Asesmen Nasional Adalah Program Evaluasi Pendidikan, Ini Penjelasannya

Dwi Latifatul Fajri
6 Juli 2022, 16:16
asesmen nasional adalah
ANTARA FOTO/Maulana Surya/foc.
Ilustrasi, siswa sekolah dasar (SD) mengerjakan ujian asesmen kompetensi minimal numerasi.

Asesmen nasional adalah sebuah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud. Asesmen Nasional tidak berperan sebagai pengganti Ujian Nasional (UN). Tetapi, program ini untuk siswa dari jenjang SD, SMP, hingga SMA yang dilakukan secara daring. 

Mengutip dari indonesiabaik.id, asesmen nasional adalah pemetaan mutu pendidikan untuk seluruh sekolah. Program asesmen nasional terdiri dari input, proses, dan hasil.

Tujuan utama program asesmen nasional ini untuk perbaikan mutu dan hasil belajar peserta didik. Selain itu asesmen nasional penting untuk pengembangan pembelajaran dan mengurangi kesenjangan sistem pendidikan. Tujuan lain dari asesmen nasional untuk pengembangan karakter dan kompetensi siswa.

Pengertian Asesmen Nasional

Asesmen Nasional adalah program penilaian mutu pembelajaran untuk sekolah, madrasah, dan program kesetaraan jenjang dasar dan menengah. Mengutip dari kemdikbud.go.id, mutu satuan pendidikan berdasarkan hasil belajar siswa seperti literasi, numerasi, dan karakter.

Asesmen Nasional berperan sebagai pengganti ujian nasional. Tetapi, Asesmen nasional digunakan sebagai sumber informasi dan evaluasi mutu sistem pendidikan.

Ada 3 bagian Asesmen Nasional yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survei karakter, dan survei lingkungan belajar. Berikut penjelasannya:

1. Asesmen Kompetensi Minimum

Dapat mengukur literasi membaca dan matematika (numerasi) siswa.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...