Tempo Adalah Kecepatan Irama dalam Musik, Ini Jenis dan Unsurnya

Image title
1 April 2022, 14:48
Ilustrasi, Jon Bon Jovi tampil dalam Rock in Rio Music Festival. Rock merupakan salah satu jenis musik dengan tempo cepat. Tempo adalah kecepatan irama atau beat dalam musik yang dapat menciptakan harmoni.
ANTARA FOTO/REUTERS/Pilar Olivare
Ilustrasi, Jon Bon Jovi tampil dalam Rock in Rio Music Festival. Rock merupakan salah satu jenis musik dengan tempo cepat. Tempo adalah kecepatan irama atau beat dalam musik yang dapat menciptakan harmoni.

Tempo adalah sesuatu yang wajib diperhitungkan dalam menggubah suatu musik. Tempo dapat membuat suatu musik menjadi indah atau bahkan terdengar berantakan. Lalu, apa sebenarnya tempo itu?

Pengertian Tempo

Tempo erat kaitanya dengan cepat atau lambatnya suatu musik yang disajikan. Komponen musik yang satu ini cukup penting bagi seorang musisi agar dapat menciptakan suatu harmoni.

Mengutip buku "Seni Budaya SMA/MA Kelas 10 oleh Jelly Eko Purnomo, tempo adalah durasi kecepatan birama lagu. Semakin cepat suatu lagu dimainkan, semakin besar pula nilai tempo dari lagu tersebut.

Menurut "Kamus Musik" oleh Pono Banoe, tempo berarti waktu, kecepatan dalam ukuran langkah tertentu. Sementara menurut Allen Winold dalam bukunya berjudul "Introduction to Music Theory" mengatakan bahwa tempo adalah kecepatan irama atau beat di dalam musik.

Tempo umumnya ditulis dalam notasi balok dan angka dalam hitungan beat per minute (BPM) yang terletak di atas sebelah kiri lagu.

Beat yaitu ketukan dasar yang menunjukan banyaknya ketukan dalam satu menit. Misalnya, sebuah lagu memiliki beat MM80, artinya dalam satu menit terdapat 80 ketukan. MM adalah singkatan dari Metronome Malze. Metronome adalah alat pengukur tempo. Sedangkan Malze diambil dari nama pencipta alat ini.

Macam-macam Tempo

Terdapat beberapa macam tempo yang digunakan dalam menggubah suatu musik yang dikelompokan menjadi tempo pelan, tempo sedang, dan tempo cepat.

Mengutip modul mata kuliah "Teori Dasar Musik" oleh Berlian Denada, tempo pelan atau slow tempos memiliki kecapatan antara 58-63 langkah/beat setip menit. Adapun yang termasuk tempo pelan yaitu largo, leto, adagio, dan grave.

Tempo sedang atau moderate tempos memiliki kecepatan antara 88-96 langkah/beat setiap menit. Yang termasuk dalam tempo sedang adalah adante dan moderato.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...