Jarang Diketahui, Ini 6 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Wajah

Tidak hanya buahnya saja, daun jambu biji dikenal punya segudang khasiat yang baik bagi tubuh. Salah satunya manfaat daun jambu biji untuk wajah. Berikut pembahasannya.
Image title
11 Mei 2022, 18:54
manfaat daun jambu biji untuk wajah
Rajesh Balouria/Pixabay
Ilustrasi, daun jambu biji.

Jambu biji adalah buah tropis yang kaya akan manfaat dan baik untuk kesehatan. Namun, tidak hanya buahnya saja daun jambu biji juga dikenal sangat berkhasiat.

Sebagian besar orang mungkin sudah tahu kalau daun jambu biji bisa diolah sebagai obat herbal. Akan tetapi, masih sedikit yang mengetahui bahwa daun jambu biji ternyata memiliki beragam manfaat untuk  wajah.

Daun jambu biji mengandung vitamin C dan kaya dengan antioksidan. Kandungan antioksidan ini dapat membantu serta menjaga kulit agar terhindar dari serangan radikal bebas.

Apa saja manfaat daun jambu biji untuk wajah? Simak pembahasannya berikut ini.

Advertisement

Kandungan Gizi Daun Jambu Biji

Daun jambu biji sudah sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia sebagai salah satu obat herbal. Sebab, daun tersebut mengandung sejumlah nutrisi penting bagi tubuh dan membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Mengutip dari Blodsky, daun jambu biji mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Selain itu terdapat pula vitamin C dan zat flavonoid di dalam daun jambu biji. Hal inilah yang membuat daun jambu biji dianggap berkhasiat.

Pada umumnya, daun jambu biji akan diolah menjadi minuman dan kapsul. Jika dikonsumsi secara teratur, daun ini dapat memberikan efek baik yaitu mengatasi berbagai macam penyakit seperti diare, mengobati sariawan dan sakit gigi, serta gangguan kesehatan lainnya.

Khasiat lainnya yaitu manfaat daun jambu biji untuk wajah. Senyawa antioksidan dan antiinflamasi pada daun jambu biji, bisa membuat kulit wajah menjadi sehat dan terawat.

Daftar Manfaat Daun Jambu Biji untuk Wajah

Manfaat daun jambu biji untuk wajah sangatlah beragam. Namun perlu diingat, pemakaian olahan daun jambu biji ini harus dalam batas wajar. Sebab, penggunaan berlebih dikhawatirkan akan menimbulkan sejumlah efek samping.

Menurut sejumlah penelitian daun jambu biji kaya akan antioksidan, antibakteri dan antiinflamasi yang membantu merawat kulit jadi lebih sehat. Melansir dari Sehatq.com dan Makeupandbeauty.com, manfaat daun jambu biji untuk wajah antara lain sebagai berikut:

1. Mengatasi Keriput di Wajah

Salah satu tanda penuaan yang dialami oleh sebagian besar orang adalah munculnya keriput pada wajah. Kulit keriput tentunya akan mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri, khususnya bagi wanita. Untuk mengatasi munculnya keriput di wajah salah satu cara yang cukup efektif yaitu memakai daun jambu biji.

Mencegah keriput menjadi salah satu manfaat daun jambu biji untuk wajah. Daun jambu biji diketahui punya khasiat yang membantu mencegah munculnya kerutan di wajah. Bahkan daun ini juga membantu memperbaiki tekstur kulit.

Selain itu sifat antioksidan pada daun jambu biji membantu dalam menghancurkan radikal bebas yang merusak kulit wajah. 

Untuk mendapatkan manfaat ini caranya cukup mudah. Rebusan daun jambu biji matang yang dioleskan pada wajah dapat digunakan untuk mencegah kerutan dan garis-garis halus.

2. Mengatasi Jerawat

Jerawat yang muncul di wajah memang terasa sangat mengganggu. Apalagi jika jerawat tersebut jumlahnya cukup banyak. Salah satu cara paling ampuh mengatasi jerawat adalah dengan menggunakan daun jambu biji.

Berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Chinese Medicine, ditemukan fakta menarik tentang daun jambu biji. Ekstrak daun jambu biji ternyata sangat ampuh untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.

Salah satu manfaat daun jambu biji untuk wajah ini diduga berasal dari sifat antimikroba, antiseptik, dan antiradang pada jambu biji. Senyawa ini diyakini dapat membantu membersihkan pori kulit sekaligus mengurangi tampilan dan munculnya jerawat pada wajah.

Ambil beberapa lembar daun jambu biji yang sudah dicuci bersih. Lalu oleskan perlahan pada wajah yang ada jerawat. Tunggu beberapa saat, kemudian bilas dengan air mengalir. Lakukan proses ini secara teratur agar jerawat bisa hilang secepatnya.

3. Menurunkan Risiko Terjadinya Penuaan Dini

Antioksidan pada daun jambu biji berfungsi untuk melawan radikal bebas, yang menjadi salah satu penyebab terjadinya penuaan dini pada kulit wajah.

Antioksidan dalam jambu biji berperan besar dalam mencegah munculnya tanda penuaan seperti munculnya noda hitam, keriput, dan garis halus.

4. Menyamarkan Noda Hitam di Wajah

Manfaat daun jambu biji untuk wajah berikutnya yaitu membantu menyamarkan noda hitam di wajah.

Daun jambu dapat meringankan bintik hitam di wajah dan juga membersihkan noda yang tertinggal di kulit. Selain itu, daun ini merupakan bahan alami pencerah kulit yang sangat baik , sehingga membuat kulit terlihat bersih dan bebas noda hitam.

5. Membersihkan Komedo Hitam

Manfaat daun jambu biji untuk wajah berikutnya adalah membantu mengangkat komedo hitam.

Daun jambu biji dapat membantu menghilangkan komedo dan mengobati hiperpigmentasi pada kulit sehingga meningkatkan warna kulit. Antioksidan yang ada dalam daun jambu biji juga bermanfaat guna mengecilkan pori-pori pada kulit, serta membuat kulit bersih dan bercahaya.

Untuk memperoleh manfaat ini, ambilah  beberapa lembar daun jambu biji dan rebus dalam air. Haluskan daun jambu biji bersama dengan sedikit air dan tambahkan kunyit. 

Gunakan bahan tersebut sebagai masker untuk menghilangkan komedo. Pastikan menggosok dengan benar. Tunggu beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih.

6. Meringankan Rasa Gatal di Wajah

Gatal pada waja bisa dialami hampir semua orang. Jika menderita gatal-gatal pada kulit atau peradangan, maka penggunaan daun jambu biji bisa menjadi solusinya.

Daun jambu biji dapat membantu mengatasi masalah ini. Sebab, senyawa di dalam daun jambu biji menjadi penghambat alergi sekaligus membantu menyembuhkan gatal pada kulit secara instan.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait