Mengenal Infografis, Kegunaan dan Jenis-jenisnya

Image title
6 Juli 2022, 11:16
infografis
unspalsh.com
Ilustrasi, seseorang sedang membaca informasi yang disajikan melalui infografis.

Infografis adalah sebuah sarana untuk menyampaikan data dan dipadukan dengan berbagai macam objek visual. Fungsi utama dari infografis yaitu membuat audiens tertarik sehingga mereka mau menyimak data yang disajikan.

Dalam berbagai bidang industri, khususnya yang berkaitan dengan media, public relations, sampai para analisis data di sebuah perusahaan sangat membutuhkan infografis. Sebab, infografis adalah alat campaign yang tepat untuk menarik minat audiens.

Infografis sering menjadi pilihan utama dalam proses penyampaian informasi. Sebab, sebagai konten visual, infografis yang berisi rangkuman data serta informasi dapat lebih mudah menyampaikan pesan kepada publik. Semakin menarik dan bagus desain infografis, maka kemungkinan konten tersebut mendapat tanggapan positif dari audiens jadi lebih besar.

Untuk memahami apa itu infografis, simak penjelasan tentang infografis berikut ini:

Pengertian Inforgrafis

Infografis berasal dari bahasa Inggris yaitu infographic. Secara harfiah, infografis dapat diartikan sebagai kombinasi gambar dan penjelasan data yang disajikan secara grafis.

Menurut Arimetics, infografis adalah representasi informasi dalam bentuk grafik yang dirancang untuk membuat data mudah dipahami secara sekilas. Maksud dari penjelasan ini yaitu informasi disajikan dengan cara yang lebih sederhana sekaligus memfasilitasi pemahaman topik yang sedang dibahas.

Infografis adalah salah satu teknik komunikasi yang saat ini sedang berkembang, dan banyak digunakan oleh hampir semua kalangan profesional. Alasannya, karena kecepatannya dalam menyiratkan konsep melalui grafik, ilustrasi, dan audiens tidak perlu membaca teks dalam jumlah banyak.

Menambahkan konten infografis adalah sebuah pilihan yang sangat tepat untuk menyampaikan sebuah informasi. Terlebih lagi objek visual yang ada pada infografis dapat memudahkan pembaca untuk menangkap dan memahami isi dari konten tersebut.

Mengutip jurnal berjudul “Desain Infografis Sebagai Penyajian Data Menarik”, dijelaskan bahwa penggunaan infografis adalah bisa digunakan dan diaplikasikan pada presentasi, laporan tahunan, konten penelitian, blog, dan newsletter. Infografis seringkali sangat efektif menjelaskan cerita yang terlalu membosankan jika diuraikan melalui kata-kata.

Masih merujuk sumber yang sama, secara umum istilah infografis adalah grafik informasi yang dirancang oleh seorang desainer dengan mengkombinasikan antara ranah berita ke piranti lunak komputer atau digital. Tujuan tentu untuk menjelaskan cerita berupa informasi yang tidak dapat diceritakan oleh teks dan foto. 

Singkatnya infografis adalah representasi visual dari segala jenis informasi atau data yang dibuat menjadi satu dengan elemen visual. Kemudahan untuk menarik minat audiens ini juga menjadi salah satu kelebihan dari infografis ketimbang model penyampaian informasi lainnya.

Kegunaan Infografis

Seiring berjalannya waktu penggunaan infografis kian populer. Seseorang dapat menemukan konten infografis di platform mana saja, baik itu situs berita maupun media sosial.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...