Mayoritas produksi ikan di Bitung dan General Santos adalah tuna jenis cakalang.

Bitung dan General Santos (Gensan) merupakan dua kota sentra perikanan tuna di Asia-Pasifik. Mayoritas produksi ikan di dua kota di ujung Sulawesi Utara dan selatan Filipina tersebut adalah tuna jenis cakalang. Karena itu, Bitung dikenal dengan sebutan Kota Cakalang, sementara Gensan berpredikat sebagai “Tuna Capital of the Philippines”.

(Baca: Jalur Gemuk Poros Bitung-Gensan)

Letak Bitung yang terbilang strategis di lintas jalur Samudera Pasifik, Laut Sulawesi, dan Teluk Tomini, memang memiliki potensi ikan yang melimpah. Perairan di kawasan ini bahkan dikenal sebagai salah satu lumbung tuna Indonesia. Ekspor tuna dari wilayah perairan ini pun cukup signifikan, khususnya ke Jepang.

Di sisi lainnya, General Santos yang hanya terletak 518 km dari Kota Bitung, merupakan produsen ikan utama di Filipina. Dilengkapi dengan pelabuhan ikan berfasilitas modern, pendaratan ikan di Gensan pada 2016 mencapai 207 ribu metrik ton atau 45 persen ikan di Filipina. Selain itu, Gensan menjadi tempat beroperasi mayoritas pabrik pengalengan ikan di Filipina.