Jarang Diketahui, Ini 6 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Wajah

Image title
11 Mei 2022, 18:54
manfaat daun jambu biji untuk wajah
Rajesh Balouria/Pixabay
Ilustrasi, daun jambu biji.

Jambu biji adalah buah tropis yang kaya akan manfaat dan baik untuk kesehatan. Namun, tidak hanya buahnya saja daun jambu biji juga dikenal sangat berkhasiat.

Sebagian besar orang mungkin sudah tahu kalau daun jambu biji bisa diolah sebagai obat herbal. Akan tetapi, masih sedikit yang mengetahui bahwa daun jambu biji ternyata memiliki beragam manfaat untuk  wajah.

Daun jambu biji mengandung vitamin C dan kaya dengan antioksidan. Kandungan antioksidan ini dapat membantu serta menjaga kulit agar terhindar dari serangan radikal bebas.

Apa saja manfaat daun jambu biji untuk wajah? Simak pembahasannya berikut ini.

Kandungan Gizi Daun Jambu Biji

Daun jambu biji sudah sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia sebagai salah satu obat herbal. Sebab, daun tersebut mengandung sejumlah nutrisi penting bagi tubuh dan membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Mengutip dari Blodsky, daun jambu biji mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Selain itu terdapat pula vitamin C dan zat flavonoid di dalam daun jambu biji. Hal inilah yang membuat daun jambu biji dianggap berkhasiat.

Pada umumnya, daun jambu biji akan diolah menjadi minuman dan kapsul. Jika dikonsumsi secara teratur, daun ini dapat memberikan efek baik yaitu mengatasi berbagai macam penyakit seperti diare, mengobati sariawan dan sakit gigi, serta gangguan kesehatan lainnya.

Khasiat lainnya yaitu manfaat daun jambu biji untuk wajah. Senyawa antioksidan dan antiinflamasi pada daun jambu biji, bisa membuat kulit wajah menjadi sehat dan terawat.

Daftar Manfaat Daun Jambu Biji untuk Wajah

Manfaat daun jambu biji untuk wajah sangatlah beragam. Namun perlu diingat, pemakaian olahan daun jambu biji ini harus dalam batas wajar. Sebab, penggunaan berlebih dikhawatirkan akan menimbulkan sejumlah efek samping.

Menurut sejumlah penelitian daun jambu biji kaya akan antioksidan, antibakteri dan antiinflamasi yang membantu merawat kulit jadi lebih sehat. Melansir dari Sehatq.com dan Makeupandbeauty.com, manfaat daun jambu biji untuk wajah antara lain sebagai berikut:

1. Mengatasi Keriput di Wajah

Salah satu tanda penuaan yang dialami oleh sebagian besar orang adalah munculnya keriput pada wajah. Kulit keriput tentunya akan mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri, khususnya bagi wanita. Untuk mengatasi munculnya keriput di wajah salah satu cara yang cukup efektif yaitu memakai daun jambu biji.

Mencegah keriput menjadi salah satu manfaat daun jambu biji untuk wajah. Daun jambu biji diketahui punya khasiat yang membantu mencegah munculnya kerutan di wajah. Bahkan daun ini juga membantu memperbaiki tekstur kulit.

Selain itu sifat antioksidan pada daun jambu biji membantu dalam menghancurkan radikal bebas yang merusak kulit wajah. 

Untuk mendapatkan manfaat ini caranya cukup mudah. Rebusan daun jambu biji matang yang dioleskan pada wajah dapat digunakan untuk mencegah kerutan dan garis-garis halus.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...