Cara Unreg Kartu Smartfren

Bagi pelanggan yang sudah telanjur melakukan registrasi kartu SIM Smartfren, masih bisa melakukan unreg melalui SMS dan website resmi Smartfren. Berikut cara unreg kartu Smartfren.
Image title
7 September 2021, 08:39
Ilustrasi Smartfren.
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi Smartfren.

Smartfren merupakan salah satu provider penyedia layanan telekomunikasi yang cukup populer di kalangan masyarakat. Namanya mulai meroket sejak peluncuran layanan 4G LTE Advanced komersial pertama di Indonesia pada 2015 silam.

Hingga kini, perusahaan yang berdiri sejak Desember 2002 aktif memberikan layanan data terbaik bagi pelanggannya lewat Andromax dan MiFi modem.

Untuk calon pelanggan yang hendak mengaktifkan kartu Smartfren wajib melakukan registrasi terlebih dahulu dengan mengirimkan nomor Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Aturan registrasi ini tertuang dalam Peraturan Menteri (PM) Nomor 14 Tahun 2017 yang merupakan revisi dari PM Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi.

Advertisement

Bagi pelanggan yang sudah registrasi atau menjadi pelanggan Smartfren, namun hendak melakukan unreg atau mematikan kartu SIM Smartfren bisa dilakukan melalui dua cara, yakni SMS dan website resmi Smartfren.

Cara Unreg Kartu Smartfren Lewat SMS

Unreg kartu Smartfren lewat SMS terbilang mudah dan tidak memerlukan waktu lama, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka fitur pesan singkat atau SMS pada ponsel Anda.
  • Ketika pesan dengan format UNREG#NomorPonsel#. Contoh; UNREG#08122334456#.
  • Kirim pesan ke nomor 4444.
  • Tunggu pesan balasan. Jika sudah, maka kartu Smartfren berhasil dinonaktifkan.

Cara Unreg Kartu Smartfren Melalui Website

Cara lain yang bisa digunakan yakni dengan mengakses website mysf.id/unreg.  Situs ini hanya bisa diakses melalui ponsel menggunakan data internet/ jaringan Smartfren. Namun, pastikan opsi Data Server di aplikasi Browser dalam kondisi mati atau “off”.

Cara menonaktifkan Data Server dilakukan dengan mengklik titik tiga di pojok kanan atas halaman web pada ponsel. Kemudian pilih setting atau pengaturan. Lalu, pilih Data Server.

Setelah menonaktifkan Data Server, silakan masukan data-data kartu SIM yang diminta pada laman tersebut. Tunggu informasi penonaktifan kartu SIM Smartfren dari operator.

Pilihan Paket Smartfren

Untuk menjaga pelanggannya agar tidak beralih ke provider lain, Smartfren menawarkan sejumlah pilihan paket yang bisa membuat para customer berpikir dua kali sebelum melakukan unreg kartu SIM. Adapun pilihan paket tersebut di antaranya:

  • Kuota Internet Kemdikbud

Smartfren menjadi salah satu sarana penyedia paket internet gratis dari pemerintah demi kelancaran kegiatan belajar mengajar (KBM) dari rumah. Paket data gratis ini diberikan selama 3 bulan, yakni September hingga November 2021.

Pelanggan bisa melakukan pilihan paket dengan menyesuaikan jenjang pendidikan masing-masing, mulai dari PAUD, pendidikan dasar dan menengah, guru, atau mahasiswa/dosen dengan besaran kuota 7 hingga 15GB.

Kuota yang tersedia bisa digunakan para pelajar untk mengakses Google Meet atau Zoom, dan sejumlah layanan pembelajaran lainnya, seperti Ruang Guru. Hanya saja, kuota subsidi pemerintah ini tidak bisa digunakan untuk membuka media sosial, seperti Facebook, Instagram, aplikasi streaming film dan musik, hingga bermain game.

  • Gokil Max

Walaupun termasuk paket anyar, pengguna Smartfren untuk daerah lokal cukup menggandrungi jenis kuota ini.

Gokil Max terbagi menjadi kuota nasional (digunakan di semua wilayah Indonesia), kuota lokal (berdasarkan wilayah nomor), dan ekstra kuota. Selain itu, Smartfren menawarkan kartu perdana yang sudah terdaftar paket Gokil Max dengan pilihan 9GB, 21GB, dan 36GB.Adapun pilihan paket Gokil Max sebagai berikut:

PaketKuotaHarga
Gokil Max 9GB

Kuota Nasional: 3GB

Kuota Lokal: 6GB

Ekstra Kuota: 30GB (01.00-05.00)

Rp30.000
Gokil Max 21GB

Kuota Nasional: 7GB

Kuota Lokal: 14GB

Ekstra Kuota: 50GB (01.00-05.00)

Rp50.000
Gokil Max 36GB

Kuota Nasional: 12GB

Kuota Lokal: 24GB

Ekstra Kuota: 70GB (01.00-05.00)

Rp70.000

 

  • Paket Unlimited Parabayar

Paket unlimited jadi salah satu andalan bagi pelanggan yang sering menghabiskan banyak kuota per bulannya. Dengan paket ini, pengguna bisa mengakses internet tanpa batas kuota. Hanya saja, pastikan agar pemakaian per hari ada di kisaran 1GB.

Paket ini juga menawarkan keuntungan lainnya, yakni kuota unlimited malam, yang menawarkan kecepatan penuh dari pukul 01.00 – 05.00. Adapun rincian paket unlimited prabayar sebagai berikut:

PaketKuotaMasa AktifHarga
Unlimited Maxi

Batas pemakaian wajar 1GB/hari

Unlimited 24 jam

Gratis telepon ke semua nomor Smartfren

1 hariRp. 9.000
Unlimited Maxi 7 Hari

Batas pemakaian wajar 1GB/hari

Unlimited 24 jam

Kuota unlimited malam sepuasnya mulai pukul 01.00 – 05.00

Gratis telepon ke semua nomor Smartfren

7 hariRp. 20.000
Unlimited Maxi 14 Hari

Batas pemakaian wajar 1GB/hari

Unlimited 24 jam

Kuota unlimited malam sepuasnya mulai pukul 01.00 – 05.00

Gratis telepon ke semua nomor Smartfren

14 hariRp. 40.000
Unlimited Lite 28 Hari

Batas pamakaian wajar 500MB/hari

Unlimited 24 jam

Kuota unlimited malam

Gratis telepon ke sesama Smartfren

28 hariRp. 60.000
Unlimited Pro 28 Hari

Batas pamakaian wajar 750MB/hari

Unlimited 24 jam

Kuota unlimited malam

Gratis telepon ke sesama Smartfren

28 hariRp. 70.000
Unlimited Maxi 28 Hari

Batas pemakaian wajar 1GB/hari

Unlimited 24 jam

Kuota unlimited malam

Gratis telepon ke sesama Smartfren

28 hariRp. 80.000
Unlimited Maxi 28 Hari

Batas pemakaian wajar 1,5GB/hari

Unlimited 24 jam

Kuota unlimited malam

Gratis telepon ke semua nomor Smartfren

28 hariRp. 100.000
Unlimited Booster HarianFUP 500MB/hari1 hariRp. 2.000
Unlimited Booster HarianFUP 500MB/hari3 hariRp. 5.000
Unlimited Booster MingguanFUP 500MB/hari7 hariRp. 10.000

 

Selain paket-paket di atas, masih banyak pilihan paket lainnya dari Smartfren, seperti Kuota Nonstop, 1ON+, Super 4G Kuota, dan sebagainya.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait