7 Manfaat Kunyit untuk Kulit Wajah dan Kecantikan

Kunyit tidak hanya digunakan sebagai bahan pelengkap masakan. Rempah ini mengandung senyawa antioksidan tinggi yang bermanfaat bagi kulit dan wajah. Berikut manfaat kunyit untuk kulit wajah.
Image title
11 Mei 2022, 18:27
manfaat kunyit untuk kulit wajah
pixabay.com
Ilustrasi, kunyit

Kunyit merupakan tanaman herbal kaya manfaat. Di Indonesia, kunyit kerap digunakan sebagai bahan pelengkap masakan, yang juga memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh manusia.

Selain sebagai bahan pelengkap masakan, rempah-rempah yang sangat populer ini bisa dimanfaatkan juga dalam perawatan kecantikan, terutama kulit wajah.

Berikut ini ulasan mengenai sejumlah manfaat kunyit untuk kulit wajah yang perlu diketahui, khususnya bagi kaum hawa. Simak pembahasannya di bawah ini.

Kandungan Nutrisi pada Kunyit

Manfaat kunyit untuk kulit wajah berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. Kunyit diketahui memiliki kandungan vitamin C, kalsium, magnesium, fosfor dan sebagainya. Kunyit juga memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba. Senyawa inilah yang memberikan khasiat bagi kulit wajah.

Advertisement

Secara ilmiah kunyit dikenal sebagai Curcuma longa. Rempah ini membantu mengelola beberapa masalah kulit seperti tanda-tanda penuaan, pigmentasi, jerawat, dan lain sebagainya.

Sifat antiinflamasi di dalam kunyit berasal dari komponen bioaktif yang disebut kurkumin. Khasiat kesehatan utama kunyit berasal dari kurkumin ini, termasuk manfaat kunyit untuk kulit wajah.

Pada umumnya kunyit sangat mudah dijumpai, baik di pasar tradisional hingga supermarket terdekat. Rempah tersebut bahkan sudah sejak lama digunakan sebagai bahan untuk perawatan kulit wajah.

Saat ini mulai banyak produk perawatan kulit yang tersedia secara internasional, yang mengandung kunyit sebagai bahan utama. Ini karena kunyit memiliki beberapa sifat meningkatkan kesehatan kulit.

Daftar Manfaat Kunyit untuk Kulit Wajah

Kunyit dipercaya bisa membantu mengoptimalkan kesehatan kulit wajah. Apa saja manfaat kunyit untuk kulit wajah? Dilansir dari Skinkraft Laboratories, Klikdokter, Alodokter dan sumber lainnya, berikut pembahasannya.

1. Membuat Wajah Cerah secara Alami

Seperti disebutkan sebelumnya, kunyit memiliki senyawa yang bersifat antioksidan dan antiradang. Kombinasi zat ini dapat membantu mencerahkan kulit wajah secara alami.

Kunyit dianggap sebagai bahan ampuh untuk mencerahkan kulit wajah. Sifat antioksidan di dalamnya dapat mengurangi bintik hitam, noda dan hiperpigmentasi. 

Selain itu senyawa antioksidan dan antiinflamasi dalam kunyit bisa membuat wajah seseorang semakin berkilau.

2. Mengatasi Jerawat

Jerawat di wajah memang sangat mengganggu, khususnya dalam urusan penampilan. Seseorang bisa saja turun rasa percaya dirinya akibat munculnya jerawat.

Salah satu manfaat kunyit untuk kulit wajah adalah membantu mengatasi jerawat. Bahkan sifat antioksidan pada kunyit, dipercaya bisa menyamarkan bekas jerawat di wajah.

Bakteri Cutibacterium acnes dapat menyebabkan jerawat jenis lesi pada kulit. Kunyit bisa membantu untuk mengobati jenis jerawat ini. 

Sebuah studi di PharmaTutor menunjukkan bahwa komponen aktif dalam kunyit yaitu kurkumin memiliki sifat antioksidan kuat yang dapat melawan jerawat vulgaris. Tidak hanya itu, sifat antiinflamasi kunyit juga mengurangi peradangan kulit dan menyembuhkan kulit.

3. Menyamarkan Kantung Mata

Sifat antiradang pada kunyit dapat menimbulkan atau memicu sirkulasi darah sampai membantu menyamarkan kantung mata. Kunyit juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit, sehingga membantu menyamarkan lingkaran hitam pada kantung mata.

4.Melembabkan Kulit Kering

Masker kunyit dan produk kecantikan yang memakai rempah ini sebagai bahan utamanya, dianggap sangat ampuh untuk meningkatkan proses pengangkatan sel kulit mati sehingga sel-sel kulit baru dapat beregenerasi.

Selain itu, masker kunyit bisa digunakan untuk melembabkan kulit kering. Nantinya kulit akan menjadi lebih sehat.

5. Memperlambat Penuaan Kulit

Manfaat kunyit untuk kulit wajah berikutnya yaitu membantu memperlambat penuaan kulit. 

Tanda-tanda penuaan pada kulit bisa terjadi karena berbagai faktor, seperti terkena sinar UV dan polusi lingkungan. Biasanya, tanda penuaan pertama kali muncul di sekitar mata, dahi, dan leher. Kurkumin dalam kunyit menjadi senyawa antioksidan tinggi, yang meningkatkan produksi kolagen dan memperkuat elastisitas kulit.

6. Mengurangi Pigmentasi Kulit

Kunyit merupakan rempah yang punya segudang khasiat bagi kesehatan kulit. Salah satunya yaitu mengurangi pigmentasi.

Beberapa penelitian sudah mengungkapkan, bahwa kandungan pada kunyit sangat ampuh mengurangi bercak hitam pada kulit. Ini merupakan khasiat yang bisa dirasakan oleh seseorang jika memakai kunyit secara teratur.

7. Meredakan Psoriasis Wajah

Perlu diketahui, psoriasis ternyata bisa terjadi pada wajah. Ini adalah kondisi yang membuat kulit seseorang menjadi tebal dan sangat kering. 

Psoriasis bisa menyebabkan iritasi parah. Orang yang memiliki psoriasis wajah juga dapat mengalami psoriasis kulit kepala. Para ahli menyarankan bahwa kunyit dapat bermanfaat untuk mengobati psoriasis wajah. Kunyit dapat membunuh bakteri penyebab psoriasis dan mengurangi peradangan kulit berkat senyawa antimikroba serta antiinflamasi.

Cara Membuat Masker Kunyit untuk Wajah

Segudang manfaat kunyit untuk kulit wajah bisa diperoleh dengan membuat masker kunyit. Cara membuatnya cukup mudah. Bahan yang diperlukan yaitu kunyit dan gel lidah buaya.

Dikutip dari Alodokter, cara untuk membuat masker kunyit adalah mencampurkan 1 sendok teh kunyit yang telah dihaluskan dengan 1 sendok teh gel lidah buaya. Kemudian, aduk hingga mengental.

Campuran kedua bahan alami itu bisa digunakan sebagai masker. Oleskan pada wajah secara merata lalu diamkan selama 20 menit. Jika sudah, bilas dengan air bersih yang mengalir.

Penggunaan masker kunyit secara rutin akan meningkatkan kesehatan kulit wajah. Ini merupakan khasiat atau manfaat kunyit untuk kulit wajah yang bisa dirasakan.

Itu tadi rangkuman tentang manfaat kunyit untuk kulit wajah. Meski diperlukan penelitian lebih lanjut oleh para ahli, namun kunyit yang termasuk bahan rempah ini memang dipercaya banyak orang memiliki khasiat bagi kecantikan wajah.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait