Pra-KTT Y20 Manokwari Bahas Isu Pendidikan dan Ekonomi Kreatif

Adi Ahdiat
18 Juni 2022, 21:48
Suasana acara Pra-KTT Y20 kedua di Lombok, Minggu (24/4/2022)
YouTube KTT Y20
Suasana acara Pra-KTT Y20 kedua di Lombok, Minggu (24/4/2022)

Acara Pra-Konferensi Tingkat Tinggi Youth 20 (KTT Y20) keempat tahun 2022 digelar di Manokwari, Papua Barat, pada Sabtu (18/6/2022).

Y20 merupakan wadah bagi perwakilan generasi muda dari negara anggota G20 untuk berdialog dan menyampaikan rekomendasi kebijakan kepada pemerintah.

Pertemuan Y20 tahun ini membahas empat bidang prioritas, yaitu ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, planet yang berkelanjutan dan layak huni, serta keberagaman dan inklusi.

Adapun acara Pra-KTT Y20 Manokwari difokuskan untuk membahas masalah keberagaman dan inklusi, dengan subtema pendidikan dan ekonomi kreatif dalam konteks pemulihan dari dampak pandemi.

"Masa depan pemuda di mana saja sedang dibentuk oleh perubahan cepat pada tenaga kerja, perkembangan pesat teknologi baru, krisis iklim, konflik, dan pandemi Covid-19," jelas Indonesian Youth Diplomacy (IYD), wadah delegasi Indonesia untuk Y20, dalam laporan riset mereka yang bertajuk Keberagaman dan Inklusi Y20 Summit 2022.

"Kemerosotan ekonomi yang diakibatkan pandemi menyebabkan tantangan yang dihadapi pemuda semakin berat. Penyusutan pasar tenaga kerja menjadikan pemuda berketerampilan rendah yang tidak memiliki banyak pilihan menjadi lebih rentan terhadap eksploitasi," lanjutnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...