Cara Membuat Lamaran Kerja yang Menarik dan Benar agar HRD Tertarik

Berikut sejumlah cara membuat lamaran kerja yang menarik agar HRD tertarik dan mempertimbangkan pelamar kerja sebagai calon karyawan yang potensial.
Image title
31 Mei 2022, 11:18
cara membuat lamaran kerja yang menarik
Tima Miroshnichenko/Pexels
Ilustrasi, seseorang sedang membaca surat lamaran kerja.

Surat lamaran kerja merupakan surat permohonan resmi untuk bekerja di suatu lembaga atau perusahaan. Surat ini, biasanya juga disertai beberapa dokumen atau berkas yang menjadi lampiran.

Berkas atau dokumen yang umum dilampirkan dalam surat lamaran kerja antara lain:

  1. Daftar Riwayat Hidup (curriculum vitae/CV)
  2. Foto copy ijazah S1 dan S2/S3 (jika pelamar kerja telah melalui jenjang pendidikan strata dua dan tiga)
  3. Foto copy transkrip nilai
  4. Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan
  5. Pas foto terbaru

Tak bisa dipungkiri, surat lamaran pekerjaan menjadi satu di antara aspek penting saat sedang mencari atau melamar pekerjaan. Oleh karena itu, seseorang perlu mengetahui cara membuat lamaran kerja yang menarik, agar bagian kepegawaian atau human resource department (HRD) tertarik membaca dan kemudian mempertimbangkan pelamar kerja sebagai calon karyawan.

Untuk membuat surat lamaran kerja yang menarik yang menarik, terdapat beberapa hal yang wajib dituliskan. Berikut ini, adalah ulasan terkait sistematika, dan contoh surat lamaran kerja yang bisa menjadi referensi, dilansir dari Greatdayhr.com.

Cara Membuat Lamaran Kerja yang Menarik

Cara membuat lamaran kerja yang menarik sejatinya cukup mudah. Karena secara umum, penulisan surat lamaran kerja sudah memiliki sistematika dan norma yang baku. Berikut ini, adalah penjelasan singkat mengenai beberapa bagian yang terdapat dalam surat lamaran kerja.

1. Tanggal dan Tempat Penulisan Surat

Tanggal dan tempat penulisan surat merupakan bagian pertama yang dituliskan dalam surat permohonan resmi. Untuk surat lamaran kerja, penulisannya bisa diposisikan pada bagian kanan atas atau kiri atas surat lamaran kerja. Patut diingat, untuk penulisan tempat dan tanggal ini, tidak boleh disingkat.

2. Tujuan Surat

Bagian selanjutnya dalam surat lamaran kerja adalah, kepada siapa surat tersebut disampaikan. Sebelum menuliskan nama dan jabatan penerima surat lamaran kerja, terlebih dahulu menuliskan kata-kata "yang terhormat, atau "Yth".

Alangkah lebih baik jika pelamar kerja sudah mengetahui dengan jelas nama dan jabatan menerima surat lamaran kerja, agar terasa lebih personal. Lalu, tepat dibawah tujuan surat, tuliskan nama dan alamat lengkap perusahaan yang dituju.

3. Salam Pembuka dan Kata Pengantar

Setelah menulis tujuan dan nama serta alamat perusahaan yang dilamar, ada baiknya sebelum calon pelamar kerja membuat isi surat lamaran kerja, untuk menuliskan salam pembuka dan kata pengantar.

Untuk ucapan salam, sebaiknya menggunakan kata-kata yang universal, seperti “Dengan hormat”, karena memang umum digunakan. Setelah menuliskan salam pembuka tersebut, barulah calon pelamar menjabarkanatau menjelaskan informasi lowongan pekerjaan yang tengah dilamar.

4. Data Diri

Masuk ke bagian isi, pertama kali yang ditulis adalah mengenai data diri. Informasi yang biasanya disertakan antara lain nama lengkap, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, pendidikan terakhir, alamat surat elektronik (e-mail), dan nomor kontak.

5. Pengalaman Kerja, Kelebihan, atau Keahlian

Setelah mencantumkan data diri, calon pekerja dapat menuliskan pengalaman kerja serta keterampilan yang dimiliki. Untuk bagian ini, ada baiknya calon pelamar kerja memerinci keahlian atau skill yang memang relevan terhadap pekerjaan yang dilamar.

