7 Manfaat Kunyit untuk Kulit Wajah dan Kecantikan

Image title
11 Mei 2022, 18:27
manfaat kunyit untuk kulit wajah
pixabay.com
Ilustrasi, kunyit

Kunyit merupakan tanaman herbal kaya manfaat. Di Indonesia, kunyit kerap digunakan sebagai bahan pelengkap masakan, yang juga memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh manusia.

Selain sebagai bahan pelengkap masakan, rempah-rempah yang sangat populer ini bisa dimanfaatkan juga dalam perawatan kecantikan, terutama kulit wajah.

Berikut ini ulasan mengenai sejumlah manfaat kunyit untuk kulit wajah yang perlu diketahui, khususnya bagi kaum hawa. Simak pembahasannya di bawah ini.

Kandungan Nutrisi pada Kunyit

Manfaat kunyit untuk kulit wajah berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. Kunyit diketahui memiliki kandungan vitamin C, kalsium, magnesium, fosfor dan sebagainya. Kunyit juga memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba. Senyawa inilah yang memberikan khasiat bagi kulit wajah.

Secara ilmiah kunyit dikenal sebagai Curcuma longa. Rempah ini membantu mengelola beberapa masalah kulit seperti tanda-tanda penuaan, pigmentasi, jerawat, dan lain sebagainya.

Sifat antiinflamasi di dalam kunyit berasal dari komponen bioaktif yang disebut kurkumin. Khasiat kesehatan utama kunyit berasal dari kurkumin ini, termasuk manfaat kunyit untuk kulit wajah.

Pada umumnya kunyit sangat mudah dijumpai, baik di pasar tradisional hingga supermarket terdekat. Rempah tersebut bahkan sudah sejak lama digunakan sebagai bahan untuk perawatan kulit wajah.

Saat ini mulai banyak produk perawatan kulit yang tersedia secara internasional, yang mengandung kunyit sebagai bahan utama. Ini karena kunyit memiliki beberapa sifat meningkatkan kesehatan kulit.

Daftar Manfaat Kunyit untuk Kulit Wajah

Kunyit dipercaya bisa membantu mengoptimalkan kesehatan kulit wajah. Apa saja manfaat kunyit untuk kulit wajah? Dilansir dari Skinkraft Laboratories, Klikdokter, Alodokter dan sumber lainnya, berikut pembahasannya.

1. Membuat Wajah Cerah secara Alami

Seperti disebutkan sebelumnya, kunyit memiliki senyawa yang bersifat antioksidan dan antiradang. Kombinasi zat ini dapat membantu mencerahkan kulit wajah secara alami.

Kunyit dianggap sebagai bahan ampuh untuk mencerahkan kulit wajah. Sifat antioksidan di dalamnya dapat mengurangi bintik hitam, noda dan hiperpigmentasi. 

Selain itu senyawa antioksidan dan antiinflamasi dalam kunyit bisa membuat wajah seseorang semakin berkilau.

2. Mengatasi Jerawat

Jerawat di wajah memang sangat mengganggu, khususnya dalam urusan penampilan. Seseorang bisa saja turun rasa percaya dirinya akibat munculnya jerawat.

Salah satu manfaat kunyit untuk kulit wajah adalah membantu mengatasi jerawat. Bahkan sifat antioksidan pada kunyit, dipercaya bisa menyamarkan bekas jerawat di wajah.

Bakteri Cutibacterium acnes dapat menyebabkan jerawat jenis lesi pada kulit. Kunyit bisa membantu untuk mengobati jenis jerawat ini. 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...