4 Tips Public Speaking untuk Introvert

Image title
28 Juni 2022, 10:00
public speaking
Pexels.com/Matheus Bertelli
Ilustrasi, seseorang menyampaikan paparan di depan banyak orang.

Berbicara di depan umum bukanlah hal mudah. Sebab, ada sebagian orang yang masih merasa gugup ketika harus menyampaikan ide dan gagasannya di khalayak umum. Jika sudah begini, maka public speaking tips harus dipelajari.

Bagi orang yang mudah bergaul dan akrab dengan lawan bicaranya, kemungkinan besar ia akan lebih mudah untuk melakukan presentasi di depan banyak orang. Namun, hal demikian akan terasa sulit untuk individu dengan kepribadian introvert.

Sebagai soft skill yang menuntut agar mampu berkomunikasi lancar di hadapan banyak orang, public speaking merupakan sesuatu yang cenderung dihindari oleh seseorang berkepribadian introvert. Hal ini karena, tipe introvert umumnya lebih suka sendiri serta merasa lebih nyaman berada di kelompok kecil.

Jika Anda adalah orang dengan sifat dan kepribadian introvert, simak public speaking tips berikut ini agar Anda mampu melakukan presentasi maupun berbicara di khalayak umum dengan baik.

Mengapa Public Speaking Itu Penting?

Menurut ThoughtCo, public speaking adalah kemampuan seorang pembicara untuk berkomunikasi dengan audiens melalui presentasi lisan. Public speaking juga dikenal dengan sebutan "seni" berpidato.

Hal serupa juga dijelaskan di laman Envato Tuts+, dalam artikelnya disebutkan bahwa public speaking adalah presentasi yang diberikan secara langsung di depan audiens. Pidato publik dapat mencakup berbagai topik yang berbeda. Tujuan public speaking mungkin saja untuk mendidik, menghibur, atau mempengaruhi pendengar.

Dalam prakteknya, seorang pembicara seringkali menggunakan alat bantu visual dalam bentuk tayangan slide presentasi untuk melengkapi pidato. Hal ini membuat penyampaian pesannya akan lebih menarik bagi pendengar.

Di era globalisasi saat ini, kemampuan public speaking sangat dibutuhkan terutama dalam dunia kerja. Seseorang yang mampu menyampaikan ide kreatif dan gagasannya secara lisan, akan mendapat perhatian khusus dari lingkungan pekerjaanya.

Maka dari itu public speaking minimal harus dikuasai oleh seorang karyawan untuk menyampaikan pendapatnya saat rapat dengan atasan atau kliennya.

Dasar dari public speaking adalah komunikasi. Menurut Pancommuications.com, komunikasi adalah tulang punggung masyarakat modern. Dengan komunikasi, Anda bisa mendorong diri sendiri untuk membentuk koneksi, mempengaruhi keputusan, dan memotivasi perubahan. 

Tanpa keterampilan komunikasi, kemampuan untuk maju di dunia kerja dan dalam kehidupan itu sendiri hampir tidak mungkin.

Singkatnya, keterampilan public speaking sangat penting dikuasai. Alasannya adalah bahwa setiap orang menghadapi situasi di mana keterampilan berbicara di depan umum diperlukan. Itu bisa di tempat kerja atau dalam kehidupan pribadi Anda. 

Jadi meskipun Anda adalah seorang introvert, ada baiknya mulai sekarang mempelajari public speaking tips agar kemampuan presentasi di lingkup terkecil pada pekerjaan bisa Anda lakukan sebaik mungkin.

Untuk memberi pemahaman lebih lanjut, menukil Uopeople simak alasan pentingnya public speaking berikut ini:

1. Menarik Perhatian Audiens

Alasan pertama mengapa public speaking itu penting adalah karena tidak peduli sebanyak apapun orang di depan Anda baik di pertemuan sosial, pertemuan bisnis atau audiensi besar di konferensi, Anda pastinya dituntut untuk tampil dan berbicara sebaik mungkin.

Jika menguasai skill public speaking, maka Anda akan mampu memikat minat pendengar dan membuat mereka tertarik untuk menyimak pesan yang Anda sampaikan.

2. Memberi Motivasi

Pada umumnya pembicara publik memotivasi pendengarnya membuat perubahan. Bisa untuk menghentikan atau memulai sesuatu, mencoba sesuatu yang baru, atau mencapai tujuan mereka. 

Apabila Anda memiliki kemampuan public speaking yang baik, maka dalam pekerjaan Anda akan mampu memotivasi rekan kerja untuk melakukan sesuatu ke arah yang mereka inginkan, bisa saja menuangkan ide kreatifnya atau semacamnya. Oleh sebab itu, keterampilan public speaking mesti Anda kuasai.

3. Sarana Menyampaikan Informasi

Sudah jelas sekali kalau tujuan public speaking adalah untuk menyampaikan informasi, terutama yang menjadi topik pembahasan.

Saat Anda menguasai public speaking, maka lawan bicara Anda akan mendengarkan dan lebih mungkin untuk memahami informasi tersebut.

Metode Public Speaking

Secara harfiah public speaking adalah kemampuan untuk berbicara di depan khalayak umum. Bentuknya bisa presentasi atau pidato secara lisan.

Untuk lebih memahaminya, berikut jenis dan metode public speaking yang perlu diketahui sebagaimana dikutip dari Gramedia.com:

1. Metode Impromptu

Metode public speaking yang pertama adalah impromptu. Metode ini merupakan cara melakukan public speaking tanpa menggunakan naskah. Artinya, seorang pembicara akan berbicara secara spontanitas di depan khalayak umum.

2. Metode Reading Manuscript

Sesuai namanya metode reading manuscript adalah public speaking yang dilakukan dengan membaca naskah. 

Biasanya public speaking ini dilakukan pada acara formal, contohnya seperti seorang pejabat yang menyampaikan pidato penting tentang masalah tertentu. Naskahnya berisi teks-teks padat dengan kata-kata tegas, jelas, dan mudah dimengerti oleh audiens.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...