Cara Membuat Lamaran Kerja yang Menarik dan Benar agar HRD Tertarik

Image title
31 Mei 2022, 11:18
cara membuat lamaran kerja yang menarik
Tima Miroshnichenko/Pexels
Ilustrasi, seseorang sedang membaca surat lamaran kerja.

Surat lamaran kerja merupakan surat permohonan resmi untuk bekerja di suatu lembaga atau perusahaan. Surat ini, biasanya juga disertai beberapa dokumen atau berkas yang menjadi lampiran.

Berkas atau dokumen yang umum dilampirkan dalam surat lamaran kerja antara lain:

  1. Daftar Riwayat Hidup (curriculum vitae/CV)
  2. Foto copy ijazah S1 dan S2/S3 (jika pelamar kerja telah melalui jenjang pendidikan strata dua dan tiga)
  3. Foto copy transkrip nilai
  4. Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan
  5. Pas foto terbaru

Tak bisa dipungkiri, surat lamaran pekerjaan menjadi satu di antara aspek penting saat sedang mencari atau melamar pekerjaan. Oleh karena itu, seseorang perlu mengetahui cara membuat lamaran kerja yang menarik, agar bagian kepegawaian atau human resource department (HRD) tertarik membaca dan kemudian mempertimbangkan pelamar kerja sebagai calon karyawan.

Untuk membuat surat lamaran kerja yang menarik yang menarik, terdapat beberapa hal yang wajib dituliskan. Berikut ini, adalah ulasan terkait sistematika, dan contoh surat lamaran kerja yang bisa menjadi referensi, dilansir dari Greatdayhr.com.

Cara Membuat Lamaran Kerja yang Menarik

Cara membuat lamaran kerja yang menarik sejatinya cukup mudah. Karena secara umum, penulisan surat lamaran kerja sudah memiliki sistematika dan norma yang baku. Berikut ini, adalah penjelasan singkat mengenai beberapa bagian yang terdapat dalam surat lamaran kerja.

1. Tanggal dan Tempat Penulisan Surat

Tanggal dan tempat penulisan surat merupakan bagian pertama yang dituliskan dalam surat permohonan resmi. Untuk surat lamaran kerja, penulisannya bisa diposisikan pada bagian kanan atas atau kiri atas surat lamaran kerja. Patut diingat, untuk penulisan tempat dan tanggal ini, tidak boleh disingkat.

2. Tujuan Surat

Bagian selanjutnya dalam surat lamaran kerja adalah, kepada siapa surat tersebut disampaikan. Sebelum menuliskan nama dan jabatan penerima surat lamaran kerja, terlebih dahulu menuliskan kata-kata "yang terhormat, atau "Yth".

Alangkah lebih baik jika pelamar kerja sudah mengetahui dengan jelas nama dan jabatan menerima surat lamaran kerja, agar terasa lebih personal. Lalu, tepat dibawah tujuan surat, tuliskan nama dan alamat lengkap perusahaan yang dituju.

3. Salam Pembuka dan Kata Pengantar

Setelah menulis tujuan dan nama serta alamat perusahaan yang dilamar, ada baiknya sebelum calon pelamar kerja membuat isi surat lamaran kerja, untuk menuliskan salam pembuka dan kata pengantar.

Untuk ucapan salam, sebaiknya menggunakan kata-kata yang universal, seperti “Dengan hormat”, karena memang umum digunakan. Setelah menuliskan salam pembuka tersebut, barulah calon pelamar menjabarkanatau menjelaskan informasi lowongan pekerjaan yang tengah dilamar.

4. Data Diri

Masuk ke bagian isi, pertama kali yang ditulis adalah mengenai data diri. Informasi yang biasanya disertakan antara lain nama lengkap, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, pendidikan terakhir, alamat surat elektronik (e-mail), dan nomor kontak.

5. Pengalaman Kerja, Kelebihan, atau Keahlian

Setelah mencantumkan data diri, calon pekerja dapat menuliskan pengalaman kerja serta keterampilan yang dimiliki. Untuk bagian ini, ada baiknya calon pelamar kerja memerinci keahlian atau skill yang memang relevan terhadap pekerjaan yang dilamar.

Ini penting, agar bagian HRD dapat mempertimbangkan, apakah skill yang dimiliki pelamar kerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, penjabaran singkat mengenai keahlian yang dimiliki, juga memungkinkan HRD untuk mengecek sertifikat yang dilampirkan dalam surat lamaran kerja.

6. Penutup

Bagian terakhir dalam surat lamaran kerja adalah penutup. Pada bagian ini, umumnya berisi mengenai harapan calon pelamar kerja agar dipertimbangkan sebagai calon karyawan, dan mendapat kesempatan untuk lanjut ke jenjang berikutnya, yaitu wawancara.

Setelah itu, penulisan bagian penutup juga dibubuhkan ucapan terima kasih, karena penerima surat telah berkenan untuk membaca surat lamaran kerja yang disampaikan. Kemudian, dilengkapi dengan tanda tangan dan nama lengkap pelamar kerja tepat di bawah penutup.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Berikut ini, adalah beberapa contoh surat lamaran kerja yang bisa menjadi referensi.

1. Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar untuk lowongan kerja secara umum.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...