8 Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Mudah

Image title
19 April 2022, 18:01
cara membersihkan karang gigi
ANTARA FOTO/Maulana Surya/foc.
Ilustrasi, tim medis Rumah Sakit Gigi dan Mulut Soelastri memeriksa kesehatan gigi.

Karang gigi merupakan kumpulan plak dari sisa makanan yang menempel di gigi. Untuk menyingkirkannya, Anda bisa menggunakan sejumlah cara membersihkan karang gigi secara alami.

Cara membersihkan karang gigi secara alami biasanya akan efektif, apabila kondisi karang gigi tersebut masih lunak atau berbentuk plak gigi. Jika sudah mengeras, karang gigi bisa dihilangkan menggunakan alat-alat khusus di dokter gigi.

Karang gigi yang dibiarkan begitu saja, akan menimbulkan masalah gigi dan gusi di kemudian hari. Misalnya infeksi pada gusi, gigi berlubang, bau mulut tidak sedap, dan lainnya.

Bagaimana cara membersihkan karang gigi secara alami? Berikut penjelasannya.

Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami

Mengutip dari Bloorwestsmiles.com, munculnya tartar atau karang gigi disebabkan oleh adanya endapan keras yang membentuk dan melapisi gigi dan gusi. Karang gigi terbentuk saat bakteri yang secara alami ada di mulut bercampur dengan sisa-sisa partikel makanan, kemudian membentuk lapisan lengket yang dikenal sebagai plak. 

Ketika plak terus menumpuk, maka plak tersebut akan mengeras dan berubah menjadi karang gigi. Karang gigi bisa menyebabkan pembusukan gigi dan  menumbuhkan bakteri yang dapat merusak lapisan gigi atau email gigi.

Beruntungnya ada sejumlah metode yang bisa digunakan untuk menghilangkan karang gigi. Namun, untuk cara membersihkan karang gigi secara alami, metode ini hanya bisa dipakai ketika kumpulan plak itu masih lunak.

Dikutip dari Doctor NDTV, Klikdokter, dan sumber lainnya, berikut beberapa cara membersihkan karang gigi secara alami:

1. Rajin Menyikat Gigi

Melansir dari Halodoc, rajin menyikat gigi merupakan salah satu cara untuk menyingkirkan karang gigi, terutama faktor pembentuknya yaitu plak. Jadwal yang dianjurkan, Anda dapat menyikat gigi dua kali sehari. Yakni pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.

Malas menyikat gigi secara berkala akan membuat gigi dan gusi tidak terawat. Salah satu dampak buruknya yaitu munculnya karang gigi yang bisa menyebabkan gigi berlubang serta infeksi pada gusi (gusi bengkak).

Dari penjelasan ini, sebaiknya Anda mulai rutin menyikat gigi agar plak yang menumpuk di mulut tidak berubah menjadi karang gigi.

2. Gunakan Mouthwash 

Kegiatan membersihkan gigi tidak cukup hanya menyikat gigi. Anda bisa menggunakan mouthwash untuk menyingkirkan plak yang tersisa usai menyikat gigi.

Saat ini sudah tersedia banyak produk mouthwash yang bisa Anda pakai. Gunakan pembersih mulut itu agar kesehatan gigi dan mulut Anda tetap terjaga.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...