Cara Membuat Grafik di Word dan Beberapa Trik Lainnya

Image title
21 Juli 2022, 15:09
cara membuat grafik di Word
Startup Stock Photos/Pexels
Ilustrasi, seseorang bekerja menggunakan perangkat laptop.

Cara membuat grafik di word adalah salah satu trik yang penting untuk diketahui. Sebab, menyisipkan grafik akan membuat data berbentuk angka menjadi lebih mudah dipahami oleh pembaca lewat tampilannya yang sederhana.

Definisi Grafik

Pengguna Microsoft Word tidak hanya dimudahkan dalam membuat dokumen berupa teks atu gambar, tetapi juga grafik dan gambar. Grafik data visual merupakan alternatif bagus dalam menyampaikan informasi selain lewat kata-kata.

Grafik adalah kumpulan data dari beberapa tabel yang disajikan dalam bentuk gambar, seperti persegi, tabung, lingkaran, kerucut, dan sebagainya.

Menurut Harper (1988:42), grafik adalah alat untuk menyampaikan data berupa garis atau kurva yang menghubungkan satu variabel dengan variabel yang lain.

Secara umum, grafik dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yakni grafik batang, grafik garis, dan grafik lingkaran.

  • Grafik batang: Menampilkan beberapa data dalam bentuk batang. Histogram merupakan yang paling sederhana dan mudah dipahami. Grafik ini kerap digunakan untuk menunjukan perbedaan tingkat nilai dari beberapa aspek pada sebuah data. Panjang grafik batang merepresentasikan persentase atau banyaknya data, sedangkan lebarnya sama.
  • Grafik baris: Menggambarkan beberapa data dalam bentuk garis atau kurva. Grafik jenis ini dipakai untuk menggambarkan suatu perkembangan atau perubahan data dari waktu ke waktu. Terdapat dua sumbu utama dalam grafik garis, yakni sumbu X (waktu pengamatan) dan sumbu Y (nilai dari hasil pengamatan pada waktu-waktu tertentu. Waktu dan hasil pengamatan dibuat dengan titik-titik pada bidang XY, yang selanjutnya titik yang berdekatan dihubungkan dengan garis, sehingga menghasilkan grafik garis.
  • Grafik lingkaran: Menggambarkan data dalam bentuk lingkaran. Grafik ini digunakan untuk menunjukan persentase nilai total dari suatu data.

Cara Membuat Grafik di Word

Cara membuat grafik di Word tidak beda jauh untuk semua versi software pengolah kata ini, baik yang ada di Windows maupun macOS. Cara ini juga berlaku untuk berbagai versi, mulai dari edisi 2010 sampai yang terbaru.

Berikut langkah-langkahnya:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...