5 Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol

Dwi Latifatul Fajri
8 Maret 2022, 12:10
Fungsi Manajemen
Unsplash/LinkedIn Sales Solutions
Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol

Manajemen adalah sebuah cara mengelola sesuatu yang dikerjakan oleh orang lain. Kata manajemen berasal dari bahasa Perancis yaitu menage-ment, bermakna seni melaksanakan dan mengatur.

Manajemen merupakan ilmu pengetahuan sistematis yang dibutuhkan manusia. Proses manajemen ini dilakukan dengan perencanaan, pengelolaan, kondisi, dan kontrol sumber daya. Tujuan dari manajemen yang telah ditetapkan adalah untuk membuat gerak suatu organisasi lebih efektif dan efisien.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

1. Mary Parker Follet

Mengutip dari buku Inovasi Manajemen Pendidikan Di Sekolah Kiat Jitu Mewujudkan Sekolah Nyaman Belajar, Mary Parker menjelaskan tentang manajemen.

Pengertian manajemen menurut Mary Parker adalah seni menyelesaikan pekerjaan, melalui orang lain.

2. Ricky W. Griffin

Manajemen merupakan proses yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya. Tujuan manajemen untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien.

3. Oey Liang Lee

Manajemen adalah seni dari ilmu perencanaan, penyusunan, pengorganisasian, dan pengawasan dari sumber daya manusia untuk mencapai tujuan.

Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol

Henry Fayol adalah tokoh industrialis dari Perancis yang menjelaskan fungsi manajemen. Teori dan teknik administrasi menurut Fayol dipakai sebagai dasar pengelolaan suatu organisasi.

Menurut Henry Fayol, manajemen adalah sebuah proses berbagai kegiatan yang terdiri merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan sumber daya manusia (SDM) & menggandakan pengendalian.

Henry Fayol juga menjelaskan 5 fungsi manajemen, berikut penjelasannya:

1. Perencanaan

Fungsi manajemen yaitu pengarahan, organisasi, koordinasi, dan pengendalian yang dilakukan terencana. Proses perencanaan ini bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu sesuai situasi dan kondisi yang terjadi.

Tujuan proses perencanaan dilakukan untuk ketidakpastian di masa mendatang. Henry Fayol menjelaskan proses perencanaan menjadi langkah penting untuk organisasi.

Perencanaan berupa penentuan strategi dan taktik untuk mengantisipasi tujuan organisasi ke depan.

2. Pengorganisasian

Fungsi manajemen menurut Henry Fayol berikutnya adalah melakukan pengorganisasian. Ini mencakup proses pengalokasian sumber daya, dan pengaturan kegiatan untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan. Henry Fayol menegaskan fungsi pengorganisasian dalam empat tingkatan, yaitu pembagian tugas, kesatuan pengarahan, tingkat jenjang organisasi, dan sentralisasi.

Organisasi juga digunakan untuk perencanaan yang kondusif, tepat, tangguh, efisien, dan efektif.

3. Pengarahan

Proses pengarahan ini digunakan sebagai arahan Sumber Daya Manusia (SDM), pegawai suatu organisasi atau perusahaan untuk menyelesaikan tugas dengan baik.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...