7 Oleh-oleh Khas Cirebon yang Bisa Dibeli saat Mudik Lebaran 2022

Image title
19 April 2022, 17:57
mudik lebaran
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/wsj.
Ilustrasi, terasi udang yang menjadi salah satu oleh-oleh khas Cirebon.

Mudik lebaran adalah salah satu kebiasaan unik masyarakat di Indonesia sebelum hari raya Idulfitri. Mudik merupakan aktivitas pulang ke kampung halaman.

Biasanya masyarakat akan menggunakan moda transportasi umum untuk pulang ke daerah asal. Namun, sebagian juga ada yang memilih melakukan mudik lebaran dengan menggunakan kendaraan pribadi. 

Masyarakat yang melakukan mudik lebaran dengan kendaraan pribadi, khususnya di Pulau Jawa memiliki opsi untuk berkendara di jalan tol ataupun di jalan arteri seperti jalur Pantura (pantai utara). 

Salah satu daerah di Pulau Jawa yang selalu menjadi sorotan selama mudik lebaran adalah Cirebon. Sebab, daerah tersebut sering dilalui oleh pemudik. 

Cirebon sendiri dikenal memiliki berbagai kuliner yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas, untuk sanak saudara di kampung halaman.

Apa saja oleh-oleh khas Cirebon yang bisa dijadikan buah tangan pada mudik lebaran? Simak ulasannya berikut ini.

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Cirebon Saat Mudik Lebaran

Cirebon adalah salah satu daerah yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Kota ini menjadi tempat favorit para pelancong dari berbagai daerah untuk berburu kuliner.

Kuliner Cirebon yang paling terkenal misalnya seperti empal gentong, nasi jamblang, dan tahu gejrot. Tidak hanya itu, masih banyak lagi oleh-oleh khas Cirebon yang wajib dibeli saat mudik lebaran nanti.

Lebih lanjut, berikut daftar oleh-oleh khas Cirebon:

1. Kerupuk Melarat

Kerupuk melarat adalah salah satu oleh-oleh khas Cirebon yang cukup unik. Ini karena proses pembuatannya tidak memakai minyak goreng.

Kerupuk melarat dibuat dengan cara disangrai. Bahan mentahnya akan digoreng menggunakan pasir sungai yang sudah dicuci bersih.

Oleh-oleh khas Cirebon ini memiliki tekstur renyah. Kerupuk melarat akan lebih nikmat disantap dengan tambahan sambal terasi Cirebon.

Kerupuk melarat bisa ditemukan dengan mudah di jalur Pantura Cirebon, khususnya di kawasan Plered dan Plumbon.

2. Sirup Tjampolay

Tidak hanya makanan, Cirebon juga punya minuman khas yang dikenal dengan nama sirup tjampolay. Sirup ini bahkan sudah ada sejak tahun 1936 yang diproduksi oleh seseorang bernama Tan Tjek Tjiu.

Sirup Tjampolay menjadi salah satu oleh-oleh khas Cirebon andalan yang banyak diburu pemudik saat melintas di jalur Pantura Cirebon. 

Minuman ini memiliki cita rasa manis dan tersedia dalam beberapa varian seperti rasa  pisang susu, stroberi, kopyor, moka, mangga, melon,cocopandan, dan leci.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...