Mengenal Lalove, Alat Musik Tradisional Asal Sulawesi Tengah

Tifani
Oleh Tifani
5 September 2022, 08:36
alat musik tradisional
Dok. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Lalove, alat musik tradisional asal Sulawesi Tengah

Alat musik Lalove merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Sulawesi Tengah, tepatnya dari Suku Kaili. Lalove termasuk alat musik tiup yang serupa dengan suling, namun lebih panjang. Alat musik tradisonal Lalove dapat menghasilkan lima nada mayor.

Bagi masyarakat Suku Kaili, Lalove tidak hanya sekedar alat musik tradisional biasa. Mereka menganggap Lalove sebagai alat musik yang memiliki nilai kesakralan, yakni dipercaya dapat menyembuhkan penyakit. Dilansir dari lama kemdikbud.go.id, Lalove dapat diartikan sebagai siulan yang terdengar dari kejauhan.

Kisah di Balik Lalove

Meskipun tidak diketahui secara pasti kapan alat musik Lalove pertama kali dibuat. Namun, alat tradisional musik ini diperkirakan sudah ada sejak zaman pra sejarah Suku Kaili. Alat musik tradisional Lalove memiliki kaitan dengan legenda Sawerigading.

Sawerigading tiba di Tanah Kaili dan ingin meminang Ngilinayo, raja wanita dari Kerajaan Sigi. Ngilinayo pun mengajukan satu syarat, yaitu mengadakan adu antara kedua ayam milik mereka. Untuk memeriahkan suasana, asu ayam tersebut diiringi alat-alat musik yang dibawa oleh Sawerigading, termasuk Lalove.

Suara merdu alat musik tradisional ini, membuat seluruh masyarakat berkumpul, termasuk mereka yang tengah menderita sakit. Pada zaman dahulu, Lalove hanya boleh dimainkan oleh orang khusus yang disebut bule. Alat musik ini juga butuh teknik meniup yang tinggi dan sempurna.

Kebanyakan, orang-orang berusia senja yang mampu meniup Lalove. Namun, kini sudah mulai banyak anak muda ikut belajar memainkan alat musik ini.  Alat musik ini merupakan perlengkapan wajib dalam upacara Balia, salah satu upacara tradisional khas Suku Kaili yang bertujuan sebagai proses penyembuhan.

Alat Musik Tradisional yang Sakral

Dalam upacara tersebut, alat musik tradisional ini dimainkan untuk memanggil roh-roh halus. Lalove dimainkan selama proses penyembuhan, bahkan hingga berjam-jam. Fungsinya yang sakral, membuat Lalove terlarang dimainkan oleh sembarang orang.

Jika hal itu dilakukan, dipercaya si pemain dapat kerasukan. Fungsi yang sakral juga menjadikan proses pembuatan Lalove berlangsung sakral. Alat musik ini terbuat dari buluh bambu pilihan yang didapat dari gunung-gunung atau bukit tinggi.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...