7 Rekomendasi Investasi Emas Digital yang Aman dan Mudah

Image title
8 Juni 2022, 11:01
rekomendasi investasi emas
PT SMA
Ilustrasi, seseorang mengakses platform investasi emas digital.

Emas merupakan alat investasi yang sudah banyak digunakan sejak zaman dahulu. Selain menjadi perhiasan, logam mulia ini menjadi pilihan investor pemula untuk memulai investasi karena risikonya terbilang rendah.

Investasi emas saat ini masih populer di Indonesia. Pasalnya, investasi ini dianggap aman dan menguntungkan. Harga emas cenderung stabil serta bisa saja bertambah. 

Advertisement

Pergerakan harga emas di pasar dunia berpotensi terus menguat. Bila terjadi penurunan, harga emas biasanya tidak terlalu jatuh.

Emas memang termasuk ke dalam jenis instrumen investasi tradisional. Meski begitu, seiring berkembangnya zaman, investasi emas saat ini sudah bisa dilakukan secara daring atau online. 

Di Indonesia sudah banyak aplikasi investasi yang menyediakan aset tersebut untuk investasi. Bahkan sebagian besar lainnya telah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Lantas apa saja aplikasi investasi tersebut? Simak rekomendasi investasi emas digital berikut ini.

Rekomendasi Investasi Emas Digital yang Aman

Emas digital merupakan bentuk instrumen investasi baru. Melansir dari Tanamduit.id, emas digital adalah salah satu jenis emas 24 karat yang bisa disimpan secara digital. Artinya, investor dapat membeli emas secara online tanpa perlu dipusingkan dengan penyimpanannya.

Emas digital dapat menjadi rekomendasi investasi emas yang mudah dan praktis. Sebab, investor dapat melakukan simpan dan beli emas secara daring.

Meski demikian, untuk melakukan investasi emas digital calon investor harus memperhatikan dengan benar perusahan atau aplikasi yang menyediakan investasi tersebut. Pilihannya, investor bisa memilih aplikasi yang sudah terdaftar pada otoritas terkait.

Lebih lanjut, dikutip dari Idxchannel.com dan sumber lainnya, berikut rekomendasi investasi emas digital yang aman serta mudah:

1. Pegadaian Digital

Rekomendasi investasi emas digital yang pertama adalah platform Pegadaian Digital. Perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) ini menjadi pelopor investasi yang menyediakan tabungan emas.

Menurut situs resminya, masyarakat dapat memiliki saldo emas dengan nominal tertentu yang keamanannya sudah terjamin. Untuk membuka tabungan emas di Pegadaian Digital, calon nasabah dapat membuka rekening pertama minimal Rp.50.000.

Selain dapat disimpan secara digital, nasabah bisa menggadaikan, menjual, dan mencetaknya menjadi emas batangan dan bersertifikat SNI/LBMA 24 karat.

Aplikasi Pegadaian Digital dapat diunduh secara gratis melalui Play Store. Pegadaian Digital menjadi salah satu rekomendasi investasi emas digital yang aman, mudah, dan praktis.

2. Tabungan Emas di Shopee

Masyarakat di Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan platform marketplace seperti Shopee. Selain membeli berbagai barang dari merchant dan toko yang sudah bekerjasama, pengguna Shopee kini dapat berinvestasi emas melalui tabungan emas.

Shopee menyediakan layanan tabungan emas untuk penggunanya. Artinya, pengguna dapat memiliki emas digital yang disimpan pada layanan tersebut.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement