5 Manfaat Kacang Panjang Untuk Ibu Hamil dan Kandungan

Berikut lima manfaat kacang panjang untuk ibu hamil yang bisa diolah dengan sederhana di rumah.
Image title
7 Maret 2022, 10:58
Ilustrasi, kacang panjang. Ada lima manfaat kacang panjang untuk ibu hamil yang bisa diolah dengan sederhana di rumah.
myfavouritepastime.com
Ilustrasi, kacang panjang. Ada lima manfaat kacang panjang untuk ibu hamil yang bisa diolah dengan sederhana di rumah.

Salah satu tugas ibu hamil adalah menjaga kandungan dengan menjaga pola makan dan kegiatan yang teratur. Menjaga nutrisi dan asupan makanan pada masa kehamilan bukan berarti ibu harus makan sebanyak mungkin. Hal yang paling penting adalah apa yang Anda makan sehingga kebutuhan gizi ibu hamil terpenuhi.

Kegiatan yang penting bagi ibu hamil adalah engan mengonsumsi sayuran seperti kacang panjang. Kacang panjang dikenal dengan manfaatnya untuk ibu hamil. Oleh karenanya dengan keberadaan kacang panjang dapat menjadi variasi hidangan dan juga sayuran yang sudah tidak asing lagi. Sayuran ini bisa dimakan secara mentah, menjadi lalapan, atau diolah sesuai keinginan.

Dikutip dari Hellosehat.com, para ibu hamil perlu mengonsumsi makanan kaya nutrisi serta bervariasi agar terjaga keseimbangannya. Gizi yang Anda butuhkan sebagian bersumber dari sayuran karena mengandung vitamin, mineral, dan serat.

Keberadaan kacang panjang menjadi salatu pilihan sayuran yang dapat membantu mencukupi kebutuhan gizi Anda. Bentuk sayuran ini cukup ini karena lebih panjang dan ramping, namun mempunyai kandungan yang bervariasi.

Advertisement

Kandungan Gizi Kacang Panjang

Berdasarkan informasi gizi dari Kementerian Kesehatan RI yang dicantumkan pada Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram (g) kacang panjang yang dikukus terdapat komposisi gizi seperti:

  • Energi: 39 kalori (Kal)
  • Air: 88.2 g
  • Protein: 3 g
  • Serat: 1,7 g
  • Karbohidrat: 7,6 g
  • Vitamin C: 20 miligram (mg)
  • Kalsium: 100 mg
  • Beta karoten: 131 mikrogram (mcg)
  • Kalium: 100 mg
  • Fosfor: 91 mg
  • Natrium: 28 mg
  • Vitamin B2 (Ribovlavin): 0,1 mg
  • Niasin: 0,3 mg

Terlihat dari komposisi gizi kacang panjang di atas, sayuran yang satu ini bukan hanya kaya kandungan protein, karbohidrat, kalium, fosfor, tetapi juga zat gizi lainnya.

Dari kandungan nutrisinya, diketahui bahwa kacang panjang memiliki sejumlah antioksidan yang penting untuk tubuh, seperti vitamin C, riboflavin, dan betakaroten. Kandungan vitamin C pada kacang panjang ini cukup untuk memenuhi 31% dari kebutuhan harian Anda, yaitu sekitar 19 miligram.

Ketika asupan vitamin C Anda terpenuhi, ini membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Penting juga diketahui bahwa kacang panjang segar adalah salah satu sumber folat terbaik.

Dalam setiap 100 gram kacang panjang mengandung 62 miligram atau 15% dari total kebutuhan folat harian. Folat yang bekerja bersama vitamin B12 adalah salah satu komponen penting dari sintesis DNA dan pembelahan sel.

Aneka Manfaat Kacang Panjang Untuk Ibu Hamil

Ada sejumlah manfaat kacang panjang untuk ibu hamil. Sebagai sayuran yang dapat dibeli dengan harga terjangkau, kacang panjang memiliki segudang manfaat karena memiliki beberapa jenis mineral yang dibutuhkan untuk perkembangan janin.

Berikut manfaat kacang panjang untuk ibu hamil yang bisa didapatkan bila rajin dikonsumsi:

1. Membangun Energi yang Telah Hilang

Manfaat kacang panjang untuk ibu hamil yang pertama adalah untuk mengembalikan energi yang hilang. Hal itu dirasakan dari adanya perubahan kondisi hormon selama kehamilan tak menutup kemungkinan membuat ibu merasa lebih cepat lelah dari biasanya. Oleh karena itu, Anda tetap perlu mengonsumsi makanan agar berenergi dan tidak lemas terus menerus.

Kacang panjang mempunyai manfaat untuk menambah energi serta membantu ibu hamil merasa lebih kenyang karena kandungan karbohidrat di dalamnya.

2. Membentuk Pola Perkembangan Bayi

Selanjutnya dalam manfaat kacang panjang untuk ibu hamil adalah membntuk beta karoten yang merupakan turunan dari vitamin A yang tergolong aman untuk ibu hamil. Kandungan ini terdapat dalam kacang panjang dan bermanfaat membantu perkembangan janin dalam kandungan.

Beta karoten dapat membantu perkembangan organ dalam, mata, tulang, sirkulasi pernapasan, hingga sistem saraf pusat. Tak hanya itu saja, beta karoten juga berfungsi membantu perbaikan jaringan setelah melahirkan.

3. Memperkuat Kesehatan Tulang

Khasiat kalsium yang tersimpan dalam kacang panjang dapat menjadi asupan mineral tambahan untuk perkembangan tulang dan giginya.

Tak hanya dari susu dan suplemen, ibu bisa mengonsumsi sayuran yang mempunyai kandungan kalsium seperti kacang panjang. Kalsium dalam kacang panjang juga mempunyai manfaat menjaga kesehatan tulang ibu hamil serta mencegah terjadinya osteoporosis.

4. Memperkuat Fungsi Tubuh

Perubahan hormon saat hamil membuat sebagian ibu jadi lebih sulit beraktivitas. Maka dari itu, Anda membutuhkan energi dari kandungan mineral lainnya seperti fosfor.

Fosfor dalam kacang panjang bermanfaat untuk ibu hamil untuk membantu fungsi tubuh berfungsi dengan baik. Sebagai contoh, fosfor berperan dalam pergerakan otot, pembekuan darah, fungsi ginjal serta saraf, hingga memperbaiki jaringan sel yang rusak.

5. Mengobati Sembelit

Salah satu keluhan ibu hamil adalah metabolisme yang terhambat sehingga ada kemungkinan Anda mengalami sembelit. Perhatikan asupan buah serta sayuran dengan kandungan serat untuk membantu melancarkan saluran pencernaan.

Salah satunya adalah kacang panjang yang mempunyai kandungan serat. Ini berfungsi untuk mengatur kadar gula darah serta membantu mengatasi masalah sembelit saat hamil.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait