6 Pilihan Jajanan Wisata Kuliner Pekanbaru yang Menggugah Selera

Sebagai ibu kota Provinsi Riau, Pekanbaru mempunyai potensi wisata kuliner yang cukup besar. Berikut ini 6 rekomendasi wisata kuliner Pekanbaru yang bisa dikunjungi saat berlibur ke kota ini.
Image title
16 Maret 2022, 12:27
Ilustrasi, Kota Pekanbaru. Selain wisata sejarah dan budaya, wisata kuliner Pekanbaru juga menjadi salah satu daya tarik ibu kota Provinsi Riau ini.
ANTARA FOTO/FB Anggoro
Ilustrasi, Kota Pekanbaru. Selain wisata sejarah dan budaya, wisata kuliner Pekanbaru juga menjadi salah satu daya tarik ibu kota Provinsi Riau ini.

Setiap daerah di Indonesia mempunyai daya tarik dan ciri khas kuliner tersendiri. Wisata kuliner masuk dalam daftar para pelancong, karena memang ingin mencicipi hidangan yang khas saat mereka berlibur. Salah satunya adalah wisata kuliner Pekanbaru, yang mempunyai beragam makanan khas, dengan kelezatan serta cita rasa unik.

Pekanbaru sendiri adalah ibu kota dari Provinsi Riau. Daerah ini dikenal luas, terutama oleh masyarakat di Pulau Sumatera, karena memiliki beragam destinasi wisata menarik.

Selain turis lokal, Kota Pekanbaru juga kerap dikunjungi wisatawan dari mancanegara. Berdasarkan data yang dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pekanbaru, jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Kota Pekanbaru tercatat sebanyak 5.220 wisatawan.

Angka di atas dapat menjadi rujukan kalau kota ini memiliki potensi di bidang pariwisata, termasuk wisata kuliner Pekanbaru.

Advertisement

Berbicara soal wisata kuliner Pekanbaru, ibu kota dari Provinsi Riau ini memang mempunyai beragam olahan makanan khas yang bisa menggugah selera. Contohnya seperti bolu kemojo, dodol kedondong, kacang pukul, dan sebagainya.

Penasaran dengan wisata kuliner Pekanbaru yang menggugah selera? Simak pembahasan tentang daftar makanan khas Pekanbaru berikut ini.

Wisata Kuliner Pekanbaru yang Wajib Dicoba

1. Kemojo Kue Khas Riau

Saat berlibur ke suatu daerah, biasanya jajanan tradisional seringkali diburu para pelancong untuk dijadikan buah tangan. Sebab, oleh-oleh seperti ini dapat memberikan sedikit gambaran tentang kota yang pernah disinggahi.

Khusus di Provinsi Riau, ada salah satu jajanan tradisional yang disebut kue kemojo. Kue ini punya tekstur legit dengan rasa manis.

Menurut buku Menjelajah Kuliner Tradisional Riau, kue kemojo atau bolu kemojo masih eksis dan populer di kalangan masyarakat Riau. Bahkan, di Pekanbaru banyak sekali rumah produksi kue tersebut.

Masih merujuk dari buku yang sama, dijelaskan kalau kemojo terbuat dari campuran telur, tepung, santan, mentega, vanili bubuk, dan air perasan daun pandan. Kue ini umumnya disajikan dalam acara resmi serta untuk hidangan sehari-hari.

Berkat rasanya yang dijamin lezat, kue kemojo bisa menjadi pilihan alternatif untuk wisata kuliner Pekanbaru.

2. Ragam Makanan Khas Masyarakat Tionghoa di Pekanbaru

Masyarakat keturunan Tionghoa yang tinggal di Kota Pekanbaru ternyata mempunyai sejumlah makanan khas dengan kelezatan dan keunikan tersendiri. Makanan tersebut dapat dijadikan pilihan alternatif untuk wisata kuliner Pekanbaru.

Berdasarkan buku Kuliner Khas Tionghoa Di Indonesia: Rahasia Resep dan Kisah di Baliknya, ada beberapa makanan Tionghoa yang cukup terkenal di Kota Pekanbaru. Misalnya yaitu kari peng serta kwetiau bagan.

Kari peng merupakan nasi hangat yang diberi taburan seperti irisan daging, kecap, udang, kentang, dan telur rebus. Lalu disiram dengan kuah kental. Secara tampilan makanan ini cukup mirip seperti nasi kari di Jepang.

Sementara kwetiau bagan merupakan olahan kwetiau dengan ciri khas kuah berwarna merah. Warna tersebut berasal dari pemakaian bumbu cabai merah yang cukup banyak.

3. Miso Pak Lek

Rekomendasi wisata kuliner Pekanbaru berikutnya adalah Miso Pak Lek. Tempat ini sering dikunjungi oleh wisatawan lokal karena terdapat olahan mie kuning dan mie putih.

Olahan mie tersebut disajikan di sebuah mangkuk dengan kuah yang lezat. Kuah inilah yang menjadi daya pikat, karena dibuat menggunakan rempah-rempah khas Pekanbaru.

Para wisatawan dapat mengunjungi Miso Pak Lek yang berlokasi di Jalan Thamrin Ujung No. 135, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Sail, Kota Pekanbaru.

4. Nasi Kapau Asli Pekanbaru

Sebenarnya nasi kapau adalah makanan khas dari Sumatera Barat. Meski begitu, nasi kapau ternyata dapat ditemukan di Kota Pekanbaru, tepatnya di Nasi Kapau Asli Pekanbaru.

Tempat ini menyediakan menu nasi kapau lengkap dengan rendang ayam, serta gulai khasnya. Lokasi rumah makan ini berada di Jalan KH. Wahid Hasyim, Sumahilang, Kecamatan Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru.

5. Kue Pukul

Kacang pukul adalah jajanan khas Pekanbaru yang disantap sebagai cemilan. Makanan ini diolah menjadi kue kecil.

Kacang pukul mempunyai tekstur renyah dengan rasa manis. Kue ini biasanya dikemas dalam sebuah kotak.

6. Dodol Kedondong

Berbeda dari dodol kebanyakan, dodol kedondong yang menjadi kuliner khas Pekanbaru ini memiliki rasa asam dan manis. Rasa tersebut berasal dari buah kedondong yang dipakai sebagai bahan utama.

Olahan dodol ini dapat ditemukan di pasar tradisional di Kota Pekanbaru. Mengingat jajanan ini sangat unik, sudah sewajarnya kalau dodol kedondong menjadi salah satu wisata kuliner Pekanbaru yang harus dicoba oleh wisatawan.

Itulah beberapa rekomendasi jajanan wisata kuliner Pekanbaru. Saat berkunjung dan berlibur ke kota ini, tidak ada salahnya untuk mencicipi kuliner khas daerah ini.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait