8 Manfaat Air Mawar untuk Wajah dan Kesehatan Kulit

Air mawar sejak zaman dahulu sudah digunakan sebagai bahan dalam perawatan kecantikan. Air mawar bersifat meremajakan dan menenangkan kulit wajah. Berikut manfaat air mawar untuk wajah.
Image title
11 Mei 2022, 18:51
manfaat air mawar untuk wajah
Pixabay
Ilustrasi, bunga mawar

Semua orang tahu bahwa bunga mawar sangat identik dengan romantisme dan cinta. Bunga ini sangat populer, karena sering digunakan untuk menyatakan cinta pada orang terkasih.

Selain populer untuk menyatakan cinta, ternyata air bunga mawar dipercaya memiliki sejumlah khasiat yang baik untuk wajah. Apa saja manfaat air mawar untuk wajah? Berikut pembahasannya.

Kandungan Air Mawar

Air mawar adalah air beraroma yang dibuat dengan merendam kelopak mawar dalam air. Air mawar memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit, termasuk manfaat air mawar untuk wajah. 

Banyak orang percaya bahwa air mawar sangat cocok untuk semua jenis kulit termasuk kulit yang paling sensitif. Air ini bahkan sudah dijadikan bahan untuk perawatan kecantikan sejak zaman dahulu.

Advertisement

Saat ini banyak produk kecantikan yang memakai air mawar sebagai bahan utamanya. Ini karena air mawar memiliki sifatnya yang meremajakan dan menenangkan. Air mawar pun dipercaya  memiliki sifat antiseptik serta sering digunakan untuk memberikan efek mencerahkan kulit.

Dilansir dari Alodokter, senyawa phenolic yang terkandung di dalam air mawar bersifat antioksidan. Zat ini berfungsi sebagai penangkal radikal bebas.

Selain itu, air mawar diketahui mempunyai efek antibakteri, antivirus dan antiseptik. Kandungan ini sangat berkhasiat dan menjadi salah satu manfaat air mawar untuk wajah.

Semua kandungan di atas, menjadi alasan kuat mengapa air mawar kerap digunakan sebagai bahan dalam proses perawatan wajah dan kecantikan. Jika dioleskan pada bagian wajah, air mawar dapat membantu melembabkan kulit hingga mencegah penuaan dini.

Manfaat Air Mawar untuk Wajah 

Bunga mawar merupakan bahan perawatan kulit yang luar biasa efektif, dikenal karena dapat menutrisi dan menenangkan kulit. Selain ekstrak mawar yang berupa minyak, bunga ini juga kerap diolah menjadi air beraroma khas.

Ada banyak sekali manfaat air mawar untuk wajah. Misalnya, dapat dipakai sebagai toner wajah alami untuk meremajakan kulit. Selain itu, air mawar dianggap mampu membuat orang terlihat awet muda dan segar.

Mengutip dari Femina, Fleurandbee.com, dan sumber lainnya, manfaat air mawar untuk kulit wajah antara lain sebagai berikut:

1. Menyeimbangkan Kulit Wajah

Manfaat air mawar untuk wajah yang pertama adalah mampu menyeimbangkan kulit. Maksudnya adalah air mawar dikenal karena kemampuannya untuk memperjelas dan menyeimbangkan kulit seseorang, yang mengarah pada penampilan jadi nampak segar dan direvitalisasi.

Selain terlihat segar, mengoleskan air mawar secara teratur dapat memberikan efek pencerah pada kulit. Itu artinya kulit jadi lebih cerah. Air mawar pun diketahui baik untuk meningkatkan hidrasi pada kulit wajah.

2. Pelembap Kulit Alami

Kulit kering bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti cuaca dan juga kondisi medis tertentu. Salah satu cara untuk mengatasi kulit kering yaitu dengan memakai air mawar sebagai pelembab alami kulit.

Kelembaban adalah kunci untuk awet muda, kulit bercahaya, dan air mawar adalah hidrator dan pelembab alami yang paling ampuh. Air mawar memberikan kulit wajah dorongan instan yang menyegarkan dan bisa menjaga kelembaban sekaligus meremajakan kulit.

3. Mencegah Munculnya Garis-garis Halus dan Kerutan di Wajah

Sifat antioksidan pada kulit mawar mampu melindungi kulit dari serangan radikal bebas. Dampak baiknya, kulit akan terlihat lebih awet muda.

Pemakaian air mawar yang rutin dipercaya  dapat menghilangkan garis-garis halus dan bahkan membantu mencegah terbentuknya garis-garis halus pada wajah.

4. Mengatasi Penuaan Dini

Seperti yang disebutkan di atas, salah satu manfaat air mawar untuk wajah adalah membuat kulit menjadi awet muda. Khasiat ini pun sangat berguna dalam upaya mencegah penuaan dini.

Sifat antioksidan pada air mawar dapat mengatasi kerutan dan kerusakan kulit akibat radikal bebas.

5. Mengatasi Jerawat

Air mawar bersifat antiseptik. Senyawa pada air mawar mampu mencegah dan mengatasi bakteri penyebab munculnya jerawat pada wajah.

Air mawar murni bersifat lembut dan membantu menjaga keseimbangan pH kulit. Selain itu, air mawar  bersifat astringen yang membantu membersihkan pori-pori dari minyak dan kotoran. Sehingga kulit menjadi lebih kencang.

Penggunaan air mawar secara teratur akan menjaga kulit bebas dari minyak  dan membantu mencegah munculnya komedo dan jerawat.

6. Menutrisi Kulit

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi dapat memberikan nutrisi bagi kulit wajah. Tidak hanya itu, antioksidan pun dapat mencegah terjadinya penuaan dini dan menjadikan kulit wajah jauh lebih sehat.

7. Mengurangi Tampilan Kemerahan pada Kulit Wajah

Beberapa jenis kulit wajah dapat mengalami kemerahan. Penyebabnya beragam, mulai dari cuaca sampai kondisi medis tertentu.

Salah satu manfaat air mawar untuk wajah adalah membantu mengurangi kemerahan pada kulit. Air mawar berfungsi untuk mendinginkan dan menenangkan kulit wajah.

8. Meredakan Mata Lelah

Mata lelah bisa disebabkan oleh kurangnya waktu tidur, aktivitas berat, dan sebagainya. Mata lelah akan membuat tampilan mata menjadi bengkak.

Mata bengkak terjadi karena adanya akumulasi cairan di bawah area mata. Selain itu, kulit di sekitar mata yang cenderung cukup tipis, menjadikan pembengkakan dan perubahan warna terlihat lebih jelas. Cara termudah untuk mengatasi mata bengkak serta kantung mata  akibat mata lelah adalah dengan memberikan kompres dingin menggunakan air mawar.

Tidak hanya dari segi kesehatan, manfaat air mawar untuk wajah dalam bidang kecantikan juga sangat beragam. Misalnya, air mawar sering digunakan sebagai cairan pembersih make up. Sebagai catatan, manfaat air mawar bisa diperoleh dan dirasakan apabila pemakaiannya teratur.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait