5 Rekomendasi Wisata Kuliner Klaten yang Wajib Dikunjungi

Klaten merupakan kabupaten yang teletak di antara Jogja dan Solo. Meski dikenal akan wisata sejarahnya, wisata kuliner Klaten tetap menarik untuk dikunjungi. Berikut rekomendasinya.
Image title
16 Maret 2022, 12:01
Ilustrasi, sajian hidangan soto ayam. Selain mengunjungi destinasi sejarah, wisata kuliner Klaten memiliki daya tarik tersendiri dan wajib dijajal.
Shutterstock
Ilustrasi, sajian hidangan soto ayam. Selain mengunjungi destinasi sejarah, wisata kuliner Klaten memiliki daya tarik tersendiri dan wajib dijajal.

Klaten merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Letaknya yang berada di antara Jogja dan Solo, membuat daerah ini kerap dijadikan sebagai daerah persinggahan untuk berwisata.

Klaten sendiri mempunyai sejumlah objek wisata unggulan. Sebut saja seperti Candi Plaosan, Candi Prambanan, dan lainnya. Selain destinasi wisata sejarah ini, ternyata wisata kuliner Klaten pun tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Penasaran dengan wisata kuliner Klaten? Simak pembahasannya berikut ini.

Rekomendasi Wisata Kuliner Klaten

Sebelum membahas lebih lanjut tentang wisata kuliner Klaten, ada satu hal yang mesti diketahui oleh para pelancong. Pada umumnya makanan khas dari Klaten memiliki cita rasa yang tidak jauh berbeda dengan kuliner Jawa. Misalnya, makanan tersebut punya rasa manis dan kaya akan racikan rempah.

Advertisement

Wisata kuliner Klaten kerap menjadi tujuan utama para wisatawan yang datang ke daerah ini. Terlebih lagi, beberapa makanan khasnya mempunyai rasa yang menggugah selera, serta sudah terkenal sejak puluhan tahun silam.

Dilansir dari Klatenkab.go.id dan sumber lainnya, berikut deretan wisata kuliner Klaten yang dapat dikunjungi saat berwisata ke daerah ini.

1. Soto Kering (Soto Garing)

Soto merupakan makanan berkuah yang banyak digemari oleh masyarakat. Namun, bagaimana dengan soto kering? namanya mungkin saja cukup terdengar asing dan aneh di telinga para pelancong.

Soto kering sendiri merupakan salah satu wisata kuliner Klaten yang cukup unik. Meski dinamai soto kering, makanan ini tetap disajikan seperti soto pada umumnya. Akan tetapi, kuahnya hanya dituangkan sedikit dan tidak membuat penuh wadah.

Wisata kuliner Klaten ini dapat ditemukan di warung soto Bu Yati yang berlokasi di Desa Sabang, Kecamatan Delanggu, Klaten, Jawa Tengah. Makanan disajikan dengan nasi yang di atasnya ditaburi berbagai macam sayuran, seperti kubis, kecambah, daun seledri, dan juga irisan daging ayam.

Berbagai macam isian yang ditaburkan di atas nasi ini, lalu akan dituangkan sedikit kuah soto. Makanan khas ini sangat cocok disantap saat berkunjung ke Klaten.

2. Ayam Panggang Khas Klaten

Wisata kuliner Klaten yang harus dicicipi berikutnya adalah ayam panggang khas daerah ini. Berbeda dengan ayam panggang lainnya, makanan ini dibuat dengan bahan dasar daging ayam kampung.

Kuliner ini dapat ditemukan di Ayam Panggang Mbah Dinem yang terletak di Jalan Andalas Nomor 13 Klaten Tengah. Ayam panggang yang disajikan di tempat ini diolah dengan higienis sehingga kebersihannya tetap terjaga.

Seperti yang disebutkan di atas, ayam panggang khas Klaten ini berbahan dasar ayam kampung. Meski teksturnya akan alot, namun cita rasanya dijamin sangat lezat. Khususnya menu ayam panggang pedas rempah dengan rasa manis.

Ayam panggang tersebut akan lebih nikmat, kalau disantap bersama sambal pedas, rebusan daun pepaya dan cocolan kuat rempah. Wisata kuliner Klaten ini dapat menjadi pilihan alternatif untuk dinikmati saat datang ke Klaten.

3. Jenang Gempol

Jenang gempol adalah salah satu makanan tradisional khas Klaten yang mulai sulit dijumpai. Kendati demikian, kuliner ini dapat ditemukan di Jenang Gempol Bu Yanti. Lokasinya di depan Puskesmas Klaten Tengah, Desa Pandanrejo, Klaten Tengah.

Bahan utama untuk membuat santapan khas ini adalah gempol, jenang, mutiara, dan santan sebagai kuahnya. Kuliner yang menggugah selera ini kerap dimakan sebagai sarapan di pagi hari.

4. Soto Bebek Khas Klaten

Selain soto kering, olahan soto lainnya yang bisa ditemukan para wisatawan saat berkunjung ke Klaten adalah soto bebek.

Seperti namanya, soto bebek yang menjadi salah satu wisata kuliner Klaten ini dibuat dari daging bebek sebagai bahan dasarnya. Selain itu, soto ini memiliki kuah kaldu dari daging bebek yang diproses dengan campuran rempah-rempah. Jika disantap, cita rasa segar serta gurih akan langsung terasa di dalam mulut.

Warung yang menjual makanan khas ini adalah warung Soto Bebek Bu Heri. Lokasinya berada di Desa Danguran, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten.

5. Nasi Tumpang Lethok

Nasi tumpang lethok merupakan makanan khas Klaten dan daerah di Jawa Tengah, yang masih eksis hingga sekarang. Pada umumnya sajian kuliner ini berisi nasi putih, sayuran, telur rebus, yang kemudian disiram dengan kuah sambal berbahan dasar dari campuran tempe, cabai, santan serta bumbu-bumbu lainnya.

Salah satu tempat yang menjual menu ini adalah Nasi Tumpang Lethok Mbak Riyanti. Terletak di Jalan Mayor Kusmanto, Kelurahan Semangkak, Kecamatan Klaten Tengah, tempat ini menjual nasi tumpang lethok dengan harga murah. Mulai dari Rp 9.00 sampai Rp 15.000 per porsinya.

Itulah daftar rekomendasi wisata kuliner Klaten yang wajib dicicipi saat datang ke kota ini. Sebagai salah satu tujuan wisata di Jawa Tengah, Kabupaten Klaten memang mempunyai daya tarik dan keunikannya tersendiri.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait