16 Contoh Kata Kerja Aktif dalam Kalimat

Dwi Latifatul Fajri
10 Juni 2022, 16:45
contoh kata kerja aktif
pexels.com
Ilustrasi, menulis kata kerja aktif

Kata kerja aktif dipelajari dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Jenis kata kerja ini membantu dalam pemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar. Dalam sebuah kalimat, ada hubungan antara kata kerja dan kata benda.

Mengutip dari buku EYD & Seputar Kebahasa-Indonesiaan, contoh kata kerja aktif yaitu menulis, menyanyi, mencintai, berdua, makan, pergi, tidur, datang, berkata. Ciri-ciri kata kerja aktif biasanya berawalan me-, ber-, atau tanpa awalan.

Sedangkan kata kerja pasif memiliki ciri-ciri berawalan kata di- atau ter-. Contoh kata kerja pasir yaitu ditinju, dilamar, dimakan, terlena, tertawa, terbawa, dimakan.

Pengertian Kata Kerja Aktif

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata kerja adalah sebuah kata yang menggambarkan sebuah proses, keadaan, atau perbuatan. Dalam struktur kalimat, posisi kata kerja sebagai predikat.

Dalam sebuah kalimat terdapat kumpulan kata kerja, kata sifat, frasa adjektiva, dan kata benda (nomina). Kata kerja ini biasanya diberi imbuhan di awal kalimat, akhir kalimat, dan tengah kalimat.

Mengutip dari gramedia.com, kata kerja aktif dan pasif dibedakan berdasarkan subjek dan predikat. Kata kerja aktif berperan sebagai pelaku atau pihak yang melakukan pada subjek. Sedangkan kata kerja pasif subjeknya dikenai suatu tindakan atau pekerjaan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...