5 Rekomendasi Wisata Kuliner Klaten yang Wajib Dikunjungi

Image title
16 Maret 2022, 12:01
Ilustrasi, sajian hidangan soto ayam. Selain mengunjungi destinasi sejarah, wisata kuliner Klaten memiliki daya tarik tersendiri dan wajib dijajal.
Shutterstock
Ilustrasi, sajian hidangan soto ayam. Selain mengunjungi destinasi sejarah, wisata kuliner Klaten memiliki daya tarik tersendiri dan wajib dijajal.

Klaten merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Letaknya yang berada di antara Jogja dan Solo, membuat daerah ini kerap dijadikan sebagai daerah persinggahan untuk berwisata.

Klaten sendiri mempunyai sejumlah objek wisata unggulan. Sebut saja seperti Candi Plaosan, Candi Prambanan, dan lainnya. Selain destinasi wisata sejarah ini, ternyata wisata kuliner Klaten pun tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Penasaran dengan wisata kuliner Klaten? Simak pembahasannya berikut ini.

Rekomendasi Wisata Kuliner Klaten

Sebelum membahas lebih lanjut tentang wisata kuliner Klaten, ada satu hal yang mesti diketahui oleh para pelancong. Pada umumnya makanan khas dari Klaten memiliki cita rasa yang tidak jauh berbeda dengan kuliner Jawa. Misalnya, makanan tersebut punya rasa manis dan kaya akan racikan rempah.

Wisata kuliner Klaten kerap menjadi tujuan utama para wisatawan yang datang ke daerah ini. Terlebih lagi, beberapa makanan khasnya mempunyai rasa yang menggugah selera, serta sudah terkenal sejak puluhan tahun silam.

Dilansir dari Klatenkab.go.id dan sumber lainnya, berikut deretan wisata kuliner Klaten yang dapat dikunjungi saat berwisata ke daerah ini.

1. Soto Kering (Soto Garing)

Soto merupakan makanan berkuah yang banyak digemari oleh masyarakat. Namun, bagaimana dengan soto kering? namanya mungkin saja cukup terdengar asing dan aneh di telinga para pelancong.

Soto kering sendiri merupakan salah satu wisata kuliner Klaten yang cukup unik. Meski dinamai soto kering, makanan ini tetap disajikan seperti soto pada umumnya. Akan tetapi, kuahnya hanya dituangkan sedikit dan tidak membuat penuh wadah.

Wisata kuliner Klaten ini dapat ditemukan di warung soto Bu Yati yang berlokasi di Desa Sabang, Kecamatan Delanggu, Klaten, Jawa Tengah. Makanan disajikan dengan nasi yang di atasnya ditaburi berbagai macam sayuran, seperti kubis, kecambah, daun seledri, dan juga irisan daging ayam.

Berbagai macam isian yang ditaburkan di atas nasi ini, lalu akan dituangkan sedikit kuah soto. Makanan khas ini sangat cocok disantap saat berkunjung ke Klaten.

2. Ayam Panggang Khas Klaten

Wisata kuliner Klaten yang harus dicicipi berikutnya adalah ayam panggang khas daerah ini. Berbeda dengan ayam panggang lainnya, makanan ini dibuat dengan bahan dasar daging ayam kampung.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...