8 Manfaat Air Mawar untuk Wajah dan Kesehatan Kulit

Image title
11 Mei 2022, 18:51
manfaat air mawar untuk wajah
Pixabay
Ilustrasi, bunga mawar

Semua orang tahu bahwa bunga mawar sangat identik dengan romantisme dan cinta. Bunga ini sangat populer, karena sering digunakan untuk menyatakan cinta pada orang terkasih.

Selain populer untuk menyatakan cinta, ternyata air bunga mawar dipercaya memiliki sejumlah khasiat yang baik untuk wajah. Apa saja manfaat air mawar untuk wajah? Berikut pembahasannya.

Kandungan Air Mawar

Air mawar adalah air beraroma yang dibuat dengan merendam kelopak mawar dalam air. Air mawar memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit, termasuk manfaat air mawar untuk wajah. 

Banyak orang percaya bahwa air mawar sangat cocok untuk semua jenis kulit termasuk kulit yang paling sensitif. Air ini bahkan sudah dijadikan bahan untuk perawatan kecantikan sejak zaman dahulu.

Saat ini banyak produk kecantikan yang memakai air mawar sebagai bahan utamanya. Ini karena air mawar memiliki sifatnya yang meremajakan dan menenangkan. Air mawar pun dipercaya  memiliki sifat antiseptik serta sering digunakan untuk memberikan efek mencerahkan kulit.

Dilansir dari Alodokter, senyawa phenolic yang terkandung di dalam air mawar bersifat antioksidan. Zat ini berfungsi sebagai penangkal radikal bebas.

Selain itu, air mawar diketahui mempunyai efek antibakteri, antivirus dan antiseptik. Kandungan ini sangat berkhasiat dan menjadi salah satu manfaat air mawar untuk wajah.

Semua kandungan di atas, menjadi alasan kuat mengapa air mawar kerap digunakan sebagai bahan dalam proses perawatan wajah dan kecantikan. Jika dioleskan pada bagian wajah, air mawar dapat membantu melembabkan kulit hingga mencegah penuaan dini.

Manfaat Air Mawar untuk Wajah 

Bunga mawar merupakan bahan perawatan kulit yang luar biasa efektif, dikenal karena dapat menutrisi dan menenangkan kulit. Selain ekstrak mawar yang berupa minyak, bunga ini juga kerap diolah menjadi air beraroma khas.

Ada banyak sekali manfaat air mawar untuk wajah. Misalnya, dapat dipakai sebagai toner wajah alami untuk meremajakan kulit. Selain itu, air mawar dianggap mampu membuat orang terlihat awet muda dan segar.

Mengutip dari Femina, Fleurandbee.com, dan sumber lainnya, manfaat air mawar untuk kulit wajah antara lain sebagai berikut:

1. Menyeimbangkan Kulit Wajah

Manfaat air mawar untuk wajah yang pertama adalah mampu menyeimbangkan kulit. Maksudnya adalah air mawar dikenal karena kemampuannya untuk memperjelas dan menyeimbangkan kulit seseorang, yang mengarah pada penampilan jadi nampak segar dan direvitalisasi.

Selain terlihat segar, mengoleskan air mawar secara teratur dapat memberikan efek pencerah pada kulit. Itu artinya kulit jadi lebih cerah. Air mawar pun diketahui baik untuk meningkatkan hidrasi pada kulit wajah.

2. Pelembap Kulit Alami

Kulit kering bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti cuaca dan juga kondisi medis tertentu. Salah satu cara untuk mengatasi kulit kering yaitu dengan memakai air mawar sebagai pelembab alami kulit.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...