Menilik Syarat Daftar Beasiswa S2 Luar Negeri dari Kominfo

Kominfo telah mengumumkan membuka program beasiswa S2 luar negeri di lima negara. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi calon penerima beasiswa, sebagai berikut.
Image title
23 Mei 2022, 16:11
beasiswa S2
Kominfo
Ilustrasi, logo Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia kembali membuat program beasiswa S2 luar negeri.

Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi mengatakan, beasiswa ini menjadi bentuk komitmen Kominfo dalam mengembangkan kapasitas 200 penerima di bidang informasi dan komunikasi (TIK).

Berdasarkan keterangan di situs beasiswa.kominfo.go.id, beasiswa S2 luar negeri Kominfo ini dibuka untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri, dan masyarakat umum. Pelamar yang mendaftar program beasiswa ini bisa memiliki perguruan tinggi di Tiongkok, India, Hungaria, Belanda, dan Jepang.

Proses pendaftaran program beasiswa kuliah luar negeri ini dibuka mulai 31 Maret 2022 lalu. Mengutip dari situs beasiswa.kominfo.go.id, berikut syarat dan tahapan pendaftaran beasiswa luar negeri.

Advertisement

Syarat Beasiswa Kuliah Luar Negeri

Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Bagi masyarakat umum (termasuk penyandang disabilitas) harus memiliki latar belakang pekerjaan di bidang teknologi informasi dan komunikasi serta pelaku startup.
  3. Berusia maksimal 37 tahun untuk PNS/anggota TNI/Polri dan berusia 33 tahun untuk masyarakat umum saat penutupan pendaftaran.
  4. Belum mempunyai gelar S2 dan tidak sedang menerima beasiswa lain dan/atau sedang mengikuti program pendidikan S2 baik biaya sendiri atau lembaga lain.
  5. Memperoleh izin pejabat yang berwenang.
  6. Sudah mempunyai pengalaman kerja minimal dua tahun.
  7. Akan kembali ke Indonesia setelah selesai kuliah.
  8. Lulus S1 dengan IPK minimal 3,00. Sedangkan syarat IPK untuk penyandang disabilitas minimal 2,50.
  9. Mempunyai sertifikat TOEFL ITP dengan skor minimal 530 atau TOEFL iBT 90 atau IELTS 6,5. Untuk pelamar yang belum memiliki sertifikat TOEFL iBT/IELTS, bisa memberikan sertifikat TOEFL ITP untuk seleksi internal beasiswa Kominfo. Selain itu, pelamar juga harus memenuhi syarat kemampuan Bahasa Inggris yang diterapkan mitra perguruan tinggi.
  10. Pelamar wajib mendaftar perguruan tinggi untuk penerimaan bulan Agustus/September 2022.
  11. Memenuhi syarat khusus dari perguruan tinggi yang dituju.

Persyaratan Khusus

Selain memenuhi syarat umum, pelamar beasiswa S2 juga harus memenuhi syarat khusus yang telah ditentukan mitra perguruan tinggi. Berikut beberapa persyaratan khusus beasiswa S2 dari Kominfo yang penting untuk diketahui.

1. Tsinghua University, Tingkok

  • Pelamar beasiswa wajib mendaftar dan mengikuti seluruh tahapan seleksi beasiswa Kominfo terlebih dahulu. Di waktu bersamaan, Anda juga bisa menyiapkan berkas syarat khusus dari perguruan tinggi.
  • Dokumen yang menjadi syarat khusus diunggah dalam sistem yang bisa dilihat pada situs https://yz.tsinghua.edu.cn/en/Admissions/How_to_Apply.htm.
  • Biaya pendaftaran akan ditanggung Kominfo bagi pendaftar yang telah menjadi penerima beasiswa S2 dari Kominfo.

2. International Institute of Information Technology Bangalore, India

Syarat khusus untuk pendaftar di univeristas ini maka wajib mengikuti tes online yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi ini. Seleksi online tersebut akan difasilitasi Kominfo pada pertengahan Mei. Adapun ragam tes tersebut, yaitu:

  • Tes kemampuan Bahasa Inggris.
  • Kompetensi umum atau sejenis TPA.
  • Wawancara online dengana dminsiions tea, IIITB.

3. Eötvös Loránd University, Hungaria

Pelamar beasiswa S2 melakukan pendaftaran ke perguruan tinggi secara mandiri agar memperoleh letter of acceptance (LoA) bersamaan dengan pendaftaran beasiswa Kominfo. Sayangnya, untuk batas waktu pendaftara di Eötvös Loránd University, sudah ditutup pada 30 April lalu.

4. University of Twente, Belanda

Sama seperti pendaftar di Eötvös Loránd University, jika ingin mendaftar di University of Twente, maka Anda harus mendaftkan mandiri untuk mendapatkan LoA. Dalam proses pendaftaran, Anda juga bisa mengikuti pendaftaran program beasiswa Kominfo. Namun, batas waktu pendaftaran di universitas ini sudah ditutup pada 1 Mei 2022.

5. UEC (The University of Electro Communications), Jepang

Pelamar beasiswa wajib mendaftar dan mengikuti seluruh tahap seleksi beasiswa kuliah dari Kominfo terlebih dahulu, sembari menyiapkan berkas untuk persyaratan khusus.

Tahap Pendaftraran Beasiswa S2 Luar Negeri

Berdasarkan keterangan di situs beasiswa.kominfo.go.id, berikut ini beberapa langkah pendaftaran beasiswa S2 Kominfo untuk kuliah di luar negeri.

  1. Pilih tipe beasiswa luar negeri kemudian klik “Daftar Beasiswa” untuk menyelesaikan pendaftaran.
  2. Isi data pribadi dan pekerjaan, pendidikan terakhir, dan pilih kategori beasiswa yang diinginkan.
  3. Siapkan berkas yang dibutuhkan sesuai dengan persyaratan
  4. Cek seluruh data yang telah diinput dan selesaikan proses pendaftaran. Sebagai informasi, Anda bisa mendaftar beasiswa S2 luar negeri lebih dari satu kali.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait