Akomodasi Adalah Bagian dari Proses Asosiasi, Ini Penjelasannya

Image title
25 April 2022, 07:30
Ilustrasi, petugas melakukan proses verifikasi lapangan di Villa Kayu Raja, Seminyak, Badung, Bali. Verifikasi oleh tim yang dibentuk Pemerintah Kabupaten Badung tersebut menilai penerapan berbagai aspek standar dan prosedur pencegahan COVID-19 guna memas
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/hp.
Ilustrasi, petugas melakukan proses verifikasi lapangan di Villa Kayu Raja, Seminyak, Badung, Bali. Verifikasi oleh tim yang dibentuk Pemerintah Kabupaten Badung tersebut menilai penerapan berbagai aspek standar dan prosedur pencegahan COVID-19 guna memastikan kesiapan industri jasa akomodasi pariwisata hotel dan villa menjelang pembukaan sektor pariwisata Pulau Dewata bagi wisatawan domestik dan mancanegara.

Dalam bahasa percakapan sehari-hari istilah akomodasi sering digunakan. Sehingga akomodasi adalah bagian dari interaksi sosial. Dalam sosiologi, akomodasi digunakan untuk menyelesaikan konflik. Akomodasi berkaitan dengan penyesuaian lingkungan baik fisik maupun sosial.

Oleh karenanya, akomodasi adalah dalam bentuk dari bagian proses asosiasi. Proses asosiasi merupakan proses interaksi sosial antara satu orang atau lebih atau kelompok sosial yang mengarah pada kesatuan atau kekompakkan, bahkan terjadinya pembauran.

Akomodasi adalah langkah yang ditempuh untuk mengatasi konflik atau masalah antar dua pihak. Akomodasi adalah suatu kondisi dan proses. Akomodasi dapat bersifat sementara atau permanen. Berikut penjelasannya yang dilansir dari Liputan6.com:

Penjelasan Singkat Mengenai Akomodasi

Dalam ranah ilmu sosiologi, terma akomodasi adalah keadaan, adanya suatu keseimbangan dalam interaksi antara orang-perorangan atau kelompok-kelompok manusia dalam kaitannya dengan norma-norma sosial dan nilai-nilai sosial yang berlaku dalam masyarakat.

Dalam referensi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mendefinisikan akomodasi sebagai penyesuaian sosial dalam interaksi antara pribadi dan kelompok manusia untuk meredakan pertentangan. Dalam antropologi, akomodasi adalah penyesuaian manusia dalam kesatuan sosial untuk menghindari dan meredakan interaksi ketegangan dan konflik.

Di sisi lain, akomodasi adalah penyelesaian konflik yang pada umumnya berarti menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Akomodasi mungkin hanya berlangsung dalam waktu singkat dan mungkin bertujuan untuk memungkinkan pihak yang berkonflik untuk mengkonsolidasikan posisi mereka.

Akomodasi adalah suatu kondisi dan proses. Sebagai suatu kondisi, akomodasi adalah pengakuan dan penerimaan dari serangkaian hubungan yang menentukan status seseorang dalam kelompok atau kelompok dalam organisasi sosial yang lebih inklusif.

Sebagai suatu proses, akomodasi mengacu pada penyesuaian yang dengannya konflik terbuka diselesaikan dan persaingan dibatasi dalam batas-batas tetap.

Penjelasan Singkat Mengenai Akomodasi dari Para Ahli

Ada sejumlah penjelasan mengenai akomodasi dari para ahli:

1. Horton dan Hunt

Akomodasi adalah proses mengembangkan perjanjian sementara antara individu atau kelompok yang berkonflik.

2. Lundberg

Kata akomodasi telah digunakan untuk menunjukkan penyesuaian yang dilakukan orang-orang dalam kelompok untuk menghilangkan kepenatan dan ketegangan persaingan dan konflik.

3. Mac Iver

Istilah akomodasi merujuk terutama pada proses di mana manusia mencapai rasa harmoni dengan lingkungannya.

4. Baldwin

Psikolog terkenal J.M. Baldwin adalah orang pertama yang menggunakan konsep akomodasi. Menurutnya, istilah tersebut menunjukkan perubahan yang diperoleh dalam perilaku individu yang membantu mereka menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

5. Gillin dan Gillin

Akomodasi adalah proses di mana individu dan kelompok yang bersaing dan berkonflik menyesuaikan hubungan mereka satu sama lain untuk mengatasi kesulitan yang muncul dalam persaingan, pertentangan atau konflik.

Aneka Tujuan Akomodasi

1. Mencegah Meledaknya Pertentangan

Akomodasi bertujuan untuk mencegah meledaknya suatu pertentangan untuk sementara waktu. Proses akomodasi akan menghentikan pertentangan baik sementara maupun permanen.

2. Menciptakan Kerjasama

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...