5 Cara Meningkatkan Quality Time Bersama Orang Tersayang

Image title
28 Juni 2022, 16:08
quality time
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp.
Ilustrasi, wisata bersama keluarga.

Istilah quality time mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Quality time artinya adalah waktu berkualitas yang dihabiskan bersama keluarga, pasangan, sahabat dan orang terdekat Anda.

Quality time artinya Anda secara sukarela meluangkan waktu bersama dengan orang terdekat tanpa adanya gangguan lain pada saat yang bersamaan. Sehingga hubungan Anda dengan pasangan menjadi lebih dekat.

Advertisement

Di era sekarang banyak masyarakat perkotaan mulai menyadari akan pentingnya quality time. Sebab, quality time artinya waktu yang dihabiskan bersama dengan keluarga dan orang terdekat. Salah satu tujuannya untuk menciptakan rasa kasih sayang yang lebih dalam sekaligus meningkatkan kualitas hubungan, baik itu percintaan maupun persahabatan.

Dalam prakteknya quality time tidak melulu soal berapa lama waktu yang dihabiskan. Alasannya karena inti pada quality time artinya adalah kualitas interaksinya. Jadi yang ditekankan pada quality time yaitu proses untuk meningkatkan kualitas hubungan dengan orang terdekat Anda.

Jika Anda tertarik untuk mencari tahu bagaimana cara meningkatkan quality time bersama orang terdekat, simak artikel ini sampai tuntas. Berikut alasan pentingnya quality time dan cara meningkatkannya.

Apa Itu Quality Time?

Menurut Verywellmind, quality time artinya adalah suasana yang berpusat pada kebersamaan. Ini semua tentang mengekspresikan cinta dan kasih sayang Anda dengan perhatian penuh kepada orang terdekat.

Dalam beberapa literatur disebutkan kalau quality time merupakan salah satu dari lima bahasa cinta yang dikemukakan oleh Gary Chapman. Sebagai bahasa cinta atau love language, quality time artinya sebuah kondisi di mana Anda benar-benar berusaha untuk meningkatkan interaksi dengan orang terdekat Anda.

Menurut Gary Chapman, love language khususnya quality time artinya adalah cara orang berkomunikasi dengan orang yang disayangi. Misalnya menunjukan kasih sayang dengan melakukan kegiatan bersama seperti pergi berlibur ke tempat wisata, menghabiskan waktu di rumah, atau semacamnya.

Kunci utama dari keberhasilan quality time artinya Anda benar-benar terlibat secara aktif satu sama lain. Bukan hanya duduk berdampingan menatap ponsel.

Banyak orang yang salah mengartikan kalau quality time artinya hanya sekedar menghabiskan waktu bersama. Padahal maknanya lebih jauh lagi. Anda sebenarnya menjadikan quality time sebagai sumber validasi terbesar dalam hubungan emosional dan interaksi Anda dengan orang terdekat.

Mengapa Quality Time Itu Penting?

Meluangkan dan menghabiskan waktu bersama dengan pasangan atau keluarga adalah hal yang sangat penting. Terutama jika Anda jarang sekali berkomunikasi dengan mereka.

Ada banyak faktor yang dapat membuat seseorang tidak punya banyak waktu dengan keluarga atau pasangannya. Misalnya kesibukan pekerjaan atau semacamnya. Bahkan tidak jarang keberadaan gadget di sekitar Anda bisa mengurangi kualitas kebersamaan dengan orang terdekat.

Contohnya saat beberapa orang duduk bersama, mereka biasanya akan lebih sibuk berselancar di dunia maya. Kurangnya kualitas hubungan dengan orang di sekitarnya ini dapat membuat mereka merasa kosong dan sendirian.

Pada intinya ada beberapa alasan mengapa quality time itu penting, antara lain:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement