Startup Indonesia Sudah Bisa Tanamkan Pengaruh ke Luar Negeri

Maria Yuniar Ardhiati
4 September 2017, 17:01
Managing Director Google Indonesia, Tony Keusgen
Google Indonesia

Google semakin aktif mendorong pengembangan usaha rintisan (startup) di Indonesia. Belum lama ini, raksasa digital tersebut meluncurkan sejumlah program untuk pengusaha, melalui aplikasi Primer, Gapura Digital, serta Womenwill.

Primer misalnya, merupakan aplikasi penyedia pelatihan bisnis digital. Di dalamnya terdapat 24 pelajaran, termasuk langkah-langkah membangun bisnis serta menjual produk maupun layanan secara online. Sedangkan Gapura Digital bertujuan membimbing pengusaha bisnis kecil untuk melakukan aktvitas bisnis mereka secara online. Google Indonesia mencatat   ada 4.500 peserta kelas dalam program yang digelar selama tiga bulan di tujuh kota di Indonesia itu.

Advertisement

Google memang ingin memajukan keterampilan sumber daya manusia di Indonesia dan memastikan perusahaan rintisan berkembang. “Bisnis tradisional pun sekarang sudah merambah ke ruang digital,” kata Managing Director Google Indonesia, Tony Keusgen dalam wawancara khusus dengan tiga media massa, termasuk wartawan Katadata, Maria Yuniar A., di sela-sela acara "Google for Indonesia 2017", Kamis (24/8). Berikut petikan wawancaranya.

Apa saja rencana bisnis Google di Indonesia?

Kami memiliki komitmen berinvestasi dalam jangka panjang di Indonesia. Pertama-tama, dalam pengembangan keterampilan di Indonesia, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital. Kami melihat masih ada kesenjangan yang lebar dalam hal keterampilan di Indonesia, dan akan berdampak ke seluruh negeri. Kami mendukung pengembangan sumber daya manusia, memastikan startup mulai berkembang dan mendukung mereka. Bahkan, sekarang kita sama-sama bisa melihat, bisnis tradisional pun sudah merambah ke ruang digital.

Apa saja yang menjadi prioritas?

Jadi, yang pertama adalah mendukung pengembangan keterampilan. Kedua, investasi bagi ekosistem di sekeliling usaha kecil dan menengah, perempuan, serta keterlibatan perempuan dalam bisnis. Sejauh ini melalui program kami, yaitu Google My Business, sudah ada 700 ribu usaha kecil di Indonesia.  Dengan demikian, jika kita mengakses Google search, bisnis mereka akan muncul di Google Map dan Google Search.

Ini langkah awal yang sangat hebat bagi usaha kecil dan menengah untuk membangun bisnis secara online. Oleh sebab itu, kami harus memastikan kelanjutan peluang bisnis semacam ini melalui Internet.

Bagaimana pendapat Anda tentang perkembangan startup di Indonesia?

Saya bisa melihat minat besar komunitas startup di Indonesia, yang menawarkan solusi terhadap persoalan sehari-hari. Ada beberapa contoh yang begitu bagus, yaitu Go-Jek dan Tokopedia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement