6 Pilihan Jajanan Wisata Kuliner Pekanbaru yang Menggugah Selera

Image title
16 Maret 2022, 12:27
Ilustrasi, Kota Pekanbaru. Selain wisata sejarah dan budaya, wisata kuliner Pekanbaru juga menjadi salah satu daya tarik ibu kota Provinsi Riau ini.
ANTARA FOTO/FB Anggoro
Ilustrasi, Kota Pekanbaru. Selain wisata sejarah dan budaya, wisata kuliner Pekanbaru juga menjadi salah satu daya tarik ibu kota Provinsi Riau ini.

Setiap daerah di Indonesia mempunyai daya tarik dan ciri khas kuliner tersendiri. Wisata kuliner masuk dalam daftar para pelancong, karena memang ingin mencicipi hidangan yang khas saat mereka berlibur. Salah satunya adalah wisata kuliner Pekanbaru, yang mempunyai beragam makanan khas, dengan kelezatan serta cita rasa unik.

Pekanbaru sendiri adalah ibu kota dari Provinsi Riau. Daerah ini dikenal luas, terutama oleh masyarakat di Pulau Sumatera, karena memiliki beragam destinasi wisata menarik.

Selain turis lokal, Kota Pekanbaru juga kerap dikunjungi wisatawan dari mancanegara. Berdasarkan data yang dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pekanbaru, jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Kota Pekanbaru tercatat sebanyak 5.220 wisatawan.

Angka di atas dapat menjadi rujukan kalau kota ini memiliki potensi di bidang pariwisata, termasuk wisata kuliner Pekanbaru.

Berbicara soal wisata kuliner Pekanbaru, ibu kota dari Provinsi Riau ini memang mempunyai beragam olahan makanan khas yang bisa menggugah selera. Contohnya seperti bolu kemojo, dodol kedondong, kacang pukul, dan sebagainya.

Penasaran dengan wisata kuliner Pekanbaru yang menggugah selera? Simak pembahasan tentang daftar makanan khas Pekanbaru berikut ini.

Wisata Kuliner Pekanbaru yang Wajib Dicoba

1. Kemojo Kue Khas Riau

Saat berlibur ke suatu daerah, biasanya jajanan tradisional seringkali diburu para pelancong untuk dijadikan buah tangan. Sebab, oleh-oleh seperti ini dapat memberikan sedikit gambaran tentang kota yang pernah disinggahi.

Khusus di Provinsi Riau, ada salah satu jajanan tradisional yang disebut kue kemojo. Kue ini punya tekstur legit dengan rasa manis.

Menurut buku Menjelajah Kuliner Tradisional Riau, kue kemojo atau bolu kemojo masih eksis dan populer di kalangan masyarakat Riau. Bahkan, di Pekanbaru banyak sekali rumah produksi kue tersebut.

Masih merujuk dari buku yang sama, dijelaskan kalau kemojo terbuat dari campuran telur, tepung, santan, mentega, vanili bubuk, dan air perasan daun pandan. Kue ini umumnya disajikan dalam acara resmi serta untuk hidangan sehari-hari.

Berkat rasanya yang dijamin lezat, kue kemojo bisa menjadi pilihan alternatif untuk wisata kuliner Pekanbaru.

2. Ragam Makanan Khas Masyarakat Tionghoa di Pekanbaru

Masyarakat keturunan Tionghoa yang tinggal di Kota Pekanbaru ternyata mempunyai sejumlah makanan khas dengan kelezatan dan keunikan tersendiri. Makanan tersebut dapat dijadikan pilihan alternatif untuk wisata kuliner Pekanbaru.

Berdasarkan buku Kuliner Khas Tionghoa Di Indonesia: Rahasia Resep dan Kisah di Baliknya, ada beberapa makanan Tionghoa yang cukup terkenal di Kota Pekanbaru. Misalnya yaitu kari peng serta kwetiau bagan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...