Kenali Cara Membuat Bibir Merah Alami yang Mudah

Image title
8 Maret 2022, 10:53
Ilustrasi, seorang wanita yang hadir dalam upacara penyambutan memakai lipstick untuk menuliskan kata "Crimea". Ada beberapa cara membuat bibir merah alami yang bisa dijadikan referensi, agar kita tidak bergantung pada produk-produk kosmetik.
ANTARA FOTO/REUTERS/Alexey Pavlishak
Ilustrasi, seorang wanita yang hadir dalam upacara penyambutan memakai lipstick untuk menuliskan kata "Crimea". Ada beberapa cara membuat bibir merah alami yang bisa dijadikan referensi, agar kita tidak bergantung pada produk-produk kosmetik.

Bibir yang tampak merah dan sehat dapat menumbuhkan rasa percaya diri, khususnya pada wanita. Namun, karena gaya hidup tidak sehat dan faktor lainnya warna, bibir yang tadinya merah dapat berubah menjadi kusam.

Bibir kusam tentu akan mengganggu penampilan. Kendati demikian, Anda tidak perlu khawatir karena masih ada cara membuat bibir merah alami yang bisa dicoba di rumah.

Advertisement

Berikut sejumlah cara membuat bibir merah alami yang harus Anda ketahui.

Tips dan Cara Membuat Bibir Merah Alami

Melansir dari Alodokter, warna merah pada bibir disebabkan oleh adanya pembuluh darah. Bibir yang sehat umumnya memiliki warna cerah dengan tekstur lembut. Lebih lanjut berikut sejumlah cara membuat bibir merah alami:

Rutin Memakai Lip Balm

Banyak sekali produsen kosmetik yang memproduksi lip balm dengan menyisipkan bahan alami untuk merawat bibir. Misalnya seperti bahan minyak peppermint.

Dikutip dari Medical News Today, minyak peppermint mengandung mentol, senyawa yang dapat melebarkan pembuluh darah saat dioleskan. Bahkan menurut sebuah studi tahun 2016, bahan ini dapat membuat bibir merah sementara.

Meski memiliki manfaat yang baik untuk bibir, penggunaan lip balm dengan bahan minyak peppermint tidak disarankan digunakan pada bibir kering dan pecah-pecah. Sebab, menurut American Academy of Dermatology (AAD) bahan tersebut dapat menyebabkan iritasi.

Hindari Kebiasaan Merokok

Melansir dari Alodokter, kebiasaan merokok dapat menyebabkan kondisi bibir menjadi kusam. Agar bibir tampak merah merona, Anda harus menghindari aktivitas ini.

Menghindari kebiasaan merokok merupakan salah satu cara membuat bibir merah alami yang efektif. Sebab, aktivitas merokok dapat membuat produksi zat pewarna kulit pada bibir menjadi lebih tinggi, sehingga menyebabkan bibir tampak hitam.

Perbanyak Minum Air Putih dan Jaga Bibir Tetap Terhidrasi

Menjaga asupan air putih merupakan salah satu cara membuat bibir merah alami yang cukup mudah dilakukan. Selain itu, konsumsi air putih yang teratur dapat membuat bibir tidak mengalami kering dan pecah-pecah.

Salah satu penyebab paling umum dari kulit kering adalah kurang minum air . Mengkonsumsi delapan gelas air sehari akan bermanfaat bagi tubuh Anda, dan juga membuat bibir terlihat lebih baik.

Oleskan Lidah Buaya dan Scrub Alami

Lidah buaya merupakan jenis tanaman herbal yang kerap digunakan untuk perawatan kesehatan, termasuk cara membuat bibir merah alami. Hal ini disebabkan karena lidah buaya memiliki sifat menenangkan dan menyembuhkan, serta akan membantu bibir terlihat lebih baik.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement