4 Tips Public Speaking untuk Introvert

Berikut public speaking tips untuk orang introvert yang perlu diketahui.
Image title
28 Juni 2022, 10:00
public speaking
Pexels.com/Matheus Bertelli
Ilustrasi, seseorang menyampaikan paparan di depan banyak orang.

Berbicara di depan umum bukanlah hal mudah. Sebab, ada sebagian orang yang masih merasa gugup ketika harus menyampaikan ide dan gagasannya di khalayak umum. Jika sudah begini, maka public speaking tips harus dipelajari.

Bagi orang yang mudah bergaul dan akrab dengan lawan bicaranya, kemungkinan besar ia akan lebih mudah untuk melakukan presentasi di depan banyak orang. Namun, hal demikian akan terasa sulit untuk individu dengan kepribadian introvert.

Sebagai soft skill yang menuntut agar mampu berkomunikasi lancar di hadapan banyak orang, public speaking merupakan sesuatu yang cenderung dihindari oleh seseorang berkepribadian introvert. Hal ini karena, tipe introvert umumnya lebih suka sendiri serta merasa lebih nyaman berada di kelompok kecil.

Jika Anda adalah orang dengan sifat dan kepribadian introvert, simak public speaking tips berikut ini agar Anda mampu melakukan presentasi maupun berbicara di khalayak umum dengan baik.

Advertisement

Mengapa Public Speaking Itu Penting?

Menurut ThoughtCo, public speaking adalah kemampuan seorang pembicara untuk berkomunikasi dengan audiens melalui presentasi lisan. Public speaking juga dikenal dengan sebutan "seni" berpidato.

Hal serupa juga dijelaskan di laman Envato Tuts+, dalam artikelnya disebutkan bahwa public speaking adalah presentasi yang diberikan secara langsung di depan audiens. Pidato publik dapat mencakup berbagai topik yang berbeda. Tujuan public speaking mungkin saja untuk mendidik, menghibur, atau mempengaruhi pendengar.

Dalam prakteknya, seorang pembicara seringkali menggunakan alat bantu visual dalam bentuk tayangan slide presentasi untuk melengkapi pidato. Hal ini membuat penyampaian pesannya akan lebih menarik bagi pendengar.

Di era globalisasi saat ini, kemampuan public speaking sangat dibutuhkan terutama dalam dunia kerja. Seseorang yang mampu menyampaikan ide kreatif dan gagasannya secara lisan, akan mendapat perhatian khusus dari lingkungan pekerjaanya.

Maka dari itu public speaking minimal harus dikuasai oleh seorang karyawan untuk menyampaikan pendapatnya saat rapat dengan atasan atau kliennya.

Dasar dari public speaking adalah komunikasi. Menurut Pancommuications.com, komunikasi adalah tulang punggung masyarakat modern. Dengan komunikasi, Anda bisa mendorong diri sendiri untuk membentuk koneksi, mempengaruhi keputusan, dan memotivasi perubahan. 

Tanpa keterampilan komunikasi, kemampuan untuk maju di dunia kerja dan dalam kehidupan itu sendiri hampir tidak mungkin.

Singkatnya, keterampilan public speaking sangat penting dikuasai. Alasannya adalah bahwa setiap orang menghadapi situasi di mana keterampilan berbicara di depan umum diperlukan. Itu bisa di tempat kerja atau dalam kehidupan pribadi Anda. 

Jadi meskipun Anda adalah seorang introvert, ada baiknya mulai sekarang mempelajari public speaking tips agar kemampuan presentasi di lingkup terkecil pada pekerjaan bisa Anda lakukan sebaik mungkin.

Untuk memberi pemahaman lebih lanjut, menukil Uopeople simak alasan pentingnya public speaking berikut ini:

1. Menarik Perhatian Audiens

Alasan pertama mengapa public speaking itu penting adalah karena tidak peduli sebanyak apapun orang di depan Anda baik di pertemuan sosial, pertemuan bisnis atau audiensi besar di konferensi, Anda pastinya dituntut untuk tampil dan berbicara sebaik mungkin.

Jika menguasai skill public speaking, maka Anda akan mampu memikat minat pendengar dan membuat mereka tertarik untuk menyimak pesan yang Anda sampaikan.

2. Memberi Motivasi

Pada umumnya pembicara publik memotivasi pendengarnya membuat perubahan. Bisa untuk menghentikan atau memulai sesuatu, mencoba sesuatu yang baru, atau mencapai tujuan mereka. 

Apabila Anda memiliki kemampuan public speaking yang baik, maka dalam pekerjaan Anda akan mampu memotivasi rekan kerja untuk melakukan sesuatu ke arah yang mereka inginkan, bisa saja menuangkan ide kreatifnya atau semacamnya. Oleh sebab itu, keterampilan public speaking mesti Anda kuasai.

3. Sarana Menyampaikan Informasi

Sudah jelas sekali kalau tujuan public speaking adalah untuk menyampaikan informasi, terutama yang menjadi topik pembahasan.

Saat Anda menguasai public speaking, maka lawan bicara Anda akan mendengarkan dan lebih mungkin untuk memahami informasi tersebut.

Metode Public Speaking

Secara harfiah public speaking adalah kemampuan untuk berbicara di depan khalayak umum. Bentuknya bisa presentasi atau pidato secara lisan.

Untuk lebih memahaminya, berikut jenis dan metode public speaking yang perlu diketahui sebagaimana dikutip dari Gramedia.com:

1. Metode Impromptu

Metode public speaking yang pertama adalah impromptu. Metode ini merupakan cara melakukan public speaking tanpa menggunakan naskah. Artinya, seorang pembicara akan berbicara secara spontanitas di depan khalayak umum.

2. Metode Reading Manuscript

Sesuai namanya metode reading manuscript adalah public speaking yang dilakukan dengan membaca naskah. 

Biasanya public speaking ini dilakukan pada acara formal, contohnya seperti seorang pejabat yang menyampaikan pidato penting tentang masalah tertentu. Naskahnya berisi teks-teks padat dengan kata-kata tegas, jelas, dan mudah dimengerti oleh audiens.

3. Metode Hafalan

Metode public speaking berikutnya adalah hafalan. Maksudnya yaitu seorang pembicara akan melakukan public speaking dengan menghafal materi pembahasan terlebih dahulu. Sehingga saat berpidato, ia tidak perlu lagi membawa catatan atau semacamnya.

4. Metode Catatan Kecil

Metode terakhir adalah using note atau memakai sebuah catatan kecil. Metode ini memungkinkan seorang pembicara untuk melakukan publik speaking dengan membawa semacam outline yang berisi kisi-kisi atau garis besar atas topik yang ingin disampaikan kepada pendengar.

Setelah memahami urgensi dan metode di atas, Anda bisa langsung menyimak public speaking tips untuk seorang introvert di bawah ini.

Tips Public Speaking untuk Introvert

Istilah kepribadian introvert mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Mengutip dari webmd.com, psikolog bernama Carl Jung memakai istilah introvert dan ekstrovert tahun 1920-an untuk menggambarkan sifat serta kepribadian manusia.

Sebenarnya ada banyak indikator yang bisa mencirikan seseorang memiliki kepribadian introvert. Namun umunya, tipe introvert lebih senang menghabiskan waktu sendiri. Bahkan sebagian orang ada yang menganggap tipe kepribadian ini tidak suka berhubungan sosial dan pendiam.

Kecenderungan yang disebutkan di atas tentunya akan menghambat seseorang dengan kepribadian introvert untuk melakukan public speaking. 

Meski begitu bukan tidak mungkin kalau seorang introvert dapat berbicara di depan umum dengan baik. Jika Anda adalah seorang introvert, simak public speaking tips untuk kepribadian tersebut.

Dilansir dari Duarte.com dan sumber lainnya, berikut public speaking tips untuk seorang introvert berikut ini:

1. Public Speaking adalah Keterampilan 

Public speaking tips pertama untuk introvert adalah Anda harus memahami bahwa berbicara di depan umum merupakan sebuah keterampilan. Ini Artinya, meski seorang introvert Anda tetap bisa mengasah kemampuan public speaking.

Anda harus menyadari bahwa public speaking adalah keterampilan yang harus dipelajari. Jadi untuk meningkatkan skill ini, Anda perlu latihan dan mengevaluasi diri secara teratur. Kemudian meminta saran teman apakah public speaking Anda sudah sesuai atau belum.

Perlu diingat, public speaking tidak melulu berkaitan dengan berbicara pada acara besar saja. Minimal Anda mampu melakukan presentasi dengan baik di hadapan rekan-rekan Anda dalam kelompok kecil.

2. Buat Persona Panggung

Secara umum, perbedaan utama antara ekstrovert dan introvert adalah bahwa introvert cenderung menjadi terlalu "nyaman" dengan suasana tenang dan sepi. Sehingga dia merasa kurang nyaman tampil di depan banyak orang.

Pernahkah Anda berpikir bahwa Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan membuat persona panggung untuk diri Anda sendiri? Jika belum, maka cobalah.

Salah satu public speaking tips ini bisa menjadi metode yang cocok untuk Anda. Saat berbicara di depan umum, anggap saja Anda sedang menjadi aktor yang tampil pada sebuah pertunjukan. Anda bisa mencontoh beberapa gaya berbicara dari pembicara terkenal.

Selain itu Anda juga bisa mencoba menciptakan "sisi lain" dari diri Anda saat melakukan presentasi.

3. Utamakan Audiens

Introvert adalah pendengar yang baik, mereka bisa menyelaraskan dengan kebutuhan orang lain. Hal inilah yang menjadi kekuatan utama Anda saat melakukan public speaking.

Meski public speaking menuntut Anda untuk cakap dalam berbicara, tapi ingat bahwa berbicara di depan umum bukan tentang Anda. Ini tentang audiens. Tugas Anda adalah menjaga mereka agar mampu menyerap pesan yang disampaikan, bukan untuk dinilai atau bahkan menghiburnya. 

Singkatnya Anda bisa memberikan ruang bagi audiens untuk menciptakan suasana yang komunikatif. Buat diri Anda menjadi "pemantik", sehingga mereka tertarik menyimak topik pembahasan Anda.

4. Jadikan Kepribadian "Introvert" sebagai Kelebihan

Tidak semua orang berkepribadian introvert takut berbicara di depan umum. Bahkan sebagian dari mereka mungkin sangat menyukainya. Akan tetapi seorang introvert cenderung takut akan sorotan.

Untuk mengatasi ini, Anda bisa mencoba mencari kelebihan yang dimiliki oleh seorang introvert. Introvert sering digambarkan sebagai pemikir yang berlebihan. Hall ini bisa menjadi aset dan kelebihannya.

Public speaking tips ini merujuk pada bagaimana cara Anda untuk melakukan introspeksi secara teratur. Ini juga dapat memaksa Anda menyiapkan segala hal sebelum melakukan public speaking.

Anda dapat memikirkan dengan cermat pesan dan konteks pembicaraan nanti, lalu menganalisis audiens dalam beberapa minggu sebelumnya.

Contohnya jika Anda akan berbicara tentang sebuah penelitian kepada audiens dari kalangan akademis, maka Anda bisa lebih fokus pada penekanan teori dan metode tertentu, dan ke detail teknis. Jadi Anda dapat menguasai materi lebih baik dan melakukan pembahasan dengan sistematis.

Demikian public speaking tips untuk seorang introvert. Anda dapat mencobanya tips di atas agar mampu melakukan presentasi atau berpidato dengan baik.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait