Mengenal Infografis, Kegunaan dan Jenis-jenisnya

Infografis adalah representasi visual dari segala jenis informasi atau data yang dibuat menjadi satu dengan elemen visual.
Image title
6 Juli 2022, 11:16
infografis
unspalsh.com
Ilustrasi, seseorang sedang membaca informasi yang disajikan melalui infografis.

Infografis adalah sebuah sarana untuk menyampaikan data dan dipadukan dengan berbagai macam objek visual. Fungsi utama dari infografis yaitu membuat audiens tertarik sehingga mereka mau menyimak data yang disajikan.

Dalam berbagai bidang industri, khususnya yang berkaitan dengan media, public relations, sampai para analisis data di sebuah perusahaan sangat membutuhkan infografis. Sebab, infografis adalah alat campaign yang tepat untuk menarik minat audiens.

Infografis sering menjadi pilihan utama dalam proses penyampaian informasi. Sebab, sebagai konten visual, infografis yang berisi rangkuman data serta informasi dapat lebih mudah menyampaikan pesan kepada publik. Semakin menarik dan bagus desain infografis, maka kemungkinan konten tersebut mendapat tanggapan positif dari audiens jadi lebih besar.

Untuk memahami apa itu infografis, simak penjelasan tentang infografis berikut ini:

Advertisement

Pengertian Inforgrafis

Infografis berasal dari bahasa Inggris yaitu infographic. Secara harfiah, infografis dapat diartikan sebagai kombinasi gambar dan penjelasan data yang disajikan secara grafis.

Menurut Arimetics, infografis adalah representasi informasi dalam bentuk grafik yang dirancang untuk membuat data mudah dipahami secara sekilas. Maksud dari penjelasan ini yaitu informasi disajikan dengan cara yang lebih sederhana sekaligus memfasilitasi pemahaman topik yang sedang dibahas.

Infografis adalah salah satu teknik komunikasi yang saat ini sedang berkembang, dan banyak digunakan oleh hampir semua kalangan profesional. Alasannya, karena kecepatannya dalam menyiratkan konsep melalui grafik, ilustrasi, dan audiens tidak perlu membaca teks dalam jumlah banyak.

Menambahkan konten infografis adalah sebuah pilihan yang sangat tepat untuk menyampaikan sebuah informasi. Terlebih lagi objek visual yang ada pada infografis dapat memudahkan pembaca untuk menangkap dan memahami isi dari konten tersebut.

Mengutip jurnal berjudul “Desain Infografis Sebagai Penyajian Data Menarik”, dijelaskan bahwa penggunaan infografis adalah bisa digunakan dan diaplikasikan pada presentasi, laporan tahunan, konten penelitian, blog, dan newsletter. Infografis seringkali sangat efektif menjelaskan cerita yang terlalu membosankan jika diuraikan melalui kata-kata.

Masih merujuk sumber yang sama, secara umum istilah infografis adalah grafik informasi yang dirancang oleh seorang desainer dengan mengkombinasikan antara ranah berita ke piranti lunak komputer atau digital. Tujuan tentu untuk menjelaskan cerita berupa informasi yang tidak dapat diceritakan oleh teks dan foto. 

Singkatnya infografis adalah representasi visual dari segala jenis informasi atau data yang dibuat menjadi satu dengan elemen visual. Kemudahan untuk menarik minat audiens ini juga menjadi salah satu kelebihan dari infografis ketimbang model penyampaian informasi lainnya.

Kegunaan Infografis

Seiring berjalannya waktu penggunaan infografis kian populer. Seseorang dapat menemukan konten infografis di platform mana saja, baik itu situs berita maupun media sosial.

Alasan utama mengapa infografis digunakan di mana-mana yaitu karena konten ini dapat mengkomunikasikan informasi kompleks dengan cara yang menarik secara visual. Oleh sebab itu Infografis adalah alat yang berharga untuk komunikasi visual . 

Infografis kreatif yang paling unik secara visual seringkali sangat efektif guna menarik perhatian audiens. Tetapi penting untuk diingat bahwa visual dalam infografis harus lebih dari sekadar kumpulan objek yang teratur.

Berikut sejumlah alasan kenapa infografis saat ini penting sekali untuk berbagai keperluan penyampaian data dan informasi:

  • Mengilustrasikan data: infografis adalah alat yang tepat untuk menyampai data kompleks kepada audiens. Sebab infografis umumnya menyajikan statistik, fakta, dan angka secara visual menggunakan bagan, grafik, serta alat grafik lainnya.
  • Menyederhanakan subjek yang kompleks: infografis adalah alat untuk menjelaskan konsep yang sulit dengan bantuan ilustrasi dan isyarat visual.
  • Menggambar perbandingan: infografis bisa membandingkan secara visual dua atau lebih suatu hal yang menjadi topik pembahasan.
  • Menciptakan kesadaran dan ketertarikan: karena konsepnya mudah dipahami, maka penggunaan infografis dapat menciptakan ketertarikan audiens terhadap topik yang sedang dibahas.
  • Meringkas konten yang lebih panjang: kehadiran infografis sudah banyak mengubah konten video panjang, posting blog, dan laporan menjadi lebih ringkas serta mudah dipahami.

Jenis-jenis Infografis

Pada umumnya infografis adalah media yang dapat berguna di hampir semua industri. Menurut Venngage.com, berikut  beberapa jenis infografis ditinjau dari segi penggunaannya:

  • Infografis untuk Pemasaran

Salah satu kegunaan dari infografis adalah untuk membangun kesadaran merek dan meningkatkan keterlibatan antara audiens tentang topik penting bagi perusahaan.

  • Infografis untuk Konsultasi dan Freelancer

Jenis infografis ini biasanya dipakai untuk untuk memvisualisasikan garis waktu proyek dan untuk menyederhanakan topik baru atau khusus industri kepada klien mereka.

  • Infografis untuk Bisnis Kecil dan Kewirausahaan

Infografis adalah alat yang efektif untuk menjangkau audiens baru dan meningkatkan brand awareness, dari produk yang dihasilkan oleh usaha kecil dan pengusaha.

  • Infografis Pemerintah

Pemerintah menggunakan infografis untuk menyampaikan informasi berupa statistik dan data sensus. Pemerintah juga dapat menggunakan infografis untuk menyebarkan informasi kesehatan yang bermanfaat, seperti infografis vaksin yang mempromosikan informasi vaksin yang akurat.

  • Infografis Nirlaba

Organisasi nirlaba menggunakan infografis untuk mempromosikan acara dan meningkatkan kesadaran akan tujuan mereka. Infografis juga bisa digunakan untuk menunjukkan upaya penggalangan dana.

  • Infografis Pendidikan

Jenis terakhir dari infografis adalah di bidang pendidikan. Biasanya lembaga pendidikan atau seorang pengajar menggunakan infografis  untuk membuat konten lebih berkesan bagi siswanya.

Demikian pembahasan tentang apa itu infografis dan alasan kenapa penggunaannya sangat penting untuk era sekarang. Infografis dapat berguna kapanpun saat seseorang perlu mengkomunikasikan informasi dengan cepat serta mudah dipahami.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait