Argumen Adalah Unsur yang Memperkuat Pendapat, Ini Penjelasannya

Image title
4 April 2022, 10:40
Ilustrasi, orang yang memberikan argumen dalam berdiskusi. Argumen adalah sesuatu yang memperkuat pendapat sehingga suatu pendapat lebih mudah diterima.
Pexels.com/Mikhail Nilov
Ilustrasi, orang yang memberikan argumen dalam berdiskusi. Argumen adalah sesuatu yang memperkuat pendapat sehingga suatu pendapat lebih mudah diterima.

Sebagai makhluk sosial yang sering berinteraksi dengan manusia baik dalam lingkup keluarga hingga pertemanan, kegiatan menyampaikan pendapat adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari. Supaya pendapat tersebut bisa meyakinkan orang lain, maka harus disertai argumen. Dengan begitu, argumen dapat diartikan sebagai sesuatu yang memperkuat pendapat sehingga suatu pendapat lebih mudah diterima.

Meski demikian, tak selalu argumen yang kita sampaikan diterima begitu saja oleh orang yang mendengarkan. Bisa saja, argumen kita dipatahkan oleh argumen lain. Sehingga, adu argumen pun tidak bisa dihindari.

Pada saat berdiskusi, adu argumen merupakan sesuatu yang wajar. Dengan begitu, seseorang atau sekelompok orang dapat memperoleh sudut pandang lain dari suatu permasalahan yang tengah dibahas. Berikut pembahas tentang argumen.

Penjelasan Mengenai Argumen

Secara makna argumen adalah sesuatu yang sering dikemukakan saat menyampaikan pendapat. Mengetahui cara yang benar dan tepat dalam berargumen merupakan sesuatu yang mesti dipahami. Apalagi jika Anda sering terlibat dalam suatu kegiatan sosial atau mungkin hendak mempresentasikan sesuatu.

Dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), argumen adalah alasan untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat, pendirian, atau gagasan. Sementara itu, berargumen diartikan sebagai berdebat dengan saling mempertahankan atau menolak alasan masing-masing.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa argumen memiliki dua tujuan, yaitu memperkuat pendapat sendiri atau melemahkan dan mematahkan pendapat orang lain.

Argumen merupakan sekumpulan pernyataan yang berhubungan dengan topik dalam pendapat yang sedang disampaikan.

Isi dan Struktur Argumen

Dalam makna lain argumen adalah suatu upaya untuk membuat lebih dari sekadar pernyataan. Di dalam suatu argumen terselip penawaran serangkaian pernyataan terkait yang mewakili dukungan terhadap pernyataan utama. Hal tersebut tak lain guna meyakinkan orang lain bahwa apa yang diucapkan dan ditegaskan adalah benar.

Sebelum memberi argumen, penting untuk memahami apa saja komponen dasar yang membentuk suatu argumen, yaitu premis, inferensi, dan kesimpulan.

  • Premis: Pernyataan berupa fakta yang menjelaskan alasan dan atau bukti untuk memercayai suatu klaim (inferensi).
  • Inferensi: Adalah apa yang diselesaikan di akhir argumen. Namun, dalam argumen sederhana, bisa jadi tidak ditemukan inferensi, melainkan hanya terdiri atas premis dan kesimpulan.
  • Kesimpulan: Penalaran dari sebuah argumen atau sering juga disebut inferensi akhir.

Mengutip ThoughtCo, untuk memaparkan argumen, seorang yang membuat klaim mesti menawarkan pernyataan lanjutan yang, setidaknya, secara teori dapat mendukung klaim tersebut. Sebab, suatu argumen bertujuan untuk menawarkan alasan dan bukti.

Apabila inferensi mendapat pernyataan yang mendukung, maka argumen berhasi. Begitu pula sebaliknya.

Contoh Argumen

Untuk lebih jelasnya, berikut contoh sederhana dari sebuah argumen:

  1. Supir memperoleh banyak uang (premis).
  2. Saya ingin menghasilkan banyak uang (premis).
  3. Saya harus menjadi pilot (kesimpulan).

Biasanya, tantangan dalam berargumen ialah memperoleh kesimpulan yang menghubungkan premis.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...