Sejarah Bahasa Indonesia, Berawal dari Bahasa Melayu

Image title
21 Maret 2022, 10:42
ilustrasi, pengunjung mengamati koleksi Museum Sumpah Pemuda. Museum tersebut merupakan salah satu tujuan wisata edukasi yang memberikan wawasan tentang hari bersejarah Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1959 dan sejarah bahasa Indonesia.
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
ilustrasi, pengunjung mengamati koleksi Museum Sumpah Pemuda. Museum tersebut merupakan salah satu tujuan wisata edukasi yang memberikan wawasan tentang hari bersejarah Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1959 dan sejarah bahasa Indonesia.

Seperti yang kita ketahui, pada 30 Oktober 2021 lalu, presiden Perancis Emmanuel Macron menggunakan Bahasa Indonesia dalam cuitan di sosial medianya bersamaan dengan foto bersama Presiden Jokowi. Kita sebagai warga negara Indonesia harus bangga menggunakan bahasa Indonesia.

Sejarah bahasa Indonesia memiliki perjalanan yang panjang dan lahir sejak 28 Oktober 1928. Pada saat itu, para pemuda dari berbagai pelosok Nusantara berkumpul dalam Konggres Pemuda, yang melakukan ikrar, yang dikenal dengan nama Sumpah Pemuda. Isi ikrar tersebut antara lain:

(1) bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia,

(2) berbangsa yang satu, bangsa Indonesia, dan

(3) menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Dari salah satu unsur dalam Sumpah Pemuda merupakan pernyataan tekad bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Pada tahun 1928 itulah bahasa Indonesia dikukuhkan kedudukannya sebagai bahasa nasional.

Kedudukan bahasa Indonesia telah dikukuhkan sebagai bahasa resmi negara pada 18 Agustus 1945, seiring dengan penetapan Undang-undang (UU) Dasar 1945 sebagai UU Dasar Negara Republik Indonesia. Dalam Undang-Undang Dasar 1945 disebutkan bahwa bahasa negara ialah bahasa Indonesia (Bab XV, Pasal 36).

Akar Bahasa Indonesia

Keputusan Kongres Bahasa Indonesia II tahun 1954 di Medan, antara lain, menyatakan bahwa bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu. Bahasa Indonesia tumbuh dan berkembang dari bahasa Melayu yang sejak zaman dulu sudah dipergunakan sebagai bahasa perhubungan (lingua franca) bukan hanya di Kepulauan Nusantara, melainkan juga hampir di seluruh Asia Tenggara.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...