Ini penting, agar bagian HRD dapat mempertimbangkan, apakah skill yang dimiliki pelamar kerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, penjabaran singkat mengenai keahlian yang dimiliki, juga memungkinkan HRD untuk mengecek sertifikat yang dilampirkan dalam surat lamaran kerja.

6. Penutup

Bagian terakhir dalam surat lamaran kerja adalah penutup. Pada bagian ini, umumnya berisi mengenai harapan calon pelamar kerja agar dipertimbangkan sebagai calon karyawan, dan mendapat kesempatan untuk lanjut ke jenjang berikutnya, yaitu wawancara.

Setelah itu, penulisan bagian penutup juga dibubuhkan ucapan terima kasih, karena penerima surat telah berkenan untuk membaca surat lamaran kerja yang disampaikan. Kemudian, dilengkapi dengan tanda tangan dan nama lengkap pelamar kerja tepat di bawah penutup.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Berikut ini, adalah beberapa contoh surat lamaran kerja yang bisa menjadi referensi.

1. Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar untuk lowongan kerja secara umum.

Jakarta, 5 Januari 2020

Hal : Lamaran Pekerjaan
Yth. Pimpinan
PT. Maju Terus Pantang Mundur
Jl. Medan Merdeka  no 15, Jakarta Pusat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi lowongan kerja yang saya lihat pada media sosial Linkedin pada 30 Desember 2019 , yang menunjukan jika saat ini perusahaan bapak/ibu sedang membuka lowongan pekerjaan, maka dengan ini saya ingin melamar pekerjaan sebagai Teller di perusahaan, yang Bapak/Ibu Pimpin.

Biodata diri:

Nama : Mario Bruss
Tempat, tanggal lahir : Jakarta, 25 Mei 1995
Pendidikan terakhir : S1-HUKUM 
Alamat : Jl. KH. Moh MANSYUR 11276

Untuk bahan pertimbangan, saya juga melampirkan beberapa dokumen sebagai bahan pertimbangan: 

  1. Daftar Riwayat Hidup/CV
  2. Resume Kerja
  3. Fotocopy Ijazah Terakhir
  4. Fotocopy Transkrip Nilai
  5. Fotocopy Bahasa Inggris
  6. Fotocopy KTP
  7. Pas Foto 4×6
  8. Surat Pengalaman Kerja

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat, besar harapan saya dapat melanjutkan ke tahap berikutnya, atas Perhatian Bapak/Ibu saya ucapakan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

Ttd.

Mario Bruss

 2. Contoh Surat Lamaran Kerja yang Menarik

Jakarta, 10 Maret 2020

Hal : Lamaran Pekerjaan
Yth. Pimpinan
PT. Bank ABC 
Cabang Kab. Jakarta
Jl. Kebon Jeruk no 20, Meruya Utara

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi lowongan kerja di Bank ABC yang terpasang pada website lowongan kerja Jojo.id, tanggal 7 Maret 2020, maka dengan ini saya ingin melamar pekerjaan sebagai Teller di perusahaan, yang Bapak/Ibu Pimpin.

Biodata diri:

Nama : Marry Jane
Tempat, tanggal lahir : Kalimantan, 20 Maret 1993
Pendidikan terakhir : S1-Teknik Telekomunikasi, Politeknik Kalimantan
Alamat : Jl. Rembulan No.2, Kalimantan

Untuk bahan pertimbangan, saya juga melampirkan beberapa dokumen sebagai bahan pertimbangan: 

  1. Daftar Riwayat Hidup/CV
  2. Resume Kerja
  3. Fotocopy Ijazah Terakhir
  4. Fotocopy Transkrip Nilai
  5. Fotocopy Bahasa Inggris
  6. Fotocopy KTP
  7. Pas Foto 4×6
  8. Surat Pengalaman Kerja

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat, besar harapan saya dapat melanjutkan ke tahap berikutnya, atas Perhatian Bapak/Ibu saya ucapakan banyak terima kasih.

Hormat saya,

Ttd.

Marry Jane

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait