5 Manfaat Hewan bagi Tumbuhan, dari Penyerbukan hingga Fotosintesis

Image title
14 April 2022, 17:38
manfaat hewan bagi tumbuhan
ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas
Ilustrasi, seekor kupu-kupu jenis "Appias olferna" menghisap nektar bunga. Kupu-kupu memiliki peran penting dalam melestarikan tumbuhan dan menjaga kelangsungan ekosistem, melalui proses penyerbukan pada sari bunga di berbagai macam tumbuhan.

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia sering beranggapan beberapa jenis hewan seperti ulat, tikus, ular, belalang dan beberapa hewan lainnya, sebagai hama karena merusak tumbuhan.

Namun, pada kenyataannya beberapa jenis hewan ternyata sangat dibutuhkan bagi tumbuhan. Sama seperti hewan dan manusia yang bergantung pada tumbuhan.

Salah satu manfaat hewan bagi lingkungan sekitar adalah, sebagai konsumen. Hewan merupakan konsumen yang memakan tumbuhan, bahkan hewan lainnya dalam rantai makanan. Apabila tidak ada hewan, maka tumbuhan akan hidup tidak terkendali

Namun, hubungan antara hewan dan tumbuhan tidak sebatas pada rantai makanan saja. Berikut ini beberapa manfaat hewan bagi tumbuhan yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Membantu Proses Penyerbukan Bunga

Manfaat hewan bagi tumbuhan yang pertama adalah membantu proses penyerbukan. Pada dasarnya, tumbuhan dan hewan sebenarnya saling bergantung satu dengan yang lain.

Bagi hewan, selain sebagai sumber makanan, tumbuhan merupakan sumber kehidupan. Pasalnya, proses fotosintesis yang dihasilkan tumbuhan memasok oksigen bagi manusia serta hewan. Selain itu, tumbuhan juga berfungsi menyediakan tempat tinggal, serta habitat bagi hewan.

Sementara, beberapa jenis hewan berperan penting dalam proses penyerbukan. Beberapa hewan seperti kupu kupu, lebah dan burung berperan penting dalam proses penyerbukan.

Proses penyerbukan ini tergolong penting bagi tumbuhan, agar bisa menghasilkan benih yang baru. Lebah, kupu kupu dan juga serangga yang hinggap pada satu bunga ke bunga yang lain, nantinya akan membuat serbuk sari dan benang sari bunga.

2. Membantu Proses Pemupukan

Kotoran hewan sudah banyak digunakan sebagai pupuk selama berabad-abad. Selain itu, banyak juga manfaat sumber daya alam hewani lainnya. Kotoran hewan herbivora seperti kuda, sapi, kambing dan unggas bisa menambah bahan organik, nutrisi dan juga mikroba ke tanah.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...