Menilik 3 Samudra Terbesar di Dunia Beserta Karakteristiknya

Image title
26 Juli 2022, 15:13
samudra terbesar di dunia.
Pexels.com/Sebastian Voortman
Ilustrasi, samudra

Sebagai tempat yang dikenal dengan julukan planet air, sekitar 361,1 juta kilometer persegi (km2) atau 71% luas permukaan bumi merupakan samudra dan lautan. Samudra adalah lautan yang terbentuk dari massa air asin yang membentang luas.

Berdasarkan buku "Ensiklopedia Kelautan dan Perikanan" oleh Yvonne Idrajati Pattinaja dkk, rata-rata kedalaman samudra tersebut mencapai 3.790 meter.

Di bumi, terdapat lima samudra. Masing-masing samudra dibatasi oleh benua atau kepulauan besar.

Apa Itu Samudra?

Mengutip Gramedia, perairan asing yang memiliki ukuran atau volume air luas disebut laut. Apabila ukurannya melampaui luas laut maka disebut sebagai samudra. Samudra merupakan kumpulan beberapa laut yang menjadi satu sehingga membentuk bentangan air yang sangat luas.

Kata samudra berasal dari bahasa sansekerta yang berarti laut. Meneruskan The Free Dictionary", samudra merupakan seluruh wadah air asin yang mencakup lebih dari 70 persen ada di permukaan bumi. Menurut The Britannica, apabila samudra dipantau dari luar angkasa, akan jelas terlihat bahwa samudra mendominasi permukaan bumi.

Samudra terbentuk melalui serangkaian fenomena alam yang berlangsung pada 4,4 miliar tahun lalu. Di masa itu, bumi mengalami perubahan bentuk akibat letusan gunung api, sehingga permukaan bumi terselimuti oleh debu vulkanik.

Debu vulkanik tersebut mencegah cahaya matahari masuk ke bumi, sehingga terjadi penumpukan uap air yang mestinya menjadi air hujan. Penumpukan uap tersebut selanjutnya menjadi atmosfer yang terkondensasi sehingga menjadi hujan.

Karena bentuk permukaan bumi berubah, air hujan yang turun memenuhi cekungan di bumi, hingga terbentulah lautan di bumi.

Samudra memiliki banyak manfaat bagi kelangsungan hidup mahluk hidup di bumi, di antaranya sebagai tempat bagi manusia mencari penganan, sebagai pembatas wilayah antarnegara, sebagai cadangan air bersih, tempat sumber daya alam, tempat penelitian, tempat konservasi, jalur perdagangan, dan sarana transportasi untuk kapal berlayar.

3 Samudra Terbesar di Dunia

Dari lima samudra yang ada, terdapat tiga samudra terbesar di dunia. Meneruskan dataindonesia.id dan beberapa sumber terkait lainnya, berikut tiga samudra terbesar di dunia.

1. Samudra Pasifik

Mengutip Live Science, Samudra terluas pertama ialah Samudra Pasifik. Meliputi sepertiga permukaan bumi, Samudra Pasifik memiliki luas sekitar 165,2 juta km2.

Kata Pasifik berasal dari bahasa Spanyol, Pacifico, yang berarti tenang. Nama ini diberikan oleh seorang penjelajah Portugis, Fernando de Magelhaens, pada 1520.

Samudra ini membentang di antara Asia, Australia, belahan bumi bagian barat, dan Samudra Selatan. Menurut perkiraan Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA) Amerika Serikat, Samudra Pasifik memiliki usia 200 juta tahun.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...