Kumpulan Contoh Teks Deskripsi Beserta Ciri dan Strukturnya

Image title
9 Mei 2022, 15:25
contoh teks deskripsi
Unsplash/Thought Catalog
Ilustrasi, membaca contoh teks deskripsi.

Contoh teks deskripsi dipakai sebagai referensi untuk menjelaskan dan memberikan kesan tentang sesuatu hal yang disampaikan oleh penulis. Teks ini berisi rangkaian paragraf yang membahas objek atau tempat tertentu sehingga pembaca bisa melihat, mendengar, dan merasakan apa yang digambarkan oleh penulis.

Mengutip buku "Bahasa Indonesia untuk SMA/MA" oleh Setyartinigsih, kata deskripsi berasal dari bahasa Inggris, yaitu to describe yang artinya menguraikan, memerikan, atau melukiskan. Ini bertujuan memberi kesan kepada pembaca terhadap objek, gagasan, tempat, atau peristiwa yang ingin disampaikan penulis. Umumnya, gambaran tersebut diberikan secara visual.

Berikut ini adalah contoh singkat paragraf deskriptif:

Lapangan sekolah kami berada tepat di tengah-tengah gedung sekolah. Di setiap sisi lapangan terdapat taman-taman kecil dengan aneka bunga dan tumbuhan lainnya. Lapangan tersebut berukuran setengah 100 x 120 meter. Lumayan luas, bukan? Selain untuk upacara bendera, kadang kami menggunakan lapangan tersebut untuk bermain basket atau sepak bola. Di sebelah utara, tapatnya di dekat kelas kami, terdapat tiang bendera. Adapun di sebelah timur dan barat terdapat ring basket. Di bagian-bagian tertentu ada lubang yang berguna sebagai pancang tiang untuk net voli atau net sepak takraw.

Pola pengembangan paragraf deskriptif biasa digunakan agar pembaca benar-benar bisa merasakan dan melihat tempat yang dideskripsikan secara langsung. Hal ini tentunya menuntut kepiawaian penulis dalam menggambarkan suasana dan objek yang dilihat atau dialami.

Adapun hal-hal yang harus diperhatikan saat menulis teks deskripsi adalah sebagai berikut:

  • Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf deskriptif berdasarkan hasil pengamatan. Misalnya, keadaan lingkungan tempat Anda tinggal sekarang.
  • Menyusun kerangka karangan.

Contoh Teks Deskripsi

Untuk lebih memudahkan dalam penjelasan yang lebih mendalam, berikut dipaparkan terlebih dahulu beberapa contoh teks deskripsi.

1. Rumah Gadang nan Elok

Rumah gadang merupakan rumah adat Minangkabau. Bangunan ini disebut rumah gadang tidak hanya karena ukurannya yang gadang (besar), tetapi juga karena fungsinya yang besar.

Rumah gadang tidak hanya berfungsi sebagai tempat tinggal bersama, tapi juga sebagai tempat bermusyawarah, sebagai tempat merawat keluarga, sebagai tempat melaksanakan upacara adat, dan sebagai simbol eksistensi suatu kaum dalam nagari.

Rumah adat ini juga disebut rumah bagonjong, karena bentuk atapnya melengkung runcing dan disebut gonjong mirip lengkung tanduk kerbau.

Rumah gadang berbentuk segi empat yang mengembang ke atas. Lengkung badan rumahnya landai seperti badan kapal. Rumah gadang berupa rumah panggung dengan lantai papan sekitar satu atau dua meter di atas permukaan tanah, dan terdapat tangga di bagian depan untuk masuk.

Bagian dalam rumah gadang terbagi atas lanjar dan ruang yang ditandai oleh tiang. Lanjar adalah bagian antara deretan tiang depan dan belakang, sedangkan ruang adalah bagian antara tiang kiri dan kanan.

Lanjar belakang berfungsi sebagai kamar tidur, lanjar tengah berfungsi sebagai ruang makan atau ruang keluarga, dan lanjar depan berfungsi sebagai ruang tamu.

Bagian dinding rumah gadang dibuat dari bahan papan, sedangkan bagian belakang dari bahan bambu. Papan dinding dipasang vertikal, sementara semua papan yang menjadi dinding dan menjadi bingkai diberi ukiran, sehingga seluruh dinding menjadi penuh ukiran.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...