6 Daftar Gaji Pemain Bola Termahal di Indonesia 2022

Dwi Latifatul Fajri
29 Agustus 2022, 16:18
gaji pemain bola termahal di Indonesia 2022
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/tom.
Ilustrasi, pesepak bola Timnas U-23 Marc Klok, yang merupakan pemain sepak bola dengan gaji termahal di Indonesia 2022.

Pemain bola terkaya di Indonesia tercermin dari kontribusi pemain di sebuah klub. Perbedaan gaji yang diterima para pemain berdasarkan usia, keterampilan, pengalaman, dan kontribusi pemain.

Kualitas dan penampilan seorang pemain berbanding lurus dengan nilai pasar yang menjadi acuan klub. Hal ini menjadi modal pemain sepak bola untuk nilai kontrak dan besaran gaji yang didapatkan. Berikut daftar gaji pemain sepak bola termahal.

Gaji Pemain Bola Termahal di Indonesia 2022

1. Marc Klok

Marc Klok merupakan pemain naturalisasi dari Belanda. Marc Klok menjadi pemain Persib Bandung untuk memasuki Liga 1. Berdasarkan situs transfermarkt.co.id, Marc Klock menempati urutan teratas dalam daftar gaji pemain bola termahal di Indonesia 2022 dengan nilai transfer senilai Rp 7,8 miliar. Marc menjadi pemain dengan skor tertinggi dan membawa Persija ke Piala Menpora.

2. Stefano Lilipaly

Peringkat kedua dalam daftar gaji pemain bola termahal di Indonesia 2022 adalah Stefano Lilipaly, yang merupakan pemain Borneo FC. Gaji pemain ini tercatat sekitar Rp 6,8 miliar. Pada 2019, Stefano Lilipaly mengantarkan Bali United menjadi juara Liga 1 Indonesia.

3. Pratama Arhan

Peringkat ketiga gaji pemain bola termahal di Indonesia 2022 adalah Pratama Arhan, yang saat ini bermain untuk Tokyo Verdy. Sebelumnya, Pratama bermain di PSIS Semarang dan membela Timnas Indonesia di AFF 2020. Nilai Pratama saat ini, adalah sebesar Rp 5,65 miliar.

4. Ezra Walian

Peringkat keempat dalam daftar gaji pemain bola termahal di Indonesia 2022 adalah Ezra Walian. Ia sebelumnya merupakan pemain PSM Makassar, yang kemudian pindah menjadi pemain Persib Bandung. Nilai Ezra Walian saat ini ditaksir sebesar Rp 4,78 miliar. Ia sempat menempati urutan tertinggi tahun lalu, dengan nilai sebesar Rp 5,65 miliar.

5. Evan Dhimas

Evan Dimas menjadi pemain di Arema FC liga 1. Evan bergabung di Arema FC pada j1 April 2022. Nilai pasaran Evan Dimas ditaksir senilai Rp 4,35 miliar.

6. Febri Hariyadi

Febri Hariyadi menjadi pemain Persib Bandung. Gaji pemain Persib ini, tercatat sebesar Rp 3,91 miliar berdasarkan data dari transfermarkt.co.id yang diperbarui pada 22 Juli 2022.

Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...