Mengenal Fitur Mail Merge di Microsoft Word dan Cara Membuatnya

Image title
26 Juli 2022, 10:46
mail merge
pixabay.com
Ilustrasi, seseorang bekerja menggunakan Microsoft Word.

Mail merge adalah salah satu fitur yang bisa digunakan untuk membuat surat, sertifikat, undangan, serta dokumen lain secara lebih ringkas. Fitur ini bisa ditemukan dengan mudah pada aplikasi pengolah kata atau angka seperti microsoft word dan excel.

Pada umumnya merge mail adalah fitur yang memungkinkan pengguna microsoft word menyusun dasar pesan, menyisipkan nama, dan membuat semua huruf sekaligus. Bagian yang bagus tentang fitur ini yaitu pengguna dapat menggunakan daftar yang ada atau membuatnya dengan cepat. 

Tidak hanya itu, pengguna microsoft word dapat menyesuaikan berbagai bagian surat dan menggunakan gabungan untuk label atau amplop selain email dan surat. Guna memahami lebih lanjut apa itu fitur mail merge dan bagaimana cara menggunakannya di word, simak pembahasannya berikut ini.

Definisi Fitur Mail Merge

Belakangan ini aktivitas bisnis mulai merambah ke dunia digital. Banyak perusahan di skala menengah mulai menugaskan karyawannya untuk membuat berbagai dokumen khusus guna urusan bisnis semacam ini.

Dokumen yang dibuat itu terkadang harus dibuat dalam jumlah yang banyak. Salah satu cara untuk mempermudah pekerjaan tersebut yaitu memanfaatkan fitur mail merge.

Seperti disebutkan sebelumnya, mail merge adalah sebuah fitur di microsoft word yang berfungsi untuk membuat surat atau dokumen tertentu dalam jumlah banyak dengan format sama. Kelebihan lainnya dari fitur ini, penggunanya dapat mengirimkan dokumen ke banyak pengguna.

Dalam bahasa Indonesia istilah mail merge adalah memiliki arti surat masal. Dengan melihat artinya saja tentu kita sadar bahwa fitur ini digunakan untuk membuat dokumen seperti surat atau semacamnya dengan jumlah lebih dari satu. Pengguna microsoft word bisa memakai fitur ini guna memudahkan pekerjaan mereka.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...