Selama 2016, sebanyak 115 kapal ilegal ditenggelamkan, yang sebagian besar berasal dari Vietnam.

Mewujudkan kedaulatan di laut merupakan salah satu agenda utama Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Untuk memerangi tindak pencurian ikan dan menegakkan hukum di laut, Menteri Susi melakukan penenggelaman kapal. Selama 2016, sebanyak 115 kapal ilegal ditenggelamkan, yang sebagian besar berasal dari Vietnam.

Menteri Susi juga memberlakukan moratorium perizinan usaha perikanan tangkap dan revisi peraturan usaha perikanan tangkap. Kedua peraturan itu melindungi laut Indonesia dari praktik pencurian ikan yang telah berlangsung lama. Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA) menyebutkan sejak 2003 hingga 2013 sebanyak 115 pabrik pengolahan ikan bangkrut karena tidak mendapat bahan baku akibat pencurian ikan.

Kebijakan moratorium menunjukkan dampak positif bagi kapal lokal. Menurut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), tangkapan ikan oleh kapal eks asing menurun dan tangkapan bagi kapal lokal meningkat pasca kebijakan diberlakukan. Itu ditunjukkan dari jumlah ikan yang mendarat di 10 pelabuhan basis kapal lokal naik 76 persen pada 2015, sedangkan pendaratan ikan di 12 pelabuhan basis kapal eks asing mengalami penurunan sebesar 40 persen.

Jeany Hartriani
Artikel Terkait
Kapal pencuri ikan Silver Sea 2 baru ditetapkan sebagai rampasan negara. Nahkodanya didenda Rp 250 juta.