4 Cara Membuat Link Google Drive Termudah

Image title
2 September 2022, 20:52
cara membuat link Google Drive
Firmbee/Pixabay
Ilustrasi, seseorang sedang mengakses Google melalui laptop.

Cara membuat link Google Drive bisa membantu pekerjaan Anda. Sebab, platform penyimpanan yang dikembangkan oleh Google ini dapat membagikan berbagai macam file dalam satu media penyimpanan.

Secara umum, cara membuat link Google Drive bisa dilakukan menggunakan beberapa metode. Sebagai contoh, Anda bisa mengizinkan file di Google Drive untuk dirubah dan diedit oleh pengguna lainnya.

Google Drive menyediakan fitur berbagi file agar penggunanya bisa menggunakannya secara praktis. Namun, agar file itu dapat diakses oleh pengguna lain, Anda harus mengetahui terlebih dahulu cara membuat link Google Drive.

Bagaimana cara membuat link Google Drive yang mudah? Berikut rangkumannya.

Sekilas tentang Google Drive

Google Drive adalah platform penyimpanan yang dikembangkan oleh Google. Cukup terhubung ke jaringan internet, maka penggunanya bisa memakai Google Drive untuk menyimpan berbagai macam secara gratis. 

Selain gratis, Google Drive menyediakan kapasitas penyimpanan untuk penggunanya sampai 15GB. Jika Anda berlangganan kapasitasnya bisa diperluas.

Jenis file yang bisa disimpan ke Google Drive umumnya sangat beragam. Pasalnya, Google Drive sendiri mendukung dan memungkinkan Anda menyimpan berbagai jenis file seperti foto, video, audio, dokumen, serta lainnya.

Sistem penyimpanan Google Drive bisa diakses di perangkat komputer atau laptop. Untuk mengaksesnya, pengguna cukup melakukan login memakai akun Google (Gmail).

Khusus untuk smartphone berbasis Android, umumnya Google Drive sudah menjadi aplikasi bawaan di dalam sistemnya. Apabila Anda ingin menyimpan sejumlah file, Anda bisa tinggal membukanya di ponsel Anda.

Biasanya aplikasi bawaan seperti Google Drive sudah terhubung secara otomatis dengan akun Gmail milik Anda. Oleh karenanya, Anda bisa memakai platform tersebut untuk berbagai keperluan.

Fungsi Google Drive yang utama memang untuk menyimpan berbagai jenis file. Namun, aplikasi ini juga punya kegunaan lain yang tidak kalah penting. Contohnya sebagai sarana backup data, mengedit file, sampai berbagi file ke pengguna lain.

Berbicara soal berbagi file, Anda bisa melakukan hal tersebut tanpa perlu membuat konfigurasi rumit. Cukup dengan membuat sebuah link saja.

Cara membuat link Google Drive sendiri sebenarnya sangat mudah. Namun sebelum membuat link, pahami dulu beberapa langkah yang diuraikan berikut ini.

Cara Membuat Link Google Drive Termudah 

Membuat link Google Drive akan sangat mudah dipahami jika Anda menyimak langkah-langkah di bawah ini:

1. Masuk ke Google Drive

Cara membuat link Google Drive yang harus Anda lakukan pertama kali adalah membuka platform tersebut. Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, Anda bisa membuka Google Drive di perangkat laptop dan ponsel pintar.

Untuk ponsel pintar, Anda bisa membukanya secara langsung. Sedangkan bagi perangkat komputer atau laptop, Anda bisa mengaksesnya laman drive.google.com.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...