5 Cara Meningkatkan Quality Time Bersama Orang Tersayang

Quality time artinya adalah waktu berkualitas. Berikut cara untuk meningkatkan quality time yang dihabiskan bersama keluarga, pasangan, sahabat dan orang terdekat Anda.
Image title
28 Juni 2022, 16:08
quality time
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp.
Ilustrasi, wisata bersama keluarga.

Istilah quality time mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Quality time artinya adalah waktu berkualitas yang dihabiskan bersama keluarga, pasangan, sahabat dan orang terdekat Anda.

Quality time artinya Anda secara sukarela meluangkan waktu bersama dengan orang terdekat tanpa adanya gangguan lain pada saat yang bersamaan. Sehingga hubungan Anda dengan pasangan menjadi lebih dekat.

Di era sekarang banyak masyarakat perkotaan mulai menyadari akan pentingnya quality time. Sebab, quality time artinya waktu yang dihabiskan bersama dengan keluarga dan orang terdekat. Salah satu tujuannya untuk menciptakan rasa kasih sayang yang lebih dalam sekaligus meningkatkan kualitas hubungan, baik itu percintaan maupun persahabatan.

Dalam prakteknya quality time tidak melulu soal berapa lama waktu yang dihabiskan. Alasannya karena inti pada quality time artinya adalah kualitas interaksinya. Jadi yang ditekankan pada quality time yaitu proses untuk meningkatkan kualitas hubungan dengan orang terdekat Anda.

Advertisement

Jika Anda tertarik untuk mencari tahu bagaimana cara meningkatkan quality time bersama orang terdekat, simak artikel ini sampai tuntas. Berikut alasan pentingnya quality time dan cara meningkatkannya.

Apa Itu Quality Time?

Menurut Verywellmind, quality time artinya adalah suasana yang berpusat pada kebersamaan. Ini semua tentang mengekspresikan cinta dan kasih sayang Anda dengan perhatian penuh kepada orang terdekat.

Dalam beberapa literatur disebutkan kalau quality time merupakan salah satu dari lima bahasa cinta yang dikemukakan oleh Gary Chapman. Sebagai bahasa cinta atau love language, quality time artinya sebuah kondisi di mana Anda benar-benar berusaha untuk meningkatkan interaksi dengan orang terdekat Anda.

Menurut Gary Chapman, love language khususnya quality time artinya adalah cara orang berkomunikasi dengan orang yang disayangi. Misalnya menunjukan kasih sayang dengan melakukan kegiatan bersama seperti pergi berlibur ke tempat wisata, menghabiskan waktu di rumah, atau semacamnya.

Kunci utama dari keberhasilan quality time artinya Anda benar-benar terlibat secara aktif satu sama lain. Bukan hanya duduk berdampingan menatap ponsel.

Banyak orang yang salah mengartikan kalau quality time artinya hanya sekedar menghabiskan waktu bersama. Padahal maknanya lebih jauh lagi. Anda sebenarnya menjadikan quality time sebagai sumber validasi terbesar dalam hubungan emosional dan interaksi Anda dengan orang terdekat.

Mengapa Quality Time Itu Penting?

Meluangkan dan menghabiskan waktu bersama dengan pasangan atau keluarga adalah hal yang sangat penting. Terutama jika Anda jarang sekali berkomunikasi dengan mereka.

Ada banyak faktor yang dapat membuat seseorang tidak punya banyak waktu dengan keluarga atau pasangannya. Misalnya kesibukan pekerjaan atau semacamnya. Bahkan tidak jarang keberadaan gadget di sekitar Anda bisa mengurangi kualitas kebersamaan dengan orang terdekat.

Contohnya saat beberapa orang duduk bersama, mereka biasanya akan lebih sibuk berselancar di dunia maya. Kurangnya kualitas hubungan dengan orang di sekitarnya ini dapat membuat mereka merasa kosong dan sendirian.

Pada intinya ada beberapa alasan mengapa quality time itu penting, antara lain:

 

1. Meningkatkan Hubungan Emosional

Pengertian sederhana dari quality time adalah kebersamaan yang dilakukan dengan orang terdekat dalam waktu tertentu. Dimana interaksi dilakukan dengan sangat intens dan bisa meningkatkan hubungan emosional.

Salah satu contohnya bisa dilihat saat ada satu keluarga yang pergi piknik di sebuah taman. Biasanya mereka akan bercengkrama, mengobrol banyak hal, dan sebagainya.

2. Menunjukan Kepedulian

Kesibukan pekerjaan tentunya akan menyita banyak waktu. Sehingga Anda jarang berinteraksi dengan orang terdekat dan membuat hubungan tersebut jadi merenggang.

Quality time artinya Anda meluangkan waktu untuk bersama dengan orang terdekat. Dengan menyisihkan waktu luang, Anda dapat menunjukan kepedulian dan rasa sayang Anda kepada keluarga, pasangan, atau teman.

3. Menjaga Kesehatan Mental dan Mengurangi Stres 

Menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang terdekat bisa menjadi cara untuk mengurangi stres dan menjaga kesehatan mental Anda. Sebab, interaksi dan komunikasi dengan orang terdekat dapat menjadi support system terbaik untuk Anda.

Cara Meningkatkan Quality Time dengan Orang Tersayang

Ada banyak sekali kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk quality time bersama orang terdekat seperti menonton televisi di rumah, piknik di sebuah taman, pergi berlibur, dan lain sebagainya.

Lebih lanjut berikut cara meningkatkan quality time dengan orang tersayang:

1. Batasi Penggunaan Gadget 

Saat bersama dengan orang terdekat biasakan untuk menyimpan ponsel Anda. Hal ini sangat berperan penting dalam meningkatkan kualitas kebersamaan.

Tidak ada yang lebih menyakitkan bagi siapapun yang memiliki quality time selain berbagi sesuatu yang mereka rasa sangat penting, namun orang yang bersamanya justru sibuk dengan gawainya.

2. Fokus Pada Kualitas, Bukan Kuantitas

Ketika berbicara tentang quality time, ini bukan tentang jumlah waktu yang Anda habiskan bersama, tetapi kualitas interaksi Anda. Maksudnya adalah Anda bisa lebih meluangkan beberapa menit untuk percakapan yang bermakna.

Hal tersebut dapat menjadi cara yang bagus untuk menunjukkan kepada orang yang Anda cintai bahwa Anda peduli. Kuncinya Anda meluangkan waktu untuk menikmati kebersamaan satu sama.

3. Rencanakan Kegiatan untuk Quality Time

Meski bukan sesuatu yang wajib, namun tidak ada salahnya bagi Anda merencanakan rencana kegiatan untuk quality time bersama orang terdekat. Merencanakan untuk melakukan sesuatu bersama orang terdekat bisa menyenangkan dan mengasyikkan, sehingga waktu yang dihabiskan jadi lebih bermakna.

4. Menjadi Pendengar yang Baik

Saat menghabiskan waktu dengan orang tersayang, biasakan untuk menjadi pendengar yang baik dan jangan menjadi dominan saat melakukan pembicaraan. Waktu yang berkualitas bisa didapatkan saat Anda dan pasangan melakukan interaksi dua arah.

5. Membuat Kontak Mata

Dalam quality time, kontak mata adalah pintu gerbang untuk membuka interaksi dan komunikasi yang hangat dengan pasangan Anda. Faktanya, mempertahankan kontak mata memberi tahu pasangan Anda bahwa mereka memiliki perhatian penuh dari Anda, yang akan membuat mereka merasa dicintai, penting, dan dipahami.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait