11 Makanan Khas Garut Ini Terkenal Akan Kelezatannya

Image title
30 Maret 2022, 12:09
Ilustrasi, Burayot, salah satu makanan khas Garut.
http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/
Ilustrasi, Burayot, salah satu makanan khas Garut.

Kabupaten Garut terletak di Provinsi Jawa Barat bagian Selatan dan berdekatan dengan Kota Bandung. Daerah ini terkenal dengan wisata alam yang terdiri dari pegunungan, air terjun, kawah, dan pemandian air panas alami. Selain terkenal dengan potensi wisatanya, Kabupaten Garut juga terkenal dengan keanekaragaman kuliner.

Ada banyak makanan khas Garut yang menarik untuk dicoba. Berikut pilihannya.

1. Dodol Garut

Dodol Garut merupakan makanan khas dari Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Dodol Garut memiliki sejumlah varian, antara lain dodol wijen, dodol nanas, dan dodol tomat. Rasanya dominan manis sehingga cocok untuk camilan.

Bahan-bahan pembuat dodol garut antara lain tepung ketan, tepung terigu, gula pasir, gula merah, lemak sapi secukupnya (sebagai pengawet alami), mentega, dan santan.

2. Burayot

Burayot merupakan makanan ringan khas Garut. Hidangan ini memiliki tampilan warna cokelat dengan rasa manis. Ukurannya yang kecil membuat burayot cocok untuk kudapan. Bahan utama untuk membuat burayot adalah tepung beras merah, gula merah, kacang tanah, dan minyak kelapa.

Semua bahan dicampur menjadi satu dengan gula merah cair, kemudian dipilin dengan tangan. Burayot kemudian digoreng dalam wajan berisi minyak panas. Saat ditiriskan dari wajan, makanan ini harus diangkat dengan menggunakan penusuk bambu untuk membentuk. Adonan yang lembek ini disebut ngaburayot atau bergelantung, maka makanan khas Garut ini dinamakan burayot. 

3. Ladu

Satu lagi makanan khas Garut adalah ladu. Hidangan ini terbuat dari beras ketan dengan tekstur kasar dan kenyal, serupa dengan dodol. Ladu merupakan hidangan yang dikembangkan oleh masyarakat Malangbong. Hingga saat ini, produsen ladu masih banyak ditemukan di Malangbong.

4. Endog Lowo

Seperti namanya, makanan khas Garut yang disebut endog lewo bentuknya memang mirip endog atau telur. Hidangan ini terbuat dari singkong dan berasal dari Kampung Lowo di Kecamatan Malangbong, Garut. Masyarakat setempat mengenal endog lowo dengan nama emplod. Rasanya yang gurih dengan tekstur renyah membuat endog lowo cocok untuk makanan ringan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...