Ragam Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dan Bahan-bahannya

Metode sederhana untuk mencerahkan kulit adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Meski begitu masih ada cara memutihkan kulit secara alami yang bisa Anda coba.
Image title
8 Maret 2022, 11:21
Ilustrasi, produk sunscreen untuk kulit berminyak. Selain menggunakan produk-produk pembersih atau pelindung kulit, ada beberapa metode atau cara memutihkan kulit secara alami.
Unsplash/BATCH by Wisconsin Hemp Scientific
Ilustrasi, produk sunscreen untuk kulit berminyak. Selain menggunakan produk-produk pembersih atau pelindung kulit, ada beberapa metode atau cara memutihkan kulit secara alami.

Memiliki kulit bersih dan putih merupakan dambaan setiap wanita. Berbagai metode bisa dilakukan, seperti mencari tahu cara memutihkan kulit secara alami di internet.

Bahan-bahan alami di sekitar kita memang dipercaya memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit. Namun metode pemakaiannya harus sesuai agar manfaatnya dapat diperoleh.

Dihimpun dari Netmeds, Watsons, Klikdokter dan berbagai sumber lainnya, berikut sejumlah cara memutihkan kulit secara alami yang bisa Anda terapkan di rumah.

Cara Memutihkan Kulit Secara Alami

Sebelum membahas lebih jauh terkait cara memutihkan kulit secara alami, Anda harus mengetahui satu hal bahwa mencerahkan kulit yang baik adalah dengan tidak merubah warna kulit Anda.

Advertisement

Metode yang dibahas dalam artikel ini bertujuan membantu Anda untuk membuat kulit terlihat bersih, cerah, dan sehat. Berikut pembahasan lengkapnya:

Mengkonsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Metode sederhana yang pertama untuk memutihkan dan mencerahkan kulit adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Misalnya memakan sayuran atau buah-buahan yang memiliki antioksidan tinggi.

Selain sehat, mengkonsumsi makanan bergizi menjadi salah satu cara memutihkan kulit secara alami yang cukup efektif. Saat Anda menerapkan pola ini, sebaiknya hindari makanan seperti gorengan, makanan pedas, makanan kemasan dan makanan olahan lainnya yang kurang baik.

Hal tersebut sangat penting dihindari, karena dapat membuat kulit Anda terlihat kusam atau menyebabkan munculnya jerawat.

Perbanyak Minum Air Putih

Menjaga asupan air putih sangatlah penting karena bisa membantu merawat kulit Anda. Pada umumnya orang dewasa disarankan untuk mengkonsumsi air putih sebanyak delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter.

Cara memutihkan kulit secara alami dengan memperbanyak asupan air putih ke dalam tubuh terbilang mudah. Anda disarankan minum air putih yang kaya akan kandungan mineral. Selain sehat, kulit Anda bakal terawat.

Rutin Membersihkan Wajah dan Kulit Tubuh

Tubuh yang sehat biasanya memiliki kulit yang sehat pula. Meski begitu, kebersihan tubuh juga harus diperhatikan.

Untuk memiliki kulit putih dan cerah secara alami, Anda harus rutin membersihkan tubuh. Gunakan sabun yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Ini penting, karena jika memakai sabun yang tidak cocok, kulit Anda bisa menjadi kering dan rusak.

Hindari Kebiasaan Merokok

Menurut sejumlah penelitian, kebiasaan merokok ternyata dapat mempengaruhi kondisi kulit. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari kebiasaan ini.

Pada umumnya kulit perokok tampak kusam dan kurang sehat. Anda disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat jika ingin memiliki kulit cerah.

Hindari Paparan Sinar Matahari

Cara memutihkan kulit secara alami yang cukup mudah dilakukan yaitu dengan menghindari paparan sinar matahari.  

Sinar matahari adalah sumber vitamin D yang baik. Akan tetapi, jika kulit Anda terkena paparan sinar yang berlebihan hal tersebut akan berdampak pada kondisi kulit.

Metode sederhana untuk menghindari sinar matahari secara langsung adalah dengan menggunakan tabir surya dengan minimal 30 SPF. Anda juga bisa memakai payung saat beraktivitas di luar ruangan.

Bahan Alami untuk Memutihkan Kulit

Di sekitar Anda banyak sekali bahan alami yang dapat digunakan untuk memutihkan kulit. Mulai dari jus lemon hingga olahan lidah buaya.

Lebih lanjut berikut bahan-bahan yang bisa Anda pakai, sebagai cara memutihkan kulit secara alami:

Campuran Kunyit dan Lidah Buaya

Sejak dahulu lidah buaya dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Anda bisa mencampurkannya dengan rempah-rempah seperti kunyit.

Kunyit merupakan exfoliator alami yang dapat mengatasi masalah kulit. Rempah-rempah ini mengandung vitamin C yang baik untuk mencerahkan kulit. 

Anda bisa mencampurkan setengah sendok makan kunyit dengan dua sendok teh lidah buaya. Kemudian oleskan pada kulit dan diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas. Ulangi proses ini sesering mungkin untuk mendapatkan hasil terbaik.

Campuran Susu, Madu, dan Pisang

Pisang kaya akan vitamin A dan potasium yang membantu memperbaiki kulit. Khasiat ini akan menjadi lebih baik jika bahan tersebut dicampurkan dengan susu serta madu.

Susu mengandung asam laktat yang baik untuk menghilangkan kusam dan membantu melembabkan kulit kering. Sedangkan madu kaya akan antioksidan, sifat antibakteri dan antiseptik, yang berfungsi membersihkan pori-pori yang tersumbat serta memberikan Anda kulit yang bersih.

Cara memutihkan kulit secara alami dengan metode ini yaitu dengan mencampurkan susu, pisang matang yang dihaluskan dan madu. kemudian oleskan sebagai lapisan tipis pada wajah atau kulit lainnya, serta biarkan kering selama 15 menit. Lalu bilas memakai air bersih.

Jus Lemon

Jus lemon telah digunakan sejak lama untuk memperbaiki warna kulit dan mengatasi berbagai masalah kulit. 

Asam pada jus lemon secara efektif  tidak dapat memutihkan kulit secara ringan, serta berfungsi sebagai pencerah kulit alami.

Demikian sejumlah cara memutihkan kulit secara alami yang bisa Anda coba di rumah. Selain bahan-bahan di atas, Anda dapat memiliki kulit cerah dan sehat dengan menjaga asupan gizi seimbang dan selalu menerapkan pola hidup sehat.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait