13 Cara Membuat Link Zoom Meeting di Android dan Laptop

Image title
13 April 2022, 10:19
Ilustrasi, 13 cara membuat link zoom meeting di android dan laptop.
Telkomsel
Ilustrasi, 13 cara membuat link zoom meeting di android dan laptop.

Pandemi Covid-19 membuat setiap orang, komunitas dan sekelompok masyarakat mencari inovasi agar bisa tetap berinteraksi dengan jarak jauh. Selain itubanyak orang menjalani berbagai kegiatan di rumah, seperti belajar, work from home (WFH), maupun silaturahmi dengan teman atau keluarga.

Salah satu aplikasi yang digunakan untuk interaksi jarak jauh adalah zoom. Karena aplikasi zoom adalah aplikasi video conference yang memudahkan seseorang bertatap muka secara real-time dengan banyak orang. Zoom bisa menampung hingga 100 peserta dalam satu meeting online untuk yang versi gratis, sementara versi berbayar bisa menampung hingga 1000 peserta.

Aplikasi ini populer digunakan, termasuk Indonesia. Zoom dibekali tampilan antarmuka yang sederhana, fitur yang ditawarkan lengkap, hingga hemat dalam mengonsumsi bandwidth data internet.

Di sisi lain, masih ada sebagian orang yang bingung dalam pembuatan link Zoom meeting. Untuk bisa membuat sebuah link Zoom, seseorang harus menjadi host dari meeting yang diselengarakan.

Sejatinya cara membuat link zoom meeting terbilang mudah. Berikut ini 13 cara membuat link zoom meeting yang dihimpun dari berbagai sumber: 

13 Cara Membuat Link Zoom Meeting dengan Mudah di PC dan Laptop

1. Pertama, mengunduh software atau aplikasi Zoom Cloud Meetings untuk PC terlebih dahulu.

2. Apabila sudah selesai mengunduh, Anda tinggal install atau memasang apliaksi zoom pada PC atau laptop.

3. Jika proses install sudah rampung, Anda bisa langsung membuat link "Join Meeting" (tidak perlu membuat akun terlebih dahulu). Jika cara tersebut tidak berhasil. Maka, silakan Anda pilih Sign In, untuk membuat akun terlebih dahulu.

4. Setelah Anda masuk ke aplikasi Zoom, selanjutnya silakan Anda masukkan email untuk syarat pendaftaran sebelum menggunakan aplikasi Zoom.

5. Untuk pendaftaran aplikasi Zoom, Anda dapat menggunakan beberapa pilihan, antara lain:

  • E-mail pribadi
  • Mendaftar menggunakan aku Facebook
  • Mendaftar dengan SSO

6. Jika Anda sudah berhasil masuk, selanjutnya Anda akan dialihkan ke halaman awal aplikasi Zoom.

7. Jika sudah dialihakan ke halaman awal pada Zoom, elanjutnya silakan Anda pilih opsi New Meeting yang berguna untuk membuat Room baru.

8. Jika Anda sudah memilih opsi New Meeting, dengan otomatis Anda sudah membuat New Meeting baru.

9. Lalu Anda akan dialihkan ke halaman dalam aplikasi 'perekam video meeting' yang akan menampilkan wajah dan kegiatan Anda di laptop.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...