6 Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan

Image title
14 April 2022, 11:35
manfaat minyak kayu putih
unspalsh.com
Ilustrasi, minyak kayu putih

Minyak kayu putih tidak hanya bermanfaat untuk menghangatkan tubuh. Lebih dari itu, minyak kayu putih memiliki segudang khasiat yang baik bagi kesehatan.

Minyak kayu putih adalah minyak yang dihasilkan dari pohon kayu putih (Melaleuca leucadendra) melalui proses penyulingan uap. Salah satu manfaat minyak kayu putih adalah digunakan sebagai obat.

Bagi masyarakat Indonesia, minyak kayu putih sudah digunakan sejak dulu. Dibalik aromanya yang menenangkan dan menyegarkan, minyak kayu putih sangat membantu meringankan beberapa gejala kesehatan, seperti perut kembung, kepala pusing, dan lain sebagainya.

Lalu apa saja manfaat minyak kayu putih? Simak pembahasannya berikut ini.

Manfaat Minyak Kayu Putih?

Minyak kayu putih adalah salah satu jenis minyak esensial. Minyak ini diperoleh dari batang dan daun pohon kayu putih. Proses ekstrasi minyak kayu putih dilakukan dengan metode penyulingan. Cara kerjanya yaitu daun dan pohon diuapkan, lalu disuling untuk mendapatkan minyaknya.

Minyak kayu putih dikenal sebagai minyak esensial yang berkhasiat, khususnya untuk kesehatan. Minyak kayu putih berbeda dengan minyak pohon teh dan minyak eucalyptus. Salah satu ciri dari minyak kayu putih adalah mempunyai aroma yang khas.

Mengutip Medicinet, manfaat minyak kayu putih yang utama adalah memberikan kehangatan bagi tubuh. Ini dimungkinkan, karena minyak kayu putih mengandung bahan kimia yang disebut cineole. Ketika dioleskan ke kulit, cineole dapat memberikan kehangatan. Sensasi hangat ini sering kali digunakan untuk meredakan dan meringankan sejumlah gejala kesehatan.

Selain memberikan kehangatan, minyak kayu putih juga memberikan berbagai manfaat. Berikut ini beberapa manfaat minyak kayu putih bagi kesehatan, dikutip dari beberapa sumber.

1. Membantu Meredakan Sakit Kepala

Melansir dari Alodokter, salah satu manfaat minyak kayu putih adalah meringankan sakit kepala dan rasa pusing. Jika dioleskan pada area tertentu di bagian kepala, minyak ini bakal membantu kepala menjadi lebih rileks.

Sebagai catatan, manfaat kayu putih memang dapat meringankan gejala sakit kepala. Akan tetapi saat rasa nyeri itu semakin parah, maka sebaiknya Anda memeriksakannya ke dokter.

2. Meringankan Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat atau hidung mampet merupakan gejala klinis saat seseorang sedang mengalami flu. Hidung tersumbat akan sangat mengganggu ketika terjadi sesaat sebelum tidur.

Untuk meringankan hidung tersumbat, Anda dapat menggunakan minyak kayu putih. Dikutip dari Hello Sehat, senyawa di dalam minyak kayu putih bersifat dekongestan. Kandungan ini dapat membantu melegakan hidung tersumbat dan tenggorokan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...