyatakan telah menerima surat permintaan operasi pasar dari PT Food Station Tjipinang Jaya. Namun, masih ada beberapa proses yang harus dilalui sebelum perusahaan pelat merah itu menggelar operasi pasar. Sementara, rata-rata harga beras medium di Jakarta masih di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah.

"Kami sudah menerima suratnya dan sudah melakukan rapat internal, namun masih menunggu koordinasi Kementerian Perdagangan dan kementerian Pertanian," kata Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Bulog, Karyawan Gunarso kepada Katadata, Rabu (20/9).

Advertisement

Selain menunggu kepastian mekanisme, harga, hingga lokasi pasar dari pemerintah, Bulog juga masih harus mengkonfirmasi kebutuhan beras secara langsung ke Pasar Induk Beras Cipinang.

Hingga hari ini, harga beras medium jenis IR64 di Jakarta masih di atas Harga Eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah yakni Rp 9.250 per kilogram. Laman infopangan.jakarta.go.id yang dikelola Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menunjukkan harga rata-rata beras IR64 III (kualitas rendah) di kisaran Rp 9.608 per kilogram, IR64 II (sedang) Rp 10.481 per kilogram dan IR64 I (baik) Rp 11.294 per kilogram.

Sementara di Pasar Induk Cipinang yang menjadi pusat perkulakan, harga beras IR64 III sebesar Rp 9.050, IR64 II Rp 9.725 dan IR64 I seharga Rp 10.325 per kilogram.

Pekan lalu, Food Station mengusulkan operasi pasar. Sebagai Sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), permohonan itu telah disampaikannya melalui Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk diteruskan kepada Menteri Perdagangan dan Bulog.

Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Arief Prasetyo Adi meminta operasi pasar karena harga beras di DKI Jakarta cenderung naik dibandingkan bulan lalu. "Harga beras naik hingga 10% dibandingkan bulan lalu," ujar Arief.

Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